Latest News

12 Makanan khas Perancis yang Terkenal Dengan Artistiknya dan Kemewahannya yang Elegan




Narayatrip.com—Makanan Khas Perancis juga disajikan dengan sentuhan seni yang tinggi oleh para kokinya. Tidak hanya dalam bidang karya seni, arsitektur, dan fashion saja orang perancis handal dalam menampilkan kemewahan yang elegan. Dalam menyajikan masakanpun mereka tidak hanya memberikan cita rasa istimewa tetapi juga memberikan hiburan secara visual dengan sajiannya yang artistik. 


Kira-kira apa saja makanan khas Perancis yang kerap disajikan penuh dengan sentuhan artistik dan kemewahan yang elegan? Simak daftar berikut ini: 


1. Rela Mengantri Demi Beef Burguignon

Masakan ini berupa daging yang direbus dalam anggur merah. Bumbu yang digunakannya ialah bawang putih, bawang merah, jamur, dan aneka rempah segar. Lihat saja bagaimana penampilannya, dalam foto, nampak mewah, mengundang selera, dan juga sangat artistik. 

2. Sup Kuah Kental Cassoulet

Cassoulet masakan berupa sup dan kuahnya kental. Masakan ini diolah dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah sehingga tak heran jika meningkatkan rasa hangat di tubuh. meski memiliki kandungan lemak yang tinggi, masakan ini tetap jadi favorit warga Perancis. 

3. Sajian Bekicot yang Bernilai Jual Tinggi, Escargot

Escargot adalah masakan yang dibuat dari siput atau bekicot. Bekicot diolah dengan teknik yang tinggi dan disajikan dengan artistik yang istimewa membuatnya menjadi masakan khas Perancis yang bernilai jual tinggi. Masakan ini biasa dimasak dengan cuka, jahe, dan kecap. Kemudian disajikan dengan campuran bawang putih dan mentega. 

4. Sup Sayur yang Menggoda Selera, Ratatouille

Pernah nonton kartun Ratatouille? Di sana ada chef berbakat yang dapat masak Ratatouille dengan lezat. Masakan ini merupakan campuran berbagai macam sayuran seperti bay leave, thyme dan dedaunan. Sajian ini kemudian disajikan dengan nasi, roti, dan kentang. Ada yang memilih salah satunya, roti saja atau kentang saja. ada juga yang biasa mencampurnya dengan saus pasta, omelet, dan lain-lain. 


5. Roti Terlezat di Dunia, Croissant

Waw... kalau dengan Croissant sudah pasti ingat roti panjang yang enak dan bahkan menjadi makanan terlezat di dunia oleh CNN. Croisant bisa dipesan di setiap toko roti yang ada di Perancis. Cita rasa kuliner khas Perancis ini pun disajikan dalam berbagi macam rasa, mulai dari rasa keju, cokelat, almond, dan sandwich. Aroma dan rasa mentega Croissant khas Perancis amat kuat, biasa dinikmati bersama dengan segelas Teh atau kopi sambil bersantai. 

6. Hidangan Sejak Jaman Kerajaaan, Foie Gras

Hidangan sejak jaman kerajaan Foie Gras merupakan masakan yang sudah ada sejak abad 20 di Perancis. Masakan ini dibuat dari bahan yang cukup langka dan sulit dicari, yakni hati angsa atau bebek. Hati unggas itu kemudian digoreng, dipangang, atau dibakar dibumbui dengan saus khas Perancis. Ada juga yang suka mencampurnya ke dalam hidangan sandwich. 

7. Kaki Ayam yang Dimasak dengan Anggur Merah, Coq au Vin

Kalau di Indonesia, kaki ayam akan disemur begitu saja dan mudah dijumpai di angkringan di Yogyakarta. Di Perancis, kaki ayam akan disajikan dan dibandero dengan harga mahal karena diolah dengan wine atau anggur merah. Sebelum disajikan, kaki ayam akan dimasak dengan wine atau anggur merah dalam waktu lama sampai tekstur dagingnya jadi lembut, wine meresap ke dalam tulang, dan bumbunya juga turut meresap. Kaki ayam benar-benar menjadi sebuah sajian yang berkelas di tangan chef Perancis. Bumbu yang biasa digunakan ialah irisan jamur, lardon, dan garlic. 

8. Sup Ikan Mewah, Bouillabaisse

Kuliner ini berasal dari Kota Marseille, Perancis. Masakan ini merupakan kuliner khas di daerah dekat pantai atau tepatnya di antara nelayan di Goudes, Marseille. Mereka biasa memasak ikan hasil tangkapan mereka yang tidak laku dengan kerang dan air secukupnya. Ketika jaman berkembang, masakan ini menjadi masakan populer di seluruh Perancis. 

9. Kuah Kaldu Sapi Kental, Soupe a l’oignon

Hidangan ini biasa disajikan dengan potongan bawang putih. Kuah sapi kental dinikmati oleh warga Perancis karena kandungan gizinya yang cukup tinggi. Masakan ini juga dinobatkan sebagai kuliner terenak di dunia. Masakan ini bahkan sudah ada sejak jaman Romawi. Kual kaldu sapi kental, Soupe a l’agoinon ini sudah terkenal di dunia internasional pada tahun 1960-an. 



10. Confit de Canard

Masakan ini merupakan masakan yang terbuat dair daging bebek. Masakan ini diperkaya dengan campuran bawang putih dan garam. 

11. Crème Brulee

Masakan ini biasa dihidangkan sebagai dessert oleh warga Perancis. Tekstur masakan ini lembut dengan cita rasa manis dan segar sehingga cocok disajikan sebagai dessert. 

12. Beef Bourguignon

Sup daging sapi ini dibuat dengan anggur dan kalu sapi. Masakan ini dibumbui juga dengan bumbu bawang putih, rempah segar, dan jamur yang membuat makanan ini menjadi semakin lezat. 

Apakah anda semakin tertarik untuk mencicipi masakan ini? maka siapkan dana yang lebih untuk memesan setiap menu di restoran yang anda pilih di Perancis. 




No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.