Latest News

Pantai Kenjeran dan Ikon Tionghoa yang Memikat di Surabaya



Narayatrip.com--Pantai Kenjeran, Surabaya Pantai Kenjeran menjadi salah satu destinasi wisata populer di kota Surabaya.


Pantai Kenjeran terbagi menjadi dua lokasi yaitu Pantai Kenjeran Baru dan Pantai Kenjeran Lama, namun masih berada di dalam satu area. Pantai Kenjeran Baru terletak di Jalan SUkolilo No. 100, SUkolilo Baru sedangkan Pantai Kenjeran Lama berada di Jalan Raya Pantai Lama No. 12, Bulak, Surabaya. Di Pantai Kenjeran Baru pengunjung bisa menemukan wahana wisata yang baru menjadi tren. Beberapa ikon seperti bangunan khas Tionghoa, Spot selfie, waterpark hingga wahana untuk bermain anak- anak.

 Di lokasi Pantai Kenjeran Baru pengunjung akan disuguhkan dengan gapra khas Tionghoa dengan dua patungnaga besar di kedua sisinya. Patung ini menjadi salah satu ikon dari Pantai Kenjeran sebagai area spot foto paling sering dikunjungi. Disini pengunjung juga bisa belajar tentang budaya Tionghoa melalui bangunan- bangunan di Pantai Kenjeran yang mengusung tema budaya Tionghoa. Banyak pengunjung juga memanfaatkan bangunan- bangunan tersebut menjadi spot fot yang menarik.

Konsep modern yang di tawarkan oleh Panti Kenjeran Baru menjadi daya tarik tersendiri untuk memikat wisatawan. Sedangkan di Pantai Kenjeran Lama pengunjung lebih disuguhkan dengan wisata pantai seperti bermain air, naik perahu dan menikmati beberapa wisata kuliner yang terdapat di Pantai Kenjeran Lama. Dengan naik perahu sewa di Pnatai Kenjeran pengunjung bisa melihat lebih dekat Jembatan Suramadu. Jembatan ini merupakan jembata yang menjadi ikon Surabaya yang menghubungkan antara Surabaya dan Madura. Tak hanya itu pengunjung juga bisa mengunjungi Pulau Pasir yang berada di tengah laut tak jauh dari bibir Pantai Kenjeran.

Pulau ini sering dikuunjungi oleh wisatawa dan menjadi spot foto menarik karena letaknya berada di tengah laut. Kisah Misterius Pantai Kenjeran Jenglot Beberapa waktu lalu pernah ditemukan jenglot di kawasan Pantai Kenjeran. Jenglot sendiri dikenal oelh masyarakat sebagai makhluk gaib, memiliki wujud seperti manusia namun berukuran kecil dengan wajah hanya seperti tengkorak berambut panjang dan memiliki kulit yang kasar. Jenglot dipercaya memiliki kekuatan gaib konon jenglot sering memakan darah manusia dan keberadaanya adalah sebagai pertanda akan datangnya bencana. Pertama kali ditemukan oleh warga jenglot tersimpan didalam sebuah kotan dan dibungkus dengan kain kafan layaknya pocong. W

arga kemudian melaporkan kejadian tersebut ke pihak keamanan. Pihak keamanan kemudian memutuskan untuk menyimpan jenglot tersebut di dalam kantor untuk menghindari keresahan warga. Namun sejak adanya jenglot di dalam kantor bau aneh mulai tercium seperti bau anyir. Terutama saat kotak untuk menyimpan jenglot dibuka baunya akan semakin menyengat. Kerajaan Siluman Ular Konon di wilayah Pantai Kenjeran terdapat sebuah kerajaan siluman ular yang menjadi tempat berkumpulnya makhluk- makhluk astral menyeramkan. Terdapat sebuah benteng kuno yang sudah lama tidak di gunakan. Benteng ini memiliki beberapa ruangan- ruangan kosong yang sudah terbengkalai karean tidak dirawat.

Di dalam benteng tersebut terdapat gudang peluru yang menjadi legenda di masyarakata Surabaya. Konon disinilah kerjaan Siluman Ular berada. Konon dari dalam ruangan tersebut terdengar suara gemerisik seperti sisik ular yang sedang berjalan. Masyarakat setempat meyakini bahwa siluman ular dikerajaan gaib tersebut memiliki tubuh raksasa dan berkepala manusia. Oleh karena itu masyarakat setempat menganggap tempat ini menjadi tempat angker di Pantai Kenjeran dan tidak banyak orang berani untuk mengunjungiya.

 Pada jaman dahulu benteng tua di Pantai Kenjeran kabarnya digunakan sebagai tempat pertahanan perang sekaligus gudang losgistik. Banyak warga yang konon pernah melihat penampakan sosok manusia dengan tubuh rusak yang diperkirakan adalah korban perang masa lalu. Tak hanya itu ditempat ini juga sering muncul penampakan makhluk astral seperti kuntilanak, hantu tentara tanpa kepala, sosok tanpa lengan, tanpa kaki dan makhluk- makhluk astral lain yang menghuni tempat ini. Tikungan Nambangan Salah satu tempat misterius di Pantai Kenjeran adalah sebuah tikungan dari arah Pantai Kenjeran Lama menuju ke arah Nambangan yang selalu memakan korban jiwa setiap tahunnya. Di tikungan ini kerap terjadi kecelakaan mulai dari kecelakaan kecil hingga kecelakaan besar. Kecelakaan ini terjadi diakbarkan karena campur tangan dari makhuk gaib penghuni Pantai Kenjeran. Konon tempat ini adalah pusat dari kerajaan ular gaib yang selalu meminta tumbal berupa manusia. Makam Keramat di Pantai Kenjeran Di dekat pesisir Pantai Kenjeran terdapat dua buah makam keramat yang di sucikan oleh masyarakat setampat.

Makam tersebut adalah makam Umar Sumbawa atau yang dikenal sebagai Mbah Sumbo dan makam Kyai Hasbulloh. Legenda tetang kedua makam tersebut secara turun- temurun terus beredar di masyarakat. Kala itu Mbah Sumbo pertama kali ditemukan oleh Kyai Hasbulloh dalam keadaan meninggal tanpa kepala mengapung di Pentai Kenjeran. Jasad Mbah Sumbo pertama kali ditemukan dalam keadaan tanpa kepala dan oleh Kyai Hasbulloh di bantu oleh masyarakat mayatnya di larungkan kembali ke laut. Namun sampai tiga kali dilarungkang jasadnya selalu kembali ke pantai. Kyai Hasbulloh kemudian bermaksud untuk memakamkan jasad mbah Sumbo, namun sebelum dimakamnya Kyai Hasbulloh berkata jika mbah Sumbo orang baik maka potongan kepalanya akan segera ditemukan dan kembali ke jasadnya dan tidak bisa diurus oleh sembarangan orang. Tidak berapa lama warga sekitar menemukan potongan kepala Mbah Sumbo di dekat pantai. Jasadnya kemudian dimakamkan didekat tempat pertama kali ditemukan oleh Kyai Hasbulloh.

 Ketika warga menggali kubur, tiba- tiba didalam kubursudah ditemukan tempat untuk menidurkan jenazah. Mayat mbah Sumba juga menegeluarkan aroma wangi saat dimandikan. Konon bau wangi dari air bekas memandikan jenazahnya masih tercium beberapa tahun kemudian. Pemakaman baru saja selesai namun kejadian- kejadian ganjil mulai terjadi di dekat pusara makamnya. Konon jika ada orang buang hajat di dekat makam maka orang tersebut akan langsung terserang sakit perut sampai berhari- hari.

 Cerita lain beredar jika ada orang naik delman yang tidak turun ketika melewati makam mbah Sumba maka delman akan ambruk secara tiba-tiba. Seorang warga setempat yang bermaksud ingin mengusir kambing dengan cara dilempar batu namun batu meleset mengenai makam mbah Sumbo. Seketika kaki dan tangan orang tersebut berangsur berubah mengecil. Berbagai kejadian aneh yang berkaitan dengan makam Mbah Sumbo membuat Kyai Hasbulloh prihatin. Dia kemudian membuat pagar pemabatas disekitar makam mbah Sumbo untuk menghindari kejadian- kejadian serupa terjadi lagi. Setelah diberi pagar pembatas kejadian ganjil tidak lagi terjadi di sekitar makam.

 Kyai Hasbulloh sediri dikenal sebagai orang yang dihormati oleh masyarakat setempat. Dia dikenal memiliki kekastian yang luar biasa sejak usia muda. Setelah ia meninggal jasadnya dimakamkan di dekat makam Mbah Sumbo. Keberadaan kedua makam ini dianggap sebagai keberutungan bagi masyarakat setempat. Karena letaknya berada tepat di belakang tanggul penghalang ombak masyarakat percaya bahawa kedua makam inilah yang sebenarnya menjaga mereka dari bahaya ombak besar yang akan menghantam tanggul. Makam keramat ini sudah terkenal sampai ke seluruh penjuru kota Surabaya.

Setiap malam jumat makam ini selalu ramai oleh para peziarah yang datang tidak hanya dari kota Surabaya saja untuk berdoa dikedua makam tersebut. Tujuan mereka ada yang sekedar mendoakan ada juga peziarah yang datang untuk memohon kemuliaan di hadapan makam.

No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.