Latest News

The World Landmark Merapi




The World Landmark Merapi terletak di Jalan Kaliurang Km 22,5, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Sebuah wisata rekreasi sekaligus edukasi dengan wahana didalamnya bisa menjadi salah pilihan tujuan wisata bersama dengan keluarga terutama anak-anak. Sebuah taman yang terletak di kaki Gunung Merapi ini memiliki pemandangan indah dengan backgroud Gunung Merapi dan spot foto yang menarik untuk diajadikan sebagai background foto anda.

Lokasi The World Landmark Merapi
The World Landmark Merapi berada di lereng Gunung Merapi. Lokasinya berdekatan beberapa tempat wisata lainya yang berada di lereng Gunung Merapi membuat tempat ini cocok untuk menghabiskan waktu liburan. Anda bisa melengkapi perjalanan liburan ke beberapa tempat lain seperti Lava Tour Merapi, Taman Wisata Kaliurang, The Lost World Castle dan masih banyak lagi tempat wisata yang bisa anda kunjungi disekitar Taman Merapi.

Taman Merapi juga mudah diajangkau dengan kendaraan besar seperti bus wisata. Lokasi Taman Merapi berada sekitar 40-50 menit dari pusat kota Yogyakarta. Lokasinya berada tepat di depan Museum Merapi sehingga anda bisa mengunjungi dua tempat wisata sekaligus.

Wahana The World Ladmark Merapi

Landmark Ikon Dunia
The World Landmark Merapi atau yang disingkat sebagai Taman Merapi merupakan sebuah taman dengan pemandangan landmark dari seluruh dunia. Masuk ke dalam area Taman Merapi pengunjung akan melihat berbagai miniatur landmark dari beberapa negara di dunia. Beberapa landmark miniatur tersebut diantaranya terdapat miniatur Menara Eifell di Paris sebagai ikon kota Paris, Kincir Angin dari Belanda yang aslinya berfungsi untuk memompa air menuju ke dataran rendah di negara Belanda, Menara Miring Pisa dari Italia yang terkenal dengan kemiringanya, Patung Liberty sebagai simbol New York, Amerika Serikat, Big Ben sebagai sebutan dari Menara Jam Elizabeth yang terletak di London.

Spot foto menarik seperti telepon umum khas London, Kotak Pos, miniatur Monumen Berlin di Jerman yaitu Brandenburg Gate Berlin sebagai monumen bersejarah di kota Berlin, miniatur Burj Al Arab Dubai, miniatur Temple Heaven of Beijing, rumah adat suku Indian. Setiap landmark dibuat semirip mungkin dengan aslinya seperti Menara Eifell yang dikelili taman hijau dengan kursi duduk disekitarnya, Kincir Angin Belanda juga dikelilingi dengan tanaman bunga tulip yang tereknal sebagai bunga khas dari Belanda.

Selain spot foto tersebut juga terdapat beberapa ikon menarik lainya seperti patung tokoh kartun Marsha and The Bear, New York Love Sclupture Telepon Box dan Post Office Box dari London, Air Mancur, Patung rusa, patung panda, bunga berbentuk love di sepanjang jalan masuk taman. Masing- masing spot landmark dipisahkan dengan taman bunga warna warni yang indah.



Wahana Rekreasi
Tempat ini juga memiliki wahana rekreasi yang menarik untuk anak-anak. Diantaranya adalah Kids Waterpark, Tunggang Kuda dan Jemparingan. Kids Waterpark menjadi salah satu wahana yang paling diminati oleh anak-anak. Wahana ini dilengkapi dengan wahana ember tumpah dan berbagai jenis perosotan air atau water slide yang menyenangkan dan aman untuk anak-anak.

Area Tunggang Kuda disediakan bagi anak-anak yang ingin merasakan naik kuda sambil berkeliling. Tidak perlu khawatir akan keamananya karena setiap anak yang naik kuda akan di awasi dan didampangi langsung oleh pawang kuda. Wahana Jemaparingan merupakan wahana untuk  memanah. Jemapringan merupakan tradisi panahan khas jogja kuno. Yang membedakan dengan panahan pada umumnya adalah pemanah harus duduk bersilah saat hendak memanah.

Museum Merapi
Selain beberapa wahana diatas, terdapat Museum Merapi yang dibangun di bagian utara Taman Merapi. Taman Merapi dibangun sebagai sarana edukasi bagi pengunjung yang ingin mengetahui berbagai hal yang berkaitan dengan Gunung Merapi dan bencana alam lainya. Taman Merapi merupakan musuem bersejarah yang menyimpan semua kegiatan yang berakitan denga Gunung Merapi. Musuem Merapi diresmikan pada tanggal 1 Oktober 2009 oleh Menteri Sumber Daya Alam dan Mineral, Purnomo Yusgiantoro.

Museum Merapi dikenal dengan semboyan “Merapi Jendela Dunia”, musuem sebagai tempat wisata yang bersifat rekreatif dan edukatif sebagai penyedia imfprmasi tentang Gunung Merapi. Museum Merapi terdiri atas dua lantai, lantai pertama berisi foto-foto erupsi Gunung Merapi, alat pemantau gunung seperti seismograf, radio dan komputer. Sedangkan di lantai dua pengunjung bisa mengunjungi studio Merapi yang mmeutar film berjudul Mahaguru Merapi, melihat replika Gunung Merapi yang memperlihatkan proses terjadinya gempa bumi dan tsunami.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk
The Landmark Merapi Park buka mulai pukul 09.00 sampai 17.00 setiap hari. Waktu berkunjung yang disarankan adalah sekitar pukul 15.00 karena matahari sudah tidak terlalu terik dan bisa melihat senja sore yang indah dari Taman Merapi. Untuk harga tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang. Untuk anak dibawah usia dua tahun masih berlaku tiket gratis.

Ada biaya tambahan untuk bisa menikmati beberapa wahana disini. Pengunjung akan dikenai biaya tambahan untuk beberapa wahana seperti Kids Waterpark sebesar Rp 10.000 per orang, Area Tunggang Kuda sebesar Rp 20.000 per orang dan Jemparingan sebesar Rp 10.000 per orang.

Fasilitas Merapi Park
Meskipun tempat wisata ini masih terbilang sebagai wisata baru diYogyakarta namun fasilitas yang ada di Taman Merapi cukup lengkap untuk memenuhi kenyamanan pengunjung. Beberapa fasilitas tersebut antara lain Gazebo untuk bersantai, bangku panjang, toilet, cafe, area parkir luas, dan penginapan di sekitar lokasi wisata.


Rute Menuju The Landmark Merapi Park
Rute menuju Taman Merapi bisa ditempuh dengan mudah, lokasinya pun sudah tersedia di google maps sehingga bisa langsung anda akses dengan mudah. Anda cukup menuju ke arah Jalan Kaliurang darimanapun anda berada. Menuju ke arah utara dari perempatan Kentungan lalu ikuti Jalan Kaliurang lurus saja sampai menemukan TPR Kaliurang (Tempat Pembayaran Retribusi). Dar TPR cukup ikti jalan lurus anda tinggal mengikuti petunjuk jalan yang sudah disediakan.

Tips Berkunjung ke The World Landmark Merapi
The World Landmark Merpai merupakan sebuah taman yang terletak di luar ruangan oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum berkunjung kesini. Pertama perhatikan cuaca saat anda ingin pergi, jika cuaca tengah terik anda bisa berkunjung pada sore hari mulai pukul 15.00 itu adalah waktu yang tepat untuk datang kesini agar tidak terlalu panas saat mengambil gambar. Gunakan pakaian yang nyaman dan bisa menyerap keringat agar tidak mengganggu kenyamanan anda saat berfoto karean udara yang panas akan menimbulkan keringat berlebih.

Gunakan alas kaki yang nyaman seperti sneakers atau flat shoes mengingat tempat ini berada di alam terbuka. Hindari menggunakan sepatu ber hak tinggi agar tidak kesulitan saat berjalan-jalan menyusuri taman. Sipakan ponsel atau kamera anda dalam kondisi full baterai agar anda bisa sepuasnya mengambil foto sebanyak- banyaknya di Taman Merapi karena banyaknya spot foto yang sayang untuk dilewatkan.

No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.