Latest News

Tips Wisata di Kota Zhuhai, Kota Megah di Guangdong, Tiongkok



Narayatrip.com--Zhuhai adalah sebuah distrik yang berada di Delta Mutiara, Guangdong, Republik Rakyat Tiongkok. Kota ini dikenal memiliki garis pantai yang panjang dan indah. Zhuhai kini menjadi kota terpadat setelah Guangahou menjadi pusat dari kegiatan ekonomi, politik, budaya dan sosial. 
Zhuhai telah ditetapkan sebagai Zona Khusus Ekonomi sejak tahun 1980. Berada di perbatasan  dekat pulau Hongkong , memiliki luas wilayah 1.653 kilometer persegi dan jumlah penduduk sebanyak 1.410.000 jiwa.
  
Kota  ini dikenal sebagia pintu gerbang menuju ke Macau, dengan keindahanya memiliki 146 pulau unik kota ini rupanya tengah menjadi destinasi wisata baru yang menarik untuk dikunjungi. Menjadi kota paling bersih dan cantik yang berada di China.  Keunikan destinasi wisata dikota ini telah mampu menarik wisatwan yang ingin menuju ke Makau untuk menghabiskan waktu sebentar di Zhuhai. Sebelum anda singgah ke Zhuhai sebaiknya anda menyiapkan perjalanan anda terlebih dahulu, berikut tips saat berlibur ke Zhuhai.

1. Perjalanan menuju ke Zhuhai

Perjalanan ke Zhuhai bisa anda lakukan dengan menaiki pesawat. Beberapa alternatif yang bisa anda pilih antara lain;
Naik pesawat rute Jakarta- Macau, perjalanan sekitar 4,5 jam. Setelah sampai di bandara Macau lanjutkan perjalanan anda dengan menaiki kendaraan bus selama 1 jam dari Macau ke Zhuhai. 
Naik pesawat rute Jakarta- Hong Kong, perjalanan sekitar 4,5 jam. Sampai di Hong Kong lanjutkan perjalanan dengan kapal fery selama 1 jam dari pelabuhan Hongkong menuju ke Zhuhai. 
Naik pesawat rute Jakarta- Shanghai, lalu dari bandara Shanghai lanjut lagi dengan pesawat rute Shanghai- Zhuhai.
Atau jika anda ingin menghemat budget anda bisa melakuka perjalanan pesawat rute Jakarta-Kuala Lumpur atau Jakarta- Singapore, atau Jakarta- Bandar Seri Begawan, kemudian lanjutkan menuju ke Hongkong atau Macau. Cara ini cukup menghemat pengeluaran namun tidak efisien karena memakan waktu lebih lama dan tentunya menguras tenaga. 


2. Perjalanan  di Kota Zhuhai

Pastikan anda mempuanyai tempat untuk menginap layak selama di Zhuhai. Kota ini sangat jarang ditemukan tempat untuk beribadah. Kegiatan peribadatan yang ada dikota ini sangat jarang terlihat hanya pada tanggal-tanggal tertentu saja karena memang penduduk kota ini sedikit mengabaikan urusan agama dan lebih mementingkan pekerjaan. Oleh karena itu pastikan anda membawa peralatan ibadah  anda  terutama muslim dan menginap di hotel atau penginapan yang menyediakan ruang untuk beribadah. Karena sangat minimnya tempat ibadah terutama bagi muslim, anad harus membawa alat shalat kemanapun anda pergi dan mencari ruang kosong untuk beribadah di sela-sela perjalanan liburan. 

Jarang ditemukan restoran halal 

Jika anda seorang muslim sebaiknya anda perlu mewaspadai setiap makanan yang dijual atau anda bisa menanyakan terkelebih dahulu dari bahan apa makanan tersebut diolah. Banyak restoran yang bisa anda temui  namun jarang yang menyediakan makanan halal bagi muslim. Restoran dan toko disini hanya beroperasi mulai pukul 09:00 sini 21:00 dan setelah pukul 21:00 kota ini menjadi sangat sepi. Jadi anda harus membeli makanan anda terlebih dahulu sebelum restoran atau toko tutup. 

Membawa kartu hotel atau kamus 

Berkeliling dikota ini bisa anda lakukan dengan menggunakan kendaraan umum. Jangan lupa untuk membawa note atau petunjuk yang bisa anda tunjukan kepada sopir kendaraan untuk mengantar ke tujuan anda. Sopir kendaraan umum dikota ini sebagian besar sudah mampu berbahasa inggris dengan baik, namun  untuk berjaga-jaga anda bisa membawa kamus bahasa China atau buku petunjuk agar bisa berkomunikasi dengan driver untuk menunjukan kemana anda ingin pergi. Banyak kendaraan umum yang bisa anda gunakan seperti bus, kereta, atau taksi, namun jangan mencoba mencari ojek online disana karena dikota ini tidak ada jasa seperti itu. 


Buat daftar tempat wisata

Kemanapun anda ingin melakukan perjalanan wisata ada harus menegetahui destinasi wisata yang ingin anda kunjungi. Dengan membuat daftar destinasi wisata tentunya anda harus mencari informasi terlebih dahulu mengenai temapt wisatwa tersebut. Terutama mengetahui akses jalan yang akan anda lalui dan transportasinya. Persiapakan rute perjalanan yang ingin yang akan di tempuh. Tempat wisata di Zhuhai masih berada di lokasi yang mudah dijangkau dengan kendaraan umum seperti taksi, bus atau kereta.

Perhatikan waktu

Jika sudah berada disuatui tempat yang menarik kadang kita lupa bahwa sudah berada di temapt tersebut cukup lama. Setelah membuat list daftar destinasi wisata tentukan waktu berapa lama anda akan berada disana dengan mempertimbangkan jarak dan waktu tempuh dari destinasi satu ke lainya. dengan demikian anda tidak akan kehabisan waktu untuk dapat mengunjungi tempat wisata yang ingin anda kunjungi. Kota Zhuhai merupakan kota industri yang padat penduduk, bagi anda yang melakukan perjalanan dengan kereta atau bus hendaknya menyiapakan waktu cadangan sebagai antisipasi harus menunggu kendaraan lain jika kendaraan penuh. Perhatikan pula barang bawaan anda agar jangan sampai tertinggal karena akan sangat sulit untuk bisa menemukanya kemabali. Kota ini dikenal seabagi kota paling bersih, jadi jika ada barang yang tergelatak tanpa tuan itu akan dianggap sampah dan segera dibuang. 


No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.