Latest News

29 Bandara di Dunia yang Menerima Penggunaan Aplikasi Mobile Passport, Passport di Era Digital





Narayatrip.com—Mobile Passport adalah aplikasi seluler yang memungkinkan para pelancong yang memasuki Amerika Serikat untuk mengirimkan informasi paspor dan formulir deklarasi bea cukai mereka ke CBP (Custom and Border Protection) melalui smartphone atau tablet dan melalui proses inspeksi menggunakan jalur yang dipercepat.


Mobile Passport saat ini baru tersedia untuk pemegang paspor A.S. dan pemegang paspor Kanada dengan visa B1 dan B2 ketika memasuki Amerika Serikat. Aplikasi ini tersedia di perangkat iOS dan Android dan beroperasi di 24 bandara dan pelabuhan pesiar Port Everglades di Fort Lauderdale, Florida. Penggunaan  Paspor Mobile telah meningkat tiga kali lipat dari 2016 hingga 2017.

Pengembang Mobile Passport


Aplikasi Mobile Passport dikembangkan oleh Airside Mobile, Inc, sebuah organisasi yang dimulai oleh mantan eksekutif Administrasi Keamanan Transportasi (TSA), Hans Miller dan Adam Tsao. Miller dan Tsao bermitra dengan Florian dan Christina Scholochow pada 2010 untuk membangun sistem mobile passport.
Operasi Mobile Passport diluncurkan di Atlanta di Bandara Internasional Hartsfield-Jackson pada tahun 2016 dan sekarang tersedia di 24 bandara AS dan 1 pelabuhan pelayaran A.S. Aplikasi Mobile Passport diotorisasi oleh CBP dan disponsori oleh Airports Council International-Amerika Utara, Boeing, dan Port of Everglades. Airside Mobile, Inc. mendapatkan pendanaan Seri A sebesar $ 6 juta pada musim gugur 2017.


Cara Kerja Mobile Passport


Selama proses pabean di area Layanan Inspeksi Federal (FIS) bandara AS, pelancong yang datang dari lokasi internasional biasanya menunggu dalam antrean panjang sebelum menunjukkan paspor dan dokumen dan menjawab secara verbal pertanyaan yang diajukan oleh pejabat CBP.

Pemegang paspor A.S dan pemegang paspor Kanada dengan visa B1 atau B2 yang telah mengunduh aplikasi Mobile Passport dapat mempercepat proses ini dengan mengirimkan informasi mengenai paspor dan detail perjalanan mereka melalui perangkat mobile mereka kepada pejabat CBP, kemudian mengakses jalur yang dipercepat.

Aplikasi Mobile Passport dapat diunduh dari Apple App Store atau Google Play Store ke perangkat iOS atau Android dan lengkapi profil paspor digitalnya sebelum traveller bepergian. Pra-persetujuan tidak diperlukan dan aplikasi ini gratis.

Untuk mengatur profil paspor digital, pelancong dapat menggunakan fitur pemindai dokumen dalam aplikasi Mobile Passport untuk mengambil informasi paspor mereka, dan kemudian memverifikasi bahwa itu benar. Atau, mereka dapat secara manual memasukkan informasi langsung pada aplikasi. Nama harus muncul persis seperti di paspor. Misalnya, di bawah Nama keluarga, pengguna harus memasukkan nama belakang mereka. Di bawah Nama yang Diberikan, pelancong harus memasukkan nama depan [SPACE] nama tengah [SPACE] nama tengah mereka, dan seterusnya. Semua tanda hubung dan apostrof harus diganti oleh [SPACE].

Untuk melengkapi profil paspor, pengguna harus menyentuh kotak di bagian bawah layar. Kamera pada perangkat seluler akan terbuka untuk memungkinkan "selfie" diambil dari masing-masing pemegang paspor. Menurut CBP, pengiriman grup dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi Mobile Passport pada satu perangkat mobile untuk semua anggota keluarga dari rumah tangga yang sama yang bepergian bersama dengan ketentuan bahwa setiap anggota keluarga adalah warga negara AS dengan paspor AS yang sah atau warga negara Kanada dengan keduanya yang sah Paspor Kanada dan status visa B1 atau B2.

Setelah mendarat atau berlabuh di Amerika Serikat, dan alih-alih mengisi formulir kertas pernyataan bea cukai tradisional, pengguna Paspor Seluler dapat menyalakan perangkat seluler mereka, menghidupkan Wi-Fi atau data, pilih semua profil paspor untuk perjalanan mereka, dan lengkapi bagian Perjalanan Baru pada aplikasi Paspor Seluler.

Dalam beberapa saat, CBP akan meninjau kiriman dan mengirimkan tanda terima kode QRC (Encrypted Quick Response) digital, yang berakhir setelah empat jam. Ini memberikan waktu yang cukup bagi pelancong antara mendarat atau berlabuh dan mendekati area FIS di mana mereka dapat mengakses jalur Paspor Mobile yang ditunjuk.

Pengguna Paspor Seluler akan diminta untuk menunjukkan paspor fisik mereka dan tanda terima kode QR, dan berbicara secara singkat dengan petugas CBP.  Wisatawan yang menggunakan Mobile Passport dapat mengakses perangkat mobile mereka untuk menggunakan aplikasi Mobile Passport, saat memproses melalui area FIS, tetapi mereka mungkin tidak dapat melakukan panggilan telepon.

Data pribadi dienkripsi dan disimpan di perangkat sebagai profil dan dikirim secara aman ke CBP untuk ditinjau, mirip dengan menggunakan kios Kontrol Paspor Otomatis. Aplikasi Mobile Passport menawarkan opsi untuk menyimpan profil pengguna di perangkat atau menghapusnya setelah perjalanan.

Wisatawan yang ingin menggunakan aplikasi Paspor Seluler harus memastikan mereka tiba di A.S. di salah satu bandara atau pelabuhan pesiar yang berpartisipasi dengan Paspor Seluler. Jika Anda bepergian ke luar negeri baru-baru ini, Anda mungkin telah melihat tanda-tanda untuk "Paspor Seluler" ketika Anda melewati Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan A.S.


Bandara yang Menerima Paspor Seluler

Pada April 2019, Mobile Passport tersedia untuk digunakan di 25 bandara dan 3 pelabuhan pesia di negara Amerika Serikat dan Kanada.

Berikut merupakan beberapa lokasi bandara saat ini di mana Anda dapat menggunakan Mobile Passport.

  • Atlanta (ATL) - Bandara Internasional Hartsfield-Jackson
  • Baltimore (BWI) - Bandara Internasional Baltimore-Washington
  • Boston (BOS) - Bandara Internasional Boston Logan
  • Chicago (ORD) - Bandara Internasional Chicago O'Hare
  • Dallas (DFW) - Bandara Internasional Dallas Fort Worth
  • Denver (DEN) - Bandara Internasional Denver
  • Fort Lauderdale (FLL) - Bandara Internasional Fort Lauderdale-Hollywood
  • Benteng Lauderdale (PEV) - Port Everglades Cruise Port
  • Houston (IAH) - Bandara Intercontinental George Bush
  • Houston (HOU) - Bandara William P. Hobby
  • Los Angeles (LAX) - Bandara Internasional Los Angeles
  • Miami (MIA) - Bandara Internasional Miami
  • Miami (MSE) - Pelabuhan Pesiar Pelabuhan Miami
  • Minneapolis (MSP) - Bandara Internasional Minneapolis Saint Paul
  • New York City (JFK) - Bandara Internasional John F. Kenedy
  • Newark (EWR) - Bandara Internasional Newark Liberty
  • Orlando (MCO) - Bandara Internasional Orlando
  • Philadelphia (PHL) - Bandara Internasional Philadelphia
  • Phoenix (PHX) - Bandara Internasional Phoenix Sky Harbor
  • Pittsburgh (PIT) - Bandara Internasional Pittsburgh
  • Portland (PDX) - Bandara Internasional Portland
  • Raleigh (RDU) - Bandara Internasional Raleigh Durham
  • Sacramento (SMF) - Bandara Internasional Sacramento
  • San Diego (SAN) - Bandara Internasional San Diego
  • San Fransisco (SFO) - Bandara Internasional San Fransisco
  • San Jose (SJC) - Bandara Internasional Mineta San Jose
  • Seattle (SEA) - Bandara Internasional Seattle-Tacoma
  • Tampa (TPA) - Bandara Internasional Tampa
  • Pantai Palm Barat (WPB) - Pelabuhan Palm Beach Cruise Port

Jadi tunggu apalagi? Unduh aplikasi hari ini dan siapkan Mobile Paspor Anda untuk perjalanan internasional Anda berikutnya!

No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.