Latest News

Xt Square Yogyakarta, Destinasi Wisata Museum dan Selfie Park




Narayatrip.com---XT Square Yogyakarta dulunya adalah sebuah terminal yang kini telah berubah fungsi menjadi pasar seni dan kerajinan Yogyakarta. Sesuai dengan sejarahnya nama XT Square diambil dari kata Eks Terminal.

Xt Square menghadirkan kawasan satu paket wisata yaitu wisata belanja, wisata foto dan kuliner. XT Square terletak di Jalan Veteran No 150-151, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta.

XT Square terbagi menjadi tiga zona yaitu zona kerajinan, zona nusantara dan zona kuliner. Di dalam zona kerajinan terdapat 264 kios yang memamerkan kerajinan khas kota Yogyakarta dan sekitarnya. Zona nusantara sebagai wadah untuk memamerkan kerajinan dari seluruh wilayah di nusantara. Di zona nusantara dilengkapi dengan area atrium seluas 16x25 meter sebagai ruang ekspo atau pameran kerajinan yang juga memperlihatkan proses pembuatan kerajinan. 

Zona kuliner meliputi 13 stand makanan ringan maupun besar dan area makan yang mampu menampung hingga 360 orang. Di zona ini juga terdapat panggung pertunjukan untuk para seniman mengekpresikan seni mereka.

Selain tiga zona tersebut, XT Square kini juga memiliki wahana wisata menarik untuk dikunjungi. Beberapa wahana tersebut adalah Museum De Mata, Museum De Arca, D’Walik, Selfie Park. Dengan adanya spot wisata baru membuat Xt Square semakin ramai pengunjung bahkan ketika malam hari. Pembangunan spot wisata baru di XT Square tersebut bertujuan untuk meramaikan suasana di Xt Square pada malam hari dan menjadi destinasi foto tematik yang berada di tengah kota Yogyakarta.

Museum De Mata
Museum De Mata adalah salah satu museum 3D yang terdapat di Xt Square. Di dalam museum ini terdapat 120 lukisan yang terlihat seperti nyata. Terdapat beberapa kategori lukisan di dalam museum ini, antara lain ornament, landscape, sport, tokoh terkenal, superhero yang ditata secara apik sehingga mampu menghasilkan foto yang terlihat nyata.

Di dalam museum De Mata anda bisa berfoto dengan background berbagai lukisan yang mampu menipu mata. Misalnya terdapat lukisan dimana anda dapat merasakan berjalan di jembatan kayu dengan jurang yang curam atau semburan api naga yang panas. semua lukisan di dalam museum De Mata mampu membawa anda ke dalam berbagai suasana berbeda di setiap hasil fotonya.

Selain berfoto dengan berbagai lukisan 3D anda juga bisa berfoto dengan karakter film dunia. Mulai dari film action, fantasi, ilmiah seperti avatar dan wolverine. Terdapat ruangan anti gravitasi di dalam museum De Mata yang disebut dengan D’Walik. Diruangan anda bisa berfoto dengan sensasi terbalik di dalamnya. Ruangan ini berisi berbagai macam properti yang diletakan secara terbalik sehingga pengunjung seolah-olah berjalan di langit-langit ruangan.

Wahana lain yang ada di museum De Mata adalah rumah hantu. Rumah hantu berada didalam suatu ruangan yang didesain seperti rumah sakit kosong yang menyeramkan disertai dengan coretan- coretan seperti darah di setiap sudut ruangan. Beberapa ornamen lain juga ditambahkan seperti tengkorak berdarah, rayap untuk menambah suasana seram di dalam rumah hantu.

Harga tiket masuk ke Museum De Mata yaitu untuk happy hour ( senin- jumat mulai pukul 10.00 sampai 15.00) sebesar Rp 30. 000 per orang dan tiket terusan Rp 100.000 per orang. Tiket weekday (senin-mulai pukul 15.00 sampai 22.00) sebesar Rp 40.000 per orang dan tiket terusan Rp 120.000 per orang. Tiket weekend (sabtu-minggu atau hari libur mulai pukul 10.00- 22.0) sebesar Rp 50.000 per orang dan tiket terusan Rp 140.000 per orang. Keuntungan membeli tiket terusan adalah pengunjung bisa mengunjungi museum De Mata, De Arca dan D’Walik tanpa biaya tambahan lagi.

Museum De Arca
Museum De Arca menjadi museum patung pertama di Indonesia. Museum ini menyimpan patung-patung karya seniman Yogyakarta yang bernama Dunadi. Patung- patung yang terdapat di Museum De Arca adalah tokoh-tokoh terkenal dari Indonesia dan berbagai negara lainya. Patung-patung di museum ini terbuat dari lilin yang disesuaikan dengan iklim di Indonesia dan dibuat benar-benar mirip dengan karakter aslinya mulai dari ujung rambut hingga kaki bahkan aksesoris yang dikenakan.

Museum De Arca terbagi menjadi tiga zona yaitu zona tokoh nasional, zona presiden dunia dan zona karakter dunia. Di dalam zona tokoh nasional pengunjung bisa melihat patung-patung tokoh nasional Indonesia seperti R.A Kartini, Cut Nyak Dien, Pangeran Diponegoro, Dahlan Iskan, Mbah Marijan dan masih banyak lagi tokoh- tokoh nasional yang bisa dijumpai. Pengunjung juga bisa mengambil gambar dengan patung- patung yang ada di museum ini asal tetap menjaga ketertiban dan tidak merusaknya.

Zona presiden dunia tentunya berisi patung- patung pemimpin dari berbagai negara. Mulai dari presiden Soekarno, Soeharto, B.J Habibie, Megawati, Susilo Bambang Yudhoyono, Ratu Elizabeth, hingga mantan presiden Amerika Serikat yaitu Barack Obama ada di dalam museum ini. Di zona tokoh dunia pengunjung bisa menemukan patung berbagai tokoh dunia mulai dari tokoh selebritis dunia seperti Jackie Chan, Brush Lee, Brad Pitt, Michael Jackson, Christian Ronaldo dan masih banyak lagi. Tokoh dalam karakter film seperti Captain Amerika, Hulk, Thor, Iron Man, kapten bajak laut Jack Sparrow dan masih banyak karakter film lain bisa pengunjung temukan di zona ini.

Harga tiket untuk masuk ke museum De Arca yaitu untuk hari senin- jumat mulai pukul 10.00-15.00 sebesar Rp 35.000 per orang. Untuk hari senin- jumat mulai pukul 15.00-22.00 sebesar Rp 50.000 per orang. Untuk weekend yaitu hari sabtu-minggu mulai pukul 10.00 -22.00 harga tiket sebesar Rp 60.000 per orang. Untuk anak dibawah usia lima tahun tidak dikenakan biaya tiket masuk alias gratis.

Selfie Park
Selfie Park yang terdapat di Xt Square ini terkenal dengan nama Taman Pule. Dinamakan sebagai Taman Pule karena banyaknya pohon pule di taman ini, pohon pule merupakan salah satu jenis pohon yang tahan terhadap perubahan cuaca. Pohon ini memiliki daya tarik tersendiri dengan batang pohonnya yang melengkung dan daunnya yang lebat yang mampu memberikan suasana asri dan nyaman di sekitarnya.

Selfie Park di Xt Square memiliki banyak spot foto menarik bernuansa alam yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari spot foto segitiga, lingkaran, jembatan, sumur kayu, gondola dan masih banyak lagi spot foto lain dan semuanya terbuat dari susunan batang pohon. Taman ini terlihat semakin menarik ketika malam hari dengan sorotan cahaya dari lampu hias yang terdapat di taman ini. Letaknya yang berada di tengah kota dan mudah dijangkau selfie park bisa menjadi salah satu tujuan wisata yang menyenangkan untuk menghabiskan malam di kota Yogyakarta.

Harga tiket untuk masuk ke Selfie Park Xt Square hanya sebesar Rp 10.000 per orang. Sedangkan untuk anak-anak tidak dikenai biaya masuk atau gratis.  

No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.