Latest News

The Phoenix Hotel Yogyakarta, Fasilitas Lengkap dan Destinasi Wisata Terdekatnya




Narayatrip.com--The Phoenix Hotel Yogyakarta terletak di Jl. Jendral Sudirman No.9 Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta.  Phoenix Hotel bisa menjadi pilihan akomodasi tepat bagi anda untuk tinggal di Yogyakarta.Hotel Phoenix didesain secara elegan dan istimewa sebagai peninggalan seajarah budaya dari Yogyakarta.


Phoenix Hotel merupakan hotel bersejarah sebagai peninggalan jaman kolonial Belanda. Hotel ini termasuk dalam MGallery Collection Group merupaakan sebuah landmark kolonial dari tahun 1981. Hotel ini termasuk dalam salah satu hotel bintang lima di Yogyakarta yang memiliki kamar-kamar mewah yang dilengkapi berbagai fasilitas.


Sejarah Hotel

The PhoenixHotel Yogyakarta dibangun pada tahun 1918 dengan perpaduan antara arsitektur Eropa dan Jawa klasik. Setiap ruang di hotel ini mengandung warisan budaya sesuai dengan reputasinya sebagi hotel yang turut menjadi saksi sejarah perjalan Indonesia di wilayah Yogyakarta.

Hotel ini dulunya merupakan bangunan rumah sebagai tempat tinggal Kwik Djoen Eng yang dibangun pada tahun 1981. Ia bersama saudaranya pertamakali mendirikan usaha di Solo pada tahun 1894 dengan nama NV Kwik Hoo Tong Handel Maatschappij yang bergerak dalam bidang ekpor-impor gula. Kemudian ditahun 1920, kantor pusat perusahaan mereka berpindah ke Semarang hingga mereka mengalami kebangkrutan akibat krisis ekonomi di tahun 1932.

Akibat dari kebangkrutan tersebut, banyak properti milik Kwik Djoen Eng yang tersebar disejumlah daerah harus ia relakan, sebagian ia jual dan sebagian disita oleh Javasche Bank termasuk rumahnya yang ada di Yogyakarta.  Rumah bergaya Belanda miliknya dijula kepada Liem Djoen Hwat kemudian oleh Liem Djoen Hwat rumah tersebut disewakan kepada orang Belanda bernama D.N.E Franckl. Oleh Franckle rumah tersebut diubah menjadi sebuah hotel yang diberi nama Hotel Splendid.

Tahun 1942 pasukan Jepang masuk dan berusaha menguasai Yogyakarta. Hotel Splendid yang telah dirintis oleh Franckle berhasil dikuasai Jepang dan diubah namanya menjadi Hotel Yamato. Kepemilikan Jepang atas Hotel Yamato berakhir di tahun 1945 bersamaan dengan perginya Jepang dari wilayah Yogyakarta dan dikembalikan ke Liem Djoen Hwat.

Hotel Splendid atau Hotel Yamato  kemudian digunakan sebagai kantor Konsulat China , dari tahun 1946 hingga 1949 ketika Yogyakarta menjadi ibukota pemerintahan Indonesia. Setelah dua tahun bangunan bekas kantor Konsulat China kembali digunakan sebagia hotel dan berubah nama menjadi Hotel Merdeka hingga tahun 1987.

Tahun 1993, Hotel Merdeka berubah nama menjadi Phoenix Heritage Hotel setelah mengalami beberapa renovasi.  Setelah selesai renovasi nama Phoenisx Heritage Hotel kembali mengubah nama menjadi Grand Mercure pada tanggal 14 Mei 2014. Perubahan nama tersebut bertahan sampai dengan 29 Maret 2009, dan pada tanggal 30 Maret 2009 nama Grand Mercure diganti menjadi The Phoeix Hotel Yogyakarta hingga sekarang.

Dalam perkembanganya, The Phoenix Hotel Yogyakarta telah mengalai renovsi besar-besaran dengan memadukan peninggalan sejarah budaya masa kolonial dengan atmosfer jawa khas Yogyakarta. Pengunjung kaan menjumpai fasilitas hotel yang mewah dan modern juga pelayan yang memiliki keramahtamahan khas orang Yogyakarta.

Fasilitas

The Phoenix Hotel merupakan hotel kelas bintang lima yang setiap ruanganya menyimpan warisan budaya dan sejarah yang bernilai tinggi. Fasilitas yang disediakan oleh hotel mewah ini sangat lengkap. Berikut fasilitas yang bisa anda nikmati di The Phoenix Hotel




Kamar

Nuansa kolonial tidak hanya bisa dijumpai di ruang-ruang umum The Phoenix Hotel namun juga terdapat di setiap kamar hotel yang memadukan nuansa kolonial dengan jawa klasik. Phoenix Hotel memiliki kamar sejumlah 144 unit kamar yang dibagi menjadi beberapa jenis kamar, yaitu Superrior Heritage, Deluxe Legency, Phoenix Executive, dan Suite Legendary Executive.


Superior Heritage


Sebuah  kamar dengan luas 25 meter persegi  dilengkapi dengan satu tempat tidur queen dan dua tempat tidur twin. Kamar ini memiliki tariff permalam sebesar  Rp 960.000 per malam.


 Deluxe Legency


Sebuah kamar dengan luas 35 meter persegi dilengkapi dengan satu tempat tidur King dan dua tempat tidur twin. Kamar ini memasang tariff sebesar Rp 1.110.000 permalam. Deluxe Legency, dengan pemandanga taman. Sebuah kamar dengan luas kamar 35 meter persegi ini dilengkapi dengan satu tempt tidur ukuran King. Kamar ini memasang tarif sebesar 1.310.000 per malam.


Phoenix Excecutive


Sebuah kamar dengan luas 46 meter persegi dilengkapi dengan satu tepat tidur King. Kamar ini memasang tariff sebesar  Rp 1.560.000 permalam


Suite Legendary


Kamar meawah dengan luas 60 meter persegi ini dilengkapi dengan satu tempat tidur King dengan maksimal penghuni dua orang. Kamar ini memasang tarif sebesar Rp 1.960.000 permalam.


Fasilitas untuk setiap kamar yang ditawarkan oleh The Phoenix Hotel antara lain AC, TV kabel, mini bar, brangkas pribadi, rak untuk barang, lemari pakaian, meja kerja, pemanas air, denah lokasi kamar dan petunjuk penyelamatan diri, lampu baca, Wifi, pendeteksi asap, cermin. Serta kamar mandi pribadi yang juga dilengkapi dengan fasilitas perlengkapan mandi, washtafel, sower, bak mandi, kloset, serta handuk .


Restoran dan Bar


Paprika

Restoran ini terletak di halaman ruang terbuka di samping kolam renang. Disini menyediakan makanan Indonesia, China dan Eropa.  Restoran ini memiliki area yang cukup luas dengan nuansa jawa klasik. Terdapat sebuah piano dan pajangan beberapa foto jaman dulu yang digantung dengan rapi di sudut tembok ruangan.

1981’s Terrace Lounge

Tempat ini mehadap langsung ke arah air mancur. Menawarkan suasana santai dengan beragam pilihan makanan dan minuman. Teraace Lounger berlokasi di teras terbuka dilengkapi dengan air mancur yang membuat pemandangan semakin indah.

Vino Bar

Vino Bar mempuanyai area yang cukup luas dengan beberapa area tempat duduk dan meja bilyard yang  bisa digunakan. Bar ini  menyediakan anggur dan koktail bagi para tamu yang menginginkan.

Ruang Pertemuan

Untuk mendukung kepentingan bisnis anda, hotel ini memiliki ruang peremuan yang bisa anda gunakan untuk berbagai acara seperti seminar, pameran, workshop atau acara pribadi lainya. 

Phoenix Hotel memiliki tujuh ruang pertemuan dengan ukuran 300 meter persegi. Mampu menampung hingga kapasitas  500 orang. Untuk acara tertentu seperti jamuan makanan, runag pertemuan di The Phoenix Hotel mampu menampung hingga kapasitas 200 orang.


Pusat kebugaran dan kesehatan

The Phoenix Hotel menyediakan fasilitas pusat kebugaran untuk tamu hotel maupun masyarakat luar. Dalam pelatihan kebugaran terdapat biaya yang ditawarkan untuk member adalah Rp 450.000 perbulan, Rp 1.125.000 per tiga bulan, Rp 2.280.000 perenam bulan, dan Rp 4.500.000 per satu tahun atau 12 bulan.

Jika mendaftar paket 12 bulan akan mendapat free perpanjangan member dua bulan. Memdaftar paket enam bulan akan mendapat free satu bulan perpajangan member, dan untuk paket tiga bulan akan mendapat free perpanjangan member selama dua minggu.



Spa

The Phoenix Hotel menawarkan layanan spa tradisional jawa yang menenangkan. Ditambah dengan wewangian aroma didalam ruang spa yang mewah dan privat. Anda bisa menikmati perawatan tubuh yang dikemas dalam saru paket.

Dalam waktu 90 menit anda bisa menikmati treatment Aromatheraphy foodbath, Exotic Aromateraphy scrub dengan berbagai pilihan scrub yang disediakan. Perawatan tersebut bisa anda nikmati dengan harga Rp 625.000 per orang. Layanan spa ini bisa anda nikmati mulai pukul 08.00 sampai 22.00 WIB.


Tempat ibadah

The Phoenix Hotel menyediakan mushola di basement area parkir Hotel Phoenix Yogykarta. Meskipun letaknya berada di area basement namun tetap nyaman untuk beribadah.


Lapangan tenis

Bagi anda yang suka berolahraga di pusat kebugaran juga disedikan lapangan tenis  lengkap dengan perlengkapanya yang bisa anda gunakan secara cuma- cuma bersama dengan rekan anda.

Laundry

Setiap kamr tamu di The Phoenix Hotel memiliki layanan antar jemput laundry yang disedikan oleh pihak hotel dengan membayar biaya tambahan setiap kali laundry.  


Kolam renang

The Phoenix Hotel menawarkan fasilitas kolam renang yang bisa dilihat dari setiap balkon kamar hotel. Kolam renang di The Phoenix Hotel memiliki air jernih yang terawat.  Kolam renang The Phoenix Hotel didesain dengan gaya kolonial khas Eropa sehingga membuat kolam renang ini nampak indah.

Pada malam hari pemandangan disekitar kolam akan dipenuhi dengan cahaya lampu  dari  bangunan hotel yang akan mempercantik suasana malam disekitar kolam renang. Tidak ada larangan untuk berenang di waktu tertentu sehingga anda bisa menikmati kolam ini setiap saat anda inginkan.

Loby

Lobi The Phoenix Hotel memiliki area yang sangat luas. Terdapat restoran, bar, lounge yang akan anda temui disini.  Anda juga bisa melihat papan informasi mengenai The Phoenix Hotel yang terpasang di salah satu sisi bagian loby.

Money Changer

Bagi wisatawan asing yang menginap di The Phoeix Hotel Yogyakarta bisa menukarkan uangnya secara langsung disini apabila belum memiliki mata uang rupiah. Tempat untuk menukarkan uang di The Phoenix Hotel Yogyakarta bersebelahan dengan meja receptionis yang terletak di loby  lantai dasar.


Minimarket

The Phoenix Hotel menyediakan minimarket di area parkir Basemnet tidak jauh dengan mushola.  Menyediakan berbagai keperluan lengkap tamu seperti makanan ringan, minuman, pakaian dan lain-lain. Sesuai dengan namanya ukuran minimarket di The Phoenix Hotel tidak terlalu besar namun masih nyaman untuk dikunjungi beberapa orang secara bersamaan.

Travel Agency

The Phoenix Hotel juga menawarkan perjalanan paket wisat untuk area Yogyakarta dan sekitarnya. Untuk anda yang tidak mau pusing memikirkan mengenai tujuan wisata dan transport layanna ini akan sangat membantu anda. 

Beberapa pilihan tempat wisata bisa anda tanyakan ke bagian travel dan mereka akan siap untuk mengantarkan anda. Layanan ini dikenai biaya tambahan sesuai dengan paket wisata yang akan anda ambil.

Layanan antar jemput tamu

The Phoenix Hotel menawarkan layanan antar jemput tamu Bandara – Hotel. Layanan antar jemput tamu bisa digunakan bagi anda yang telah melakukan reservasi sebelumnya. Layanan antar jemputke stasiun disediakan gratis selama 24 jam. Sedangkan untuk layanan antar jemput bandara akan dikenakan biaya tambahan.




Destinasi Wisata Terdekat


Malioboro

Malioboro merupakan jantung kota wisata Yogyakarta. Malioboro yang sangat terkenal sebagai tujuan wisata. Malioboro menjadi salah satu kawasan wisata belanja yang paling ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupu mancanegara.Papan nama Malioboro sudah seperti ikon yang tidak boleh dilewatkan untuk di dokumentasikan oleh para wisatawan.

Saat musim liburan kawasan ini menjadi sangat ramai dipenuhi oleh para pengunjung yang datang dari berbagai daerah. Jalan Malioboro terkenal dengan banyaknya toko dan pedagang kaki lima yang menjual berbagai kerajinan dan produk khas Yogyakarta yang cocok untuk anda jadikan sebagai oleh-oleh.  Serta warung- warung makan lesehan di malam hari yang menjual makanan  khas Yogyakarta yaitu gudeg dan berbagai makanan lainya.

Maliboro juga terkenal sebagai tempat berkumpulnya para seniman jalanan yang sering menampilkan kemampuan mereka seperti bermusik, melukis, pantomin serta beberapa seniman dengan kostum cosplay dengan berbagai karakter yang bisa anda jumpai. Salah satu hal yang menarik di Malioboro pada malam hari adalah hadirnya grup musik angklung yang meramaikan suasana Maliboro.



Tugu Yogyakara

Tugu Yogyakarta menjadi sebuah ikon kota Yogyakarta. Tugu Yogyakarta dibangun oleh pemerintah Belanda, terletak di perempatan Jl. Jenderal Soedirman dan Jalan Margo Utomo. Tugu ini merupakan simbolis yang dipercaya memiliki sifat magis yang menghubungkan laut selatan, Keraton Yogyakarta, Gunung Merapi.

Tugu Yogyakarta kini menjadi salah satu objek wisata Yogyakarta yang paling terkaenal. Kawana Tugu Yogyakarta bahkan sangat ramai ketika tiba waktu malam. Banyak wisatawan datang ingin berfoto didepan bangunan Tugu atau bersantai di saming area Tugu yang sudah disiapkan.

Bangunan Tugu Yogyakarta memiliki makna dan menyimpan banyak sejarah kota Yogyakarta. Bangunan tersebut menggambarkan ‘Manunggaling Kawula Gusti’ yang memiliki makna semangat persatuan rakyat dan bangsa untuk melawan penjajah. Tiangnya berbentuk giling atau silinder dan puncaknya berbentuk golong atau bulat, membuat tugu ini sering disebut sebagai Tugu Golong Giling.

Bangunan Tugu mengalami kehancuran pada tahun 1867 akibat gempa bumi yang menyebabkan bangunan runtuh. Kemudian pada tahun 1889, pemerintah Belanda merenovasi bangunan tugu dan merubah bentuk tugu dari sebelumnya menjadi seperti yang kita saksikan saat ini.



Taman Sari

Taman Sari berada di Jl. Taman Patehan Keraton Yogyakarta. Taman Sari ini dulunya adalah sebuah taman Keraton kerjaan yang diberi namaa Istana Air Taman Sari. Taman ini dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1758 dengan luas mencapai 10 hektar tanah dan memiliki 57 bangunan.

Banyak hal yang bisa anda jumpai saat masuk ke kawasan ini. diantaranaya sebuah Danau Buatan dengan ukuran cukup besar. Danau ini diyakini sebagai tempat pemandaian bagi raja dan ratu pada jamam dahulu. selain itu masih banyak bangunan menarik lain yang bisa anda jumpai dengan arsitektur yang sangat cantik. Beberapa bangunan itu adalah masjid bawah tanah, sumur ggumuling, tempat semedi, priuk cermin.

Untuk sebuah tempat wisata yang cantik, Taman Sari memiliki tariff tiket masuk yang terbilang murah. Tiket masuk untuk wisatwan lokal sebesar Rp 5.000 per orang dan untuk wisatawan manca negara sebesar Rp 12.000 per orang.  Anda juga akan dikenakan biaya tambahan jika anda membawa kamera yang dibawa aitu Rp 3.000 ,-. 

Anda juga bisa menggunakan jasa pemandu wisata, biasanya para pemandu wisata berada di depan pintu masuk Taman Sari. Pemandu wisata ini memasang tariff sekitar Rp 50.000 sampai Rp 100.000 ,-.  Taman Sari bisa anda kunjungi setiap hari mulai pukul 08:00 sampai 17:30 WIB.

No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.