Latest News

Cozy Coffee and Car Wash: Cozy Tempatnya, Enak Makanan dan Minumannya



Narayatrip.com—Nunggu mobil dicuci sambil minum kopi, kenapa tidak?

Konsep menggabungkan warung kopi dengan pencucian mobil baru pertama kali ini saya temukan di Yogyakarta. Warung kopi yang berlokasi di Jl. Condong Catur ini menawarkan layanan yang berlipat ganda. Mulai dari mencuci mobil, ngopi, ngemil, dan internetan gratis.

Sebutan warung Kopi sudah terlanjur akrab untuk pecinta kopi di Yogyakarta. Meski sebuah tempat untuk bersantai itu dikonsep sebagai cafe mewah, orang-orang akan tetap menyebutnya warkop (warung kopi). Sebutan ini memang sebuah kebiasaan, bahkan saya pun juga termasuk, di kepala saya, saya juga menyebut cafe Coffee Cozy ini juga Warkop Cozy.

Tempat santai dengan desain interior berwarna hitam itu lokasinya sangat dekat dengan terminal Condong Catur. Kalau teman-teman kerap datang ke tempat karaoke TOP 40, dan dulu belum pernah melihat adanya Cozy Coffee, maka kalau sekarang teman-teman hendak ke sana, cobalah lihat ke sisi kiri jalan, teman-teman bisa melihat Cozy Coffe & Car Wash.



Desain Hitam

Dari sisi jalan, teman-teman akan menemukan sebuah tempat ngopi yang dindingnya didominasi oleh kaca. Sementara itu cat warna hitam menyeluruh membuat cafe Cozy yang berbentuk persegi panjang itu mudah dikenali.

Meski didominasi warna hitam, keadaannya tidak lantas menjadi seram seperti rumah gotik. Sebaliknya kaca tembus pandang membuat cafe itu terasa mengundang. Dari luar kita bisa melihat ketika barista sedang melayani tamunya, membuatkan kopi, dan ketika kasir sedang menghitung jumlah belanja tamu.

Kalau kita masuk, kita akan segera disegarkan dengan fasilitas AC. Dari pintu masuk kita sudah bisa melihat tempat duduk yang berupa sofa warna cokelat, dilengkapi dengan bantal warna cokelat yang empuk. Sofa ditata saling berhadapan. Ukuran sofa cukup untuk berempat, tapi kalau datang cuma berdua, sofa itu akan jadi terasa luas.

Di corner, ada toples berisi kopi lengkap dengan tempelan nama-nama kopi yang ada di dalamnya. Ada mesin espresso, mesin penggiling kopi, gelas, dan peralatan lain yang digunakan untuk menghidangkan kopi serta cemilan untuk pelanggan Cozy Cafe.






Konsep Cozy Cafe

Dari dalam cafe, kita bisa mengawasi mobil yang sedang dicuci oleh petugas dari Car Wash Cozy. “Butuh waktu sekitar 50-60 menitan untuk mencuci mobil, jadi pemilik mobil bisa mampir dulu ke cafe untuk minum kopi sambil nunggu.” Kata Dimas, Manajer Cozy Coffee ketika ditemui di cafenya.

“Cafe memang sengaja disatukan dengan Car Wash untuk cabang Yogya, konsepnya supaya orang tidak bosan menunggu, sambil menunggu mereka bisa menikmati sajian kopi atau makan di cafe,” sambungnya.

Cozy berbasis dari dua cafe kecil di Purworejo. Cafe pertama berdiri di dekat kantor Bank BRI Purworejo yang berlokasi di sisi utara Alun-alun Kota Purworejo. Sementara yang satunya lagi berdiri di depan Stasiun Tua Purworejo. Bila teman-teman menikmati kopi di Cozy depan Stasiun Purworejo, anda bisa sekalian mampir untuk melihat stasiun peninggalan jaman Hindia Belanda itu. Kota kecil yang juga berjuluk sebagai kota pensiun itulah yang jadi awal dari Cozy Cofee and Car Wash di Yogyakarta. Mereka bahkan sudah buka cabang di Semarang dan hendak menuju Jepara.

Soal tempat, tidak muluk-muluk, manajemen Cozy hanya ingin menghadirkan tempat yang nyaman, tidak hanya untuk para pemilik mobil yang menyucikan mobilnya di Cozy Car Wash tapi juga untuk masyrakat umum.

“Dinamai Cozy supaya nyaman untuk santai, untuk mahasiswa dan umum yang ingin mengerjakan tugas atau wifi-an di sini.” Kata Dimas.

Dari sisi menu, konsep Cozy juga tidak terkesan ingin jual mahal, namun dipastikan menghadirkan kualitas bukan abal-abal dari sisi rasa, penampilan, sampai dengan ukurannya.

“Untuk menu, nantinya akan ada steak, seperti Cozy yang ada di Purworejo, steaknya diambil dari daging berkualitas impor.” Ungkap Dimas ketika menjelaskan pilihan menu makan yang disediakan di Cozy. Dia menyambung, steak akan dihadirkan dengan harga kurang lebih IDR 170.000 di Cozy Yogya. Harga tersebut disesuaikan dengan kualitas steak yang akan ditawarkan ke depannya.

“Sengaja beragam, supaya memenuhi kebutuhan konsumen.” Kata Dimas, menanggapi daftar menu yang sudah siap di Cozy.



Daftar Menu

Espresso Based
  • Americano
  • Long Black
  • Ice Coffee
  • Affogato
  • Cappuccino
  • Flat White
  • Cafe Latte
  • Mochaccino
Manual Brewing
  • V60
  • Vietnam Drip
  • Tubruk
  • Perfecto
Non-Coffee
  • Tea
  • Lemon Water
  • Taro Latte
  • Red Velvet
  • Thai Tea
  • Green Tea
  • ChocoLate
  • Mineral Water, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Masih ada menu smoothies, food, snacks, dan juice yang sudah siap disediakan oleh Cozy untuk pelanggan setianya.







Target Market

Target market dari Cozy sendiri adalah kalangan menengah sampai menengah atas. Cozy ke depannya—dalam rencana—akan melakukan pengembangan ruang. Direncanakan akan memiliki dua lantai.

Fasilitas

Fasilitas yang sudah ada saat ini adalah tempat shalat, toilet, free wifi, sofa, dan tentu saja pilihan menu yang beragam.

Signature Menu

Jika ditanya soal signature menu, Dimas menjelaskan yang jadi signature menu di Cozy dari menu kopinya adalah perfecto. Menu ini dibuat dengan basic americano dan susu. Caranya susu kental manis di masukkan ke dalam gelas kemudian americano dituangkan. Mirip dengan Vietnam Drip. Soal rasa, silahkan cicipi sendiri karena selera lidah kadang memberi kesan yang berbeda pada setiap orang.

Saya sendiri mencicipi Latte.  Kopi lembut dengan krim, kemudian saya pilih cemilan berupa Waffle Chocochips Belgian. Cita rasa manis waffle memudarkan cita rasa pahit kopi.

Sekedar informasi, tahukah anda bahwa minum kopi hitam dengan kue seperti Waffle sangat cocok? Jadi mungkin anda bisa mencicipinya di Cozy dengan cara pesan long black, americano, atau espresso kemudian pesan Waffle Belgian mereka.

Cara menikmatinya minumlah kopi hitam itu terlebih dahulu, kemudian gigit potongan waffle. Setelah anda menelan satu potong waffle anda sampai habis cobalah kembali menyeruput kopi hitam yang anda punya. Umm.....Menikmati kopi hitam dengan potongan roti lembut adalah kombinasi yang pas buat saya... bagaimana dengan anda?

Buat anda yang lebih suka manual brewing, Dimas, Manajer Operasional Cozy menyarankan untuk mencicipi perfecto yang rasanya (konon) sangat perfet. Di samping itu ada vietnam drip, v60, dan tubruk dengan pilihan kopi lokal.




Pilihan Kopi Lokal

Kopi yang disediakan bagi pecinta kopi yang datang ke Cozy adalah kopi lokal, ada mandailing dan argopuro yang dipajang di corner. Pilihan sengaja dijatuhkan ke kopi lokal karena ragam kopi lokal sangat banyak dan memiliki kualitas yang bagus sehingga tidak perlu membeli kopi dari luar negeri.

“Untuk kopi bisa jadi setiap hari akan beda karena tergantung stok yang ada.” Ungkap Dimas paska menjelaskan dari mana asal kopi itu didapat.

Karena itu, jika kemarin anda bisa menemukan bajava di cafe Cozy belum tentu  keesokan harinya masih ada di sana. Sebab jika stok habis, maka mereka akan mengeluarkan stok yang ada, misalnya Mandailing, Argopuro, bisa jadi juga Sindoro. Intinya kopi apa yang siap, itulah yang akan dipajang untuk jadi pilihan para tamu.

View Cafe di Malam Hari

Jika di siang hari kaca cafe akan memantulkan cahaya matahari, di malam hari cafe akan terlihat kuning karena mereka memanfaatkan lampu berwarna kuning sebagai penerang. Kombinasi warna lampu dengan desian interior dan eksterior membuat cafe look like invisible place.

Kacanya yang tembus pandang akan memperlihatkan aktivitas orang yang ada di dalam cafe dari luar cafe. Orang-orang yang ada di dalam cafe juga bisa melihat akitifitas di luar cafe, seperti mobil dan motor yang berlalu lalang, atau pun orang jalan kaki dan lewat di depan cafe.

Kita bisa pilih untuk duduk di dalam atau di luar cafe. Terdapat fasilitas kursi dan meja di kawasan luar. Untuk yang suka menikmati kopi sambil merasakan udara bebas atau merokok dengan bebas bisa pilih kursi dan meja yang disediakan di luar ruangan.

Jam Buka

Cozy buka dari jam 08.00-24.00 WIB. Jam buka sengaja sejak pagi untuk memfasilitasi konsumen yang ingin sarapan. Dibuka sampai malam guna memfasilitasi konsumen yang sengaja datang hanya untuk ngopi dan ngobrol santai dengan kolega, teman, atau keluarga. Bisa juga untuk konsumen yang datang hanya untuk menikmati fasilitas wifi.

Harga Per Menu

Terkait harga, Cozy menyesuaikan dengan harga pasaran masa kini. Harga kopi di Cozy mulai dari IDR 20.000.

Lokasi

Cozy Coffe and Car Wash berlokasi di Jl. Sukoharjo no. 777 Condong Catur Yogyakarta. Lokasinya sangat dekat dengan terminal Condong Catur, Hartono Mall, Karaoke TOP 40, Togamas, dan kampus UPN Veteran.

Teman-teman bisa menjangkaunya dari arah manapun dengan mudah. Bisa naik Gojek, Gocar, atau bawa kendaraan sendiri. Letak Cozy Cafe sudah bisa ditemukan di maps maka kita menjadi lebih mudah untuk menemukannya.

Demikian review cafe kali ini, silahkan teman-teman mampir dan menikmati sajian mereka. Buat teman-teman yang punya mobil dan ingin mencuci mobilnya, sekalian saja cuci mobil dan mampir menikmati kopi mereka. Oh ya, teknologi cuci mobil mereka sudah menggunakan teknologi robotik lho!

No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.