Latest News

Kampoeng Mataraman, Tempat Makan dan Nongkrong di Area Kidul Yogyakarta dengan Makanan Khas Pedesaan


Narayatrip.com--Saya mendengar Kampoeng Mataraman menjadi lokasi FKY tahun ini. Festival itu sendiri akan dimulai pada tanggal 4-22 Juli 2019.


Bagi yang sudah sering mendengar tentang FKY, pastinya sudah memiliki bayangan apa saja yang akan ada dalam FKY.

Kurang lebih kita bisa melihat jajanan pasar, souvenir kerajinan tangan lokal orang yogyakarta, dolanan anak dan masih banyak lagi. Kita bisa mencicipi banyak hal di FKY, termasuk juga hiburan rakyat.

Tahun 2019 ini FKY dadakan di Kampoeng Mataraman yang merupakan sebuah resto yang mengusung gaya pdesaan sebagai daya tarik utama kepada pelanggannya. Semua bagian dari Kampoeng Mataraman berusaha menangkap kekhasan Yogya dan dihadirkan kepada pelanggan.

Pandangan Pribadi Ketika Berkunjung

Saya memutuskan datang ke Kampoeng Mataraman pada Sabtu, 29 Juni 2019. Pada saat itu saya memang sengaja ingin tahu seperti apa Kampoeng Mataraman yang telah lama terkenal.

Pembahasan tentang Kampoeng Mataraman sudah masuk ke beberapa koran Lokal, seperti Tribun yang sudah membahasnya. Ketika tempat ini terpilih sebagai lokasi FKY, maka liputan tentangnya juga semakin tinggi.

Saya sendiri tertarik memandang tempat ini sebagai destinasi wisata di Yogyakarta yang berada di area selatan Jl. Ring Road. Tak banyak tempat wisata berupa resto atau cafe yang berada di selatan Yogyakarta. Kalaupun ada, jumlah pengunjungnya tak seramai resto dan cafe yang berada di area utara.

Karena itulah saya tertarik untuk melihat dengan lebih jelas apa daya tarik utamanya. Saya sampai di sore hari. Kurang lebih jam 4 sore saya sudah berada di Kampoeng Mataraman waktu itu.

Ketika memarkirkan kendaraan di tempat parkir saya mencuri lirik ke arah resto. Wah, ramai, pikir saya. Setelah memastikan kendaraan terparkir dengan baik, saya berjalan menuju resto. Benar saja, resto memang sedang ramai.

Baru sampai di halaman, pandangan saya sudah tertumbuk dengan dua limasan besar menghadap ke arah barat. Di sisi barat, sebuah bangunan dari kayu persegi panjang dengan ujung yang berupa joglo menyambut. Pintu dan beberapa bagian dari jendela dari bangunan itu dicat warna hijau. Selebihnya warna asli kayu dipertontonkan pada pengunjung.

Di dalam bangunan itulah tersaji beberapa menu makanan khas Jawa. Sebagai pengunjung, kita bisa mengambilnya sendiri. model resto ini adalah prasmanan, jadi anda tidak perlu untuk mengambil makanan sebanyak apapun.

Daftar menu dapat dilihat langsung di dalam ruangan itu. Anda tidak perlu membaca sebuah buku menu, sebab anda bisa memilihnya sendiri dan langsung melihatnya tersaji di depan anda. setelah itu anda tinggal bayar makanan yang anda ambil. Setelah membayar anda bisa makan makanan yang sudah anda pilih.

Di meja kasir ada dua perempuan mengenakan baju kebaya. Saya menghampiri mereka untuk pesan minuman. Di sini, saya melihat minuman yang disediakan merupakan menu tradisional. Tidak akan ada kopi brewing di sini.

Satu hal yang menarik perhatian saya ketika berdiri di meja kasir adalah pelayan, dan petugas dapurnya semua mengenakan pakaian adat jawa. Para laki-laki di resto itu mengenakan blankon.


Limasan

Setelah memesan minuman berupa wedang asam yang harganya hanya IDR 5.000, saya mencari tempat duduk. Ketika mencarinya, saya bisa meihat stand-stand untuk FKY sedang dipersiapkan. Oleh karenanya, Joglo Limasan yang merupakan venue utama dari Kampoeng Mataraman tidak cukup terlihat jelas jika dilihat dari arah selatan.

Pandangan saya tercuri oleh sebuah jembatan bambu. Di area selatan Joglo Limasan ada sebuah kolam yang besar. Di isi dengan bunga teratai, danau itu dihiasi juga dengan sebuah jembatan bambu melengkung. Daya tariknya makin memikat ketika di malam hari. Lampu-lampu kuning dipasang di jembatan itu. Pancaran lampu kuning menghilangkan kesan gelap dan sangar dari jembatan bambu yang nampak gagah di kala siang hari.

Jatuh cinta dengan jembatan bambu, saya juga jatuh cinta dengan view sebuah pohon besar di dekatnya. Gabungan view antara jembatan bambu dengan pohon besar yang belakangan saya ketahui sebagai pohon trembesi itu mengesankan area itu adalah area klasik. Kita bisa mengimajinasikan apa saja ketika melihat kombinasi keduanya.

Di bawah pohon itu ada beberapa meja dan kursi. Tentu saja, tempat itu akan terisi oleh pengunjung Kampoeng Mataraman. Semakin menarik sebuah venue, semakin ramai tempat itu.

Area Kampoeng Mataraman bisa menampung sebanyak 2.000 orang dalam sekali datang. Sementara masing-masing Joglo daya tampungnya berbeda. Akan tetapi, diambil rata-rata daya tampungnya antara 200-300 orang.

Karenanya, lokasi ini sangat cocok untuk dijadikan area pertemuan, seperti gathering, pelatihan, atau sekedar kumpul keluarga. Anda bisa ambil venue yang sesuai dengan jumlah peserta.

Manajemen Kampoeng Mataraman sendiri menyediakan fasilitas sound sistem jika anda membutuhkannya. Kalau anda ingin mengadakan acara, maka anda harus melakukan reservasi terlebih dahulu di kantornya.

Kantor manajemen untuk reservasi berada di area resto juga. Jadi, anda bisa datang kapan saja, sambil makan, sambil survei lokasi kemudian reservasi untuk pertemuan anda selanjutnya.


Dibentuk Sebagai Bagian Desa Wisata

Kampoeng Mataraman terbentuk oleh kerjasama antara aparatur desa dengan Tim Bumdes Panggung Lestari. Desa wisata itu terletak di Ringroad selatan, desa Panggungharjo Bantul.

Sejak dipublikasikan dan dibuka untuk umum, kawasan ini memberikan hal baru begi para penduduk desa setempat dan sekitarnya. Utamanya para pendatang di Yogyakarta yang mencari destinasi wisata di Yogyakarta.

Kampoeng Mataraman menjadi salah satu alternatif terbaik untuk bersantai, makan makanan khas desa, dan juga bercengkerama dengan orang terdekat di area selatan. Bila area utara khas dengan cafe modern, resto bintang tiga sampai bintang lima, maka di  area Kampoeng Mataraman anda akan merasakan hal sebaliknya. Keasrian desa diangkat menjadi unsur pembangun utama di Kampoeng Mataraman.

Berdiri di atas tanah seluas kurang lebih 6 hektar, Kampoeng Mataraman didedikasikan untuk mengusung kearifan lokal. Di samping itu juga untuk memberdayakan penduduk setempat yang memiliki karya ataupun yang dapat bekerja sebagai karyawan Kampoeng Mataraman.


Hal-hal Menarik di Kampoeng Mataraman

Hal-hal menarik yang berhasil mencuri perhatian saya di Kampoeng Mataraman antara lain sebagai berikut:

Dapur Tradisional
Cara memasaknya masih menggunakan kayu dan anglo sebagai bahan bakar.

Menu Lokal
Makanan yang disajikan adalah menu-menu lokal atau rumahan seperti sayur lodeh, oseng genjer, apem, tempe goreng garit dan lain sebagainya.

Rumah Joglo Limasan
Venue utama di Kampoeng Mataraman adalah dua rumah joglo gaya limasan.

Jembatan Bambu
Jembatan itu bisa menjadi spot foto.

Pohon Trembesi
Pohon besar di area dekat danau mencuri perhatian. Dihiasi dengan lampu-lampu, pohon itu memberikan kesan mengundang saat malam hari.

Harga Makanan
Harga makanan murah saja, mulai dari IDR 8.000, anda sudah bisa dapatkan nasi dan sayur.

Permainan Tradisional
Anda bisa membeli permainan tradisional karya warga sekitar, harganya berkisar IDR 10.000-IDR 15.000.

Menyewa Pakaian Tradisional Jawa
Anda pun bisa menyewa pakaian tradisional Jawa untuk berfoto. Harganya IDR 10.000 per paket.

Fasilitas Kampoeng Mataraman
Fasilitas yang menonjol di Kampoeng Mataraman antara lain:

Joglo untuk Seminar atau workshop
Joglo untuk area makan
Paket desa wisata
Mushola
Toilet


Akses Menuju Kampoeng Mataraman

Untuk menjangkau Kampoeng Mataraman dari kota Yogyakarta, anda hanya perlu menuju arah Jalan Paris. Lurus sampai anda bertemu dengan perempatan lampu merah. Di sini anda harus belok kanan, lurus, kurang lebih banyak 200 meter. Kampoeng Mataram terletak di selatan jalan Ring Road Selatan Yogyakarta.

Area ini gampang diakses dari mana saja. Jika anda memiliki kendaraan pribadi, perjalanan anda akan jauh lebih mudah dengan mengikuti google maps.


Info lebih lanjut

Kampoeng Mataraman

Alamat:

Jalan Ringroad Selatan, Jl. Glugo No.93, Glugo, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55188

Jam buka:

09.00-021.00 WIB

Telepon:

0813-8644-0140

Website :

https://mataraman.business.site/

Facebook :

@kampoengmataraman

Instagram :

@kampoengmataraman

No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.