Latest News

42 Rahasia Agar Aman Travelling ke Seluruh Dunia





Narayatrip.com--Sebagian besar orang tidak terlahir sebagai pelancong cerdas. Itu adalah sesuatu yang hanya hadir dengan pengalaman on-the-road. Pada awalnya, Anda membuat banyak kesalahan perjalanan, tapi setelah terbiasa, semuanya menjadi semakin menarik.


Kecerdasan mengambil keputusan untuk menjadi seorang traveller dan akhirnya menjadi seorang traveller yang profesional  merupakan proses yang lahir dari perilaku bodoh, ketidaksadaran budaya, dan kesalahan kecil yang tak terhitung jumlahnya. Kemudian, suatu hari, Anda mulai bergerak mulus di mana saja, di bandara dan mengintegrasikan diri Anda ke dalam budaya baru seperti ikan yang berenang di dalam air.

Saya ingin membantu mempercepat proses dan membantu Anda menghindari kesalahan saya, jadi saya mengumpulkan daftar besar kiat perjalanan terbaik saya yang mencakup semua hal untuk membantu Anda mencapai perjalanan penuh potensi menyenangkan.

Kiat-kiat untuk bepergian ini akan membuat Anda menghemat uang, tidur lebih nyenyak, lebih sering keluar jalur, bertemu penduduk setempat, dan hanya menjadi pelancong yang lebih baik. Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah 42 hal sederhana atau bisa dikatan rahasia kecil para pelancong agar aman travelling ke seluruh dunia.


Selalu bungkus handuk


Ini adalah kunci keberhasilan menjalajahi berbagai tempat. Anda tidak pernah tahu kapan Anda akan membutuhkannya, apakah itu di pantai, atau hanya untuk mengeringkantubuh. Sementara banyak hostel menawarkan handuk, tapi itu belum tentu. Membawa handuk kecil tidak akan menambah berat pada tas Anda, maka lebih baik sediakan sendiri di dalam tas daripada menggantungkan kebutuhan pada orang lain.

Beli ransel kecil / koper


Dengan membeli tas punggung kecil  Anda akan dipaksa untuk mengepak ringan dan menghindari membawa terlalu banyak barang. Manusia memiliki kecenderungan alami untuk ingin mengisi ruang jadi jika Anda mengemas barang di banyak ruang ekstra di tas Anda, Anda akhirnya akan berkata "baiklah, kurasa aku bisa memasukkan lebih banyak tapi kemudian menyesalinya karena terlalu banyak barang menjadikan beban lebih berat.

Pakai Kaos Jangan Hem


Tidak apa-apa memakai kaus yang sama beberapa hari berturut-turut. Ambil pakaian yang Anda pikir akan Anda butuhkan. Anda tidak akan membutuhkan sebanyak yang Anda pikirkan, jadi buat daftar barang bawaan anda dan bawa secukupnya. Selain itu, karena Anda membeli tas punggung kecil seperti yang saya katakan, Anda tidak akan punya banyak ruang untuk barang-barang ekstra!

Bawa kaus kaki ekstra


Anda akan membutuhkan banyak kaus kaki karena penggunaan kaos kaki tidak seperti kaos yang dapat dikenakan tiga hari sekali ganti, sebab kaos kaki akan lekas bau jika tidak segera dicuci. Apalagi jika anda baru saja pergi hiking. Maka, cara terbaiknya adalah bawa kaos kaki ekstra untuk membantu kaki anda tetap hangat dan bebas dari bakteri penyebab penyakit.


Bawa serta kartu bank dan kartu kredit tambahan


Bencana terjadi. Selalu bagus untuk memiliki cadangan jika Anda dirampok atau kehilangan kartu. Anda tidak ingin terjebak di tempat baru tanpa akses ke dana Anda. Saya pernah punya kartu yang digandakan dan dibekukan. Saya tidak bisa menggunakannya selama sisa perjalanan saya. Saya sangat senang saya memiliki tambahan dan tidak seperti teman saya, yang tidak dan terpaksa meminjam uang dari saya sepanjang waktu!

Pastikan untuk menggunakan kartu bank tanpa biaya


Dapatkan kartu kredit dan kartu debit yang tidak membebankan biaya transaksi luar negeri atau biaya ATM. Selama perjalanan panjang, beberapa dolar yang mereka ambil setiap waktu akan benar-benar bertambah dan menguras kantung Anda.

Bepergianlah sendiri setidaknya sekali


Anda akan belajar banyak tentang diri Anda dan bagaimana menjadi mandiri. Itu klise, tapi itu benar. Bepergian sendirian mengajari saya cara mengurus diri sendiri, berbicara dengan orang, dan menangani situasi yang asing dengan mudah.
Itu membuat saya nyaman dengan diri saya sendiri, membantu saya belajar tentang apa yang saya mampu, dan memungkinkan saya untuk menjadi sangat egois dan melakukan apa pun yang saya inginkan!
Diperlukan waktu untuk membiasakan diri jika Anda belum pernah melakukannya tetapi melakukannya setidaknya sekali akan membuat anda menjadi lebih percaya diri. Buat diri Anda tidak nyaman, Anda akan belajar keterampilan hidup yang berharga ketika Anda mendorong diri sendiri berada di zona tidak nyaman.

Jangan takut untuk menggunakan peta


Terlihat seperti turis tidak seburuk tersesat dan berakhir di lingkungan yang salah. Jangan takut menggunakan peta atau menanyakan arah dan terlihat seperti turis. Bagaimanapun, Anda adalah turis! Saya selalu menggunakan peta saat bepergian. Ini membantu saya mencapai tujuan yang saya inginkan.

Jangan takut tersesat dengan sengaja


Berkeliaran tanpa tujuan melalui kota baru adalah cara yang baik untuk mengetahui kota tersebut sampai ke titik yang paling aneh sekalipun. Tersesat dengan sengaja atau tidak sengaja dan jauh dari zona para wisatawan akan membuat anda menjadi benar-benar seorang petualang. Anda akan melihat sisi lain dari sebuah kota. Anda mungkin akan terkejut dengan permata tersembunyi yang Anda temukan. Saya suka berkeliaran dan mencoba menemukan jalan tanpa menggunakan Google Maps!

Selalu kunjungi kantor pariwisata setempat


Mereka tahu semua yang terjadi di kota. Mereka dapat mengarahkan Anda ke aktivitas gratis, acara khusus yang terjadi selama Anda tinggal di sebuah kota. Mereka bahkan menawarkan diskon untuk atraksi dan transportasi. Sebaba adalah tugas mereka untuk membantu Anda mendapatkan pengalaman wisata yang baik.


Batasi Jumlah Uang Tunai


Batasi jumlah uang tunai dan kartu bank yang Anda bawa, jadi jika sesuatu terjadi, Anda dapat dengan mudah memulihkannya. Jangan pernah membawa lebih dari satu kartu kredit atau kartu ATM. Aturan saya untuk uang tunai adalah membatasi apa yang saya bawa hingga $ 50 USD.

Selalu bawa kunci


Mereka berguna, terutama ketika Anda tinggal di asrama dan perlu mengunci barang-barang Anda. Bawalah kunci kombinasi kecil saat bepergian. Jangan gunakan satu dengan kunci karena, jika Anda kehilangan kunci, Anda akan terjebak dalam kekacauan anda sendiri.

Buat salinan tambahan paspor dan dokumen penting Anda


Jangan lupa untuk mengirim salinan juga kepada diri sendiri. Anda tidak pernah tahu kapan Anda mungkin perlu memiliki semacam dokumentasi dengan Anda dan mungkin tidak ingin membawa dokumen asli Anda. Selain itu, jika paspor Anda dicuri, salinannya akan berguna untuk laporan polisi Anda.

Tanyakan staf asrama untuk informasi - bahkan ketika Anda tidak tinggal di sana


Staf asrama berurusan dengan pelancong hemat sepanjang hari, setiap hari. Mereka tahu persis ke mana harus pergi untuk makan dan wisata murah. Mereka juga cenderung dekat dengan penduduk setempat sehingga mereka tahu kota itu dengan sangat baik. Tanyakan kepada mereka untuk semua jenis informasi. Bahkan jika Anda tidak tinggal di satu tempat, cukup mampir dan minta bantuan. Mereka biasanya akan memberikannya.

Pelajari frasa dasar dalam bahasa asli tujuan Anda


Penduduk setempat akan menghargainya dan itu akan membuat interaksi Anda lebih mudah. Anda tidak perlu menguasai bahasa itu tetapi mempelajari beberapa hal seperti "Halo," "Selamat tinggal," "Terima kasih!", "Di mana kamar mandi?" penduduk setempat akan menjadi ramah kepada anda karena anda yang mencoba berkomunikasi dengan mereka merupakan tanda bahwa anda mencoba dekat dengan budaya mereka.

Baca buku sejarah!


Anda tidak dapat memahami suatu tempat tanpa pernah membaca asal usulnya. Anda memerlukan buku sejarah untuk membantu anda memiliki pemahaman mendalam tentang suatu tempat. Kemudian jika anda adalah seorang traveler yang sekaligus penulis atau seorang youtuber, anda bisa membuat konten anda menjadi lebih berbobot dengan memahami sejarah suatu tempat.

Jangan malu berjalan ke Starbucks atau McDonald


Kedua tempat memiliki wifi gratis dan toilet umum yang dapat Anda gunakan. Di samping itu, anda bisa mendapatkan makanan di kedua tempat itu selama 24 jam.

Perpustakaan, Starbucks, dan sebagian besar kafe memiliki Wi-Fi gratis


Jika Anda tinggal di suatu tempat yang membuat Anda harus terhubung, lihat salah satu tempat ini. Anda dapat terhubung secara gratis di perpustakaan, starbuks, dan kafe di berbagai macam kota.

Jangan terbang langsung


Saat memesan penerbangan, terkadang lebih murah terbang ke bandara dekat tujuan akhir Anda, dan kemudian naik kereta atau bus ke tempat yang Anda tuju. Pastikan untuk berkeliling untuk penerbangan Anda dan tahu bahwa langsung tidak selalu rute termurah. Gunakan mesin pencari penerbangan supaya anda bisa mendapatkan rute termurah meski tidak terbang langsung ke lokasi tujuan.
  • Momondo - Ini adalah mesin pencari favorit saya. Mereka sepertinya selalu menemukan maskapai penerbangan yang menawarkan penawaran terbaik dan tampilan kalender mereka memungkinkan Anda melihat hari mana yang termurah untuk terbang.
  • Google Flights - Salah satu mesin pencari penerbangan terbaik di luar sana, Google Flights memungkinkan Anda memasuki bandara keberangkatan Anda dan melihat penerbangan di seluruh dunia dalam peta sehingga Anda dapat melihat di mana tujuan termurah.
  • Skyscanner - Situs web hebat ini menyediakan informasi dari banyak maskapai yang berbeda, termasuk banyak penyedia anggaran yang terlewatkan oleh situs besar.

Selalu berada di belakang pelancong bisnis


Mereka bergerak cepat karena mereka biasanya terburu-buru. Maka supaya anda bisa berjalan dengan bebas di antara kerumunan orang-orang, anda bisa berjalan di belakang para pelacong tipe bisnis. Ini akan mempercepat anda keluar dari kondisi tidak menyenangkan.


Jam Makan Siang adalah waktu terbaik untuk mengunjungi situs bersejarah


Kalau kamu ingin mengunjungi situs bersejarah, maka waktu terbaik adalah ketika jam makan siang. Jadi,pada jam makan siang pelancong yang tergabung dalam grub sebagian besar pasti akan menuju makan siang. Datanglah pada jam-jam seperti itu, hanya dengan cara ini anda bisa merasakan dan melihat situs dalam kondisi yang lebih lapang. Tak banyak turis berdatangan atau memenuhi lokasi yang membuat anda tidak dapat menikmati objek wisata yang ada di depan anda.

 

Jangan Makan di Daerah Wisata


Kalau anda termasuk pelancong yang bepergian dengan dana hemat atau dana seadanya, maka soal makan jangan makan di daerah wisata. Ini sangat kami sarankan karena makan di daerah wisata atau di dekat objek wisata akan segera menguras kantong anda.
Oleh karenanya kami sarankan untuk membawa bekal selama bepergian, ini bisa menunda lapar anda dan pilihlah warung makan yang tempatnya jauh dari objek wisata. Di samping itu, tahukah anda bahwa (ini sudah menjadi rahasia umum) semakin dekat Anda makan di area tempat wisata semakin banyak Anda akan membayar dan semakin buruk makanan (dan layanan) yang anda dapatkan. Gunakan situs web seperti Yelp, Google Maps, Foursquare, atau Open Rice untuk menemukan beberapa restoran lezat dan populer di sekitar Anda.

Masak Sendiri di Homestay


Ini akan jadi cara menghemat terbaik, anda bisa meminjam dapur pemilik homestay untuk memasak sendiri di sana. Belanjalah seperti warga lokal di pasar lokal, pilih bahan-bahan yang anda butuhkan untuk memasak makanan yang anda impikan. Jika ada sisa, anda bisa simpan untuk anda gunakan di kesempatan makan malam atau sarapan keesokan harinya.

Bawa Senter


Senter adalah salah satu peralatan yang sebaiknya anda miliki, ini merupakan salah satu alat yang termasuk ke dalam persiapan ke hal-hal tak terduga seperti mati listrik di penginapan. Supaya anda tidak menginjak barang-barang di penginapan, dan membantu anda menemukan pegawai hotel maka sebaiknya anda bawalah senter anda sendiri, sampai kemudian pegawai hotel bisa menawarkan fasilitas penerang lainnya.

Bawa perlengkapan P3K dasar


Kecelakaan bisa terjadi kapan saja, meski sebagai pelancong kita tidak ingin hal buruk terjadi saat kita sedang bepergian, namun alangkah baiknya jika kita berjaga-jaga. Bawa perlengakapan P3K dasar akan jadi langkah yang tepat untuk membantu diri sendiri. bawalah band-aids, krim antibakteri, dan salep untuk luka dan goresan kecil.

Pesan penerbangan 2-3 bulan sebelumnya

Untuk mendapatkan harga murah, pesan penerbangan 2-3 bulan sebelum high session liburan. Jangan membuat diri Anda terlalu gila untuk mendapatkan ongkos termurah yang absolut. Namun, mendapatkan harga yang lebih ramah dengan dompet anda akan lebih baik untuk anda.

Menginap di hostel


Hostel adalah tempat menginap yang murah, di samping itu, anda akan punya kesempatan untuk bertemu dengan banyak orang. anda bisa bercengkerama dengan mereka dan bersantai bersama, saling berkenalan kemudian bertukar informasi.

Gunakan Couchsurfing


CouchSurfing adalan situs web yang memungkinkan Anda untuk tetap bisa mendapatkan kamar cadangan atau sofa secara gratis di kamar anda. Ini adalah cara terbaik untuk menghemat uang saat bertemu dengan penduduk setempat yang dapat memberi tahu Anda lebih banyak tentang kota daripada yang akan Anda temukan di hostel / hotel.

 

Airbnb


AirBnb merupakan alternatif pemesanan akomodasi yang bisa membantu anda menemukan penginapan yang murah. Akomodasi alternatif ini akan menghubungkan anda dengan pemilik rumah yang menyewakan rumah / apartemen mereka kepada Anda.

Aplikasi EatWith


Aplikasi perjalanan EatWith adalah aplikasi yang akan membantu anda menemukan teman baru untuk makan di sekitar objek wisata atau di lokasi yang dekat dengan anda.

Lyft


Aplikasi ini memungkinkan anda untuk mendapatkan penjemputan dari penduduk setempat. Anda bisa mengantar anda ke berbagai lokasi dan harganya 30 persen lebih murah daripada taksi.

Getaround


Butuh mobil selama beberapa jam? Sewalah mobil milik orang lain. Getaround memungkinkan Anda untuk menyewa mobil orang yang tidak digunakan per jam. Aplikasi ini sangat berguna untuk pelancong temporer yang membutuhkan kendaraan dalam waktu mendesak.

Terbukalah Pada Orang Asing


Supaya anda mendapatkan kemudahan dalam bepergian dan informasi, maka terbukalah pada orang asing. Jika anda bisa berkomunikasi dalam bahasa mereka, sebaiknya anda mulai berkomunikasi. Akan tetapi, tetap anda harus berhati-hati, jika merasa orang yang anda ajak bicara mencurigakan maka sebaiknya sesegera mungkin menjauh darinya. Sebaliknya, jika anda mendapatkan teman baik, dia bisa jadi akan menjadi teman seumur hidup anda.

Cobalah Makanan Baru


Cobalah makanan baru selama anda di tempat baru. pengalaman ini akan membuat anda mendapatkan lebih banyak pengalaman untuk anda ceritakan kembali kepada teman anda di rumah ketika anda kemblai dari setelah bepergian.

Hindari Penggunaan Taksi


Di mana-mana, di negara manapun, taksi itu mahal, maka hindari penggunaan taksi. Gunakan aplikasi akomodasi atau aplikasi perjalanan yang dapat membantu anda menemukan kendaraan yang menawarkan kendaraan dengan harga lebih murah seperti gojek, Gocar, dan lain sebagainya.

Tur Jalan Kaki


Aturlah waktu untuk melakukan tur jalan kaki. Selain gratis, wisata ini akan memberi Anda lebih banyak orientasi dan latar belakang kota yang Anda kunjungi. Saya suka, suka, suka jalan-jalan keliling saat bepergian. Dengan cara ini, kita menjadi bisa banyak lebih banyak hal.

Membawa Uang Darurat


Kemanapun kita pergi, sebaiknya memiliki dan membawa uang darurat. Karena keadaan darurat bisa terjadi secara tak terduga. Kadang-kadang secara tak terduga kita tidak dapat menemukan ATM untuk mengambil uang. Karenanya, siapkan uang cash sekitar $ 200 USD atau lebih untuk berjaga-jaga setiap saat.

Dapatkan Vaksinasi


Guna menjaga kesehatan anda, sebaiknya anda mendapatkan vaksinasi terlebih dahulu sebelum anda bepergian ke luar negeri. Banyak negara mengharuskan Anda untuk mendapatkan vaksinasi agar dapat menjelajahi kota mereka. Meski anda yakin anda sehat, mereka tetap akan menuntut anda untuk menunjukkan surat keterangan anda sudah divaksinasi terlebih dahulu.

Belajar untuk Tawar Menawar Setiap Beli Barang


Tawar-menawar adalah cara yang menyenangkan untuk mendapatkan barang dan jasa yang kita inginkan dengan harga murah. Tawar menawar adalah seni negosiasi yang akan membantu Anda hemat sepanjang hidup, tidak hanya di pasar.

Gunakan poin dan miles untuk perjalanan gratis


Anda dapat melangkah lebih jauh di dunia ketika Anda tidak perlu membayar untuk itu. Kumpulkan poin dan miles melalui pengeluaran harian Anda sehingga Anda bisa mendapatkan penerbangan gratis, akomodasi, tiket kereta api, dan bentuk perjalanan lainnya. Itulah yang dilakukan oleh semua pelancong ahli karena poin dan miles bisa menurunkan biaya perjalanan mereka secara signifikan.

Miliki asuransi perjalanan


Asuransi perjalanan adalah hal terpenting untuk menanggulangi segala macam hal yang tidak ingin terjadi pada anda. Jika terjadi suatu kecelakaan atau masalah di jalan, anda mungkin akan sangat terpukul jika harus mengeluarkan uang. Maka,  memiliki asuransi perjalanan adalah salah satu investasi terbaik yang bisa Anda gunakan untuk memproteksi perjalanan anda.
Dua perusahaan asuransi yang dipercaya oleh kebanyakan pelancong dunia adalah sebagai berikut.
  • World Nomads
World Nomads memiliki fitur layanan pelanggan yang hebat, harga yang kompetitif, dan cakupan yang mendalam.
  • Insure My Trip - Asuransi terbaik untuk mereka yang berusia di atas 70 tahun.


Pesan tiket terlebih dahulu ke tempat wisata


Banyak tempat wisata utama memungkinkan Anda untuk memesan tempat atau kunjungan terlebih dahulu. Selalu lihat online untuk melihat apakah ada opsi terbaik untuk kunjungan anda ke dalam tempat wisata tertentu. Jika anda bisa memesan tiket masuk terlabih dahulu, tentunya ini bisa menghemat waktu anda dan terhindar dari antrian yang berkepanjangan.

Demikian beberapa hal yang membuat para traveller tetap siap setiap saat dalam perjalannya. Sebelum melakukan perjalanan, mereka memang perlu melakukan persiapan yang matang supaya tidak terjadi suatu hal yang tak terduga nantinya. Karena itulah memiliki segala macam fasilitas atau persiapan perjalanan akan membantu kita untuk mendapatkan perjalanan terbaik. Salah satunya miliki aplikasi perjalanan yang akan memandu kita untuk mendapatkan akomodasi sampai dengan tiket masuk ke sebuah objek wisata, bahkan restoran yang menyajikan makanan enak dan murah.


No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.