Latest News

Tugu Yogyakarta, Tempat Wisata Terdekat Hotel Premiere Santika Yogyakarta





Narayatrip.com—Tugu Yogyakarta merupakan salah satu ikon terkenal dari kota Yogyakarta. Tugu ini menyimpan banyak sejarah bagi kota Yogyakarta.


Selain dikenal dengan nama Tugu Jogja, tugu ini juga memiliki nama lain yaitu Tugu Golong Giling atau Tugu Pal Putih. Tugu Jogja di bangun pada tahin 1755 oleh Sultan Hamengku Buwono I sebagai simbolis dan garis yang bersifat magis yang menghubungkan antara Gunung Merapi, Keraton Yogyakarta dan Laut Selatan/ Parangtritis.

Di awal pembangunan tugu ini memiliki ketinggin 25 meter, tiang tugu berbentuk giling (silinder) dan puncaknya berbentuk golong (bulat) yang membuat tugu ini diberi nama Tugu Golong Giling. Pada tanggal 10 Juni 1867 terjdi gempa yang menyebabkan Tugu jogja runtuh. Kemudian pada tahun 1889 pemerintah Belanda melakukan renovasi terhadap bangunan tugu dan membuat Tugu Jogja menjadi benar-benar berubah.

Tugu Jogja dibuat dengan bentuk persegi dengan hiasaan prasasti di setiap sisinya menunjukan siapa saja yang terlibat dalam renovasi tersebut. Puncak tugu dirubah dari semula berbentuk bulat menjadi kerucut dengan ujung yang runcing. Ketinggian tugu mencapai 15 meter dan luas area 10 meter. Tugu ini kemudian dinamakan sebagai Tugu Pal Putih oleh Belanda.

Waktu terbaik untuk mengunjungi kawasan Tugu Yogyakarta adalah pada sore atau malam hari. Tak hanya bisa menikmarti Tugu Jogja dengan segala misterinya namun pengunjung juga bisa menikmati kulinerdi warung yang tersedia disetiap sudut Tugu Jogja. 

Tidak ada harga tiket masuk untuk berada di kawasan ini karena letak Tugu Jogja berada tepat di tengah-tengah perempatan jalan namun tetap aman untuk berfoto. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan di tempat yang sudah disediakan.

Informasi selengkapnya mengenai berbagai tempat wisata dan paket tour Yogyakarta dapat anda tanyakan langsung ke manajemen Naraya Trip Planner.

For more info & reservation
IG                           : @naraya_trip_planner
Call / WA            : 082226501500 (aix) / 085700474743 (widi)
E-Mail                  :narayatour@gmail.com
Website               : http://www.narayatrip.com/

No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.