Latest News

13 Langkah Mudah Memulai Agen Perjalanan



Narayatrip.com--Agen perjalanan membuat perjalanan jauh lebih mudah bagi Anda dengan menghilangkan semua kerepotan yang melekat ketika pembelian tiket, memilih paket yang terjangkau, dan lain sebagainya. Belakangan ini, orang menggunakan platform online untuk mencari informasi terkait perjalanan dan membeli tiket serta paket. Cara ini telah memberikan sentakan kepada agen perjalanan offline dan mengakibatkan bisnis mereka melambat.



Di sisi lain penjualan perjalanan digital telah meningkat. Di Amerika Serikat, penjualan perjalanan digital telah meningkat menjadi $ 180 miliar, yang diperkirakan akan melebihi 213 miliar pada tahun 2020. Pasar perjalanan dibanjiri dengan agen perjalanan online, termasuk Expedia dan grup Priceline, yang telah menunjukkan masa depan perjalanan online dengan menjadi agensi yang cerdas.

Tetapi masih ada ruang lingkup yang luas untuk agen perjalanan konvensional yang mendapatkan komisi dengan bekerja di lapangan. Sebuah survei menemukan bahwa pada 2015, sebagian besar agen perjalanan, sekitar 60 persen dari semua agen, telah melaporkan pertumbuhan penjualan.
Apakah Anda membuat agen perjalanan online atau agen offline konvensional, Anda perlu menjalankan hal-hal mendasar untuk merangkak menunju kesuksesan. Ingatlah bahwa agensi baru Anda memiliki pesaing dengan bisnis serupa. Bahkan mereka bisa jadi jauh lebih mapan karena modal mereka lebih besar.
Beriktu adalah langkah mudah untuk memulai memiliki dan menjalankan agen perjalanan Anda sendiri.

Temukan Cerukmu

Pertama-tama, Anda harus mengetahui ceruk pasar Anda yang merupakan aspek penting. Salah satu kesalahan yang banyak dilakukan oleh pemilik bisnis agen perjalanan baru adalah mereka ingin menjual segalanya. Dengan cara itu, mereka mengundang persaingan keras dari mana-mana. Itu bukan hal yang bijaksana untuk dilakukan untuk startup karena mungkin kurang pengalaman dan sumber daya.

Jadi, cari tahu ceruk pasar perjalanan Anda. Ketika Anda menentukan segmen pasar tertentu, Anda mengurangi persaingan karena tidak banyak operator yang aktif di dalamnya. Pasar ceruk adalah yang sangat sedikit dieksplorasi sejauh ini. Selalu ada potensi yang baik untuk pertumbuhan di dalamnya.

Apa yang bisa menjadi ceruk untuk agen perjalanan? Untuk mengetahuinya, Anda perlu melakukan penelitian yang komprehensif. Ketahui apa yang dibutuhkan oleh perjalanan baru yang sangat sedikit yang dapat dipenuhi oleh agen. Karena sangat sedikit pesaing yang aktif dalam ceruk itu, agensi Anda dapat tumbuh dengan cepat.

Misalnya, jika Anda meneliti pasar, Anda mungkin mengetahui bahwa beberapa pasangan yang baru menikah lebih suka pergi backpacking. Mereka tidak ingin menghabiskan bulan madu mereka dengan cara konvensional dan santai. Sebaliknya, mereka mencari tujuan petualangan. Jika Anda menemukan bahwa tidak banyak biro perjalanan menyediakan paket perjalanan khusus untuk pasangan seperti itu, Anda dapat mulai melakukannya. Itu mungkin niche Anda. Tetapi lakukan penelitian yang luas supaya anda mendapatkan kesempatan yang luas juga.

Buat Rencana Bisnis yang Efektif


Rencana bisnis yang efektif membuat Anda tetap di jalur yang benar. Ini memandu Anda dalam upaya Anda untuk menjalankan agensi dengan sukses. Tetapi rencana bisnis bukan tentang menetapkan tujuan secara acak dan memiliki gagasan kasar tentang apa yang akan Anda lakukan. Jauh lebih dari itu, Anda sebenarnya harus menyiapkan rencana terperinci.

Rencana bisnis Anda harus menyertakan beberapa poin penting. Itu harus didasarkan pada analisis pasar dan strategi penjualan Anda. Pastikan untuk menyebutkan persyaratan pendanaan dan proyeksi keuangan Anda. Uraian bisnis Anda harus tepat dalam rencana agar Anda memiliki gambaran yang jelas tentang tujuan bisnis Anda.

Pertimbangkan untuk memasukkan beberapa poin lainnya juga. Rencana tersebut harus menyatakan sumber daya yang tersedia bagi Anda untuk memulai agen perjalanan. Jangan lupa untuk menentukan tujuan dan sasaran bisnis Anda. Pada saat yang sama, Anda harus mengidentifikasi segala kendala yang mungkin Anda hadapi dalam mengoperasikan perusahaan. Rencana tersebut harus menyebutkan strategi Anda untuk menghilangkan rintangan.

Lakukan Branding

Branding penting untuk semua jenis bisnis termasuk agen perjalanan Anda. Branding adalah tentang menciptakan persepsi tentang perusahaan Anda dan produk atau layanan yang dijualnya.

Salah satu cara efektif untuk membangun persepsi positif adalah dengan membuat visual berkualitas tinggi seperti desain logo yang mengesankan. Rancang item lain seperti brosur, kartu nama, dan lain-lain. Pastikan warna dan tipografi semua visual sama untuk konsistensi merek. Jika Anda dapat menyampaikan pesan merek Anda dengan sukses melalui barang-barang ini, pelanggan akan berpikir positif tentang layanan Anda.

Memenuhi Persyaratan Hukum

Agen perjalanan Anda harus memenuhi persyaratan hukum. Namun, di AS proses perizinan untuk agen perjalanan mudah. Anda tidak seharusnya menjalani pelatihan, pengujian, atau proses kualifikasi apa pun. Yang harus Anda lakukan adalah mengisi formulir sederhana sejauh yang menyangkut hukum federal. Tetapi pemerintah negara bagian California, Florida, Washington, dan Hawaii memiliki perangkat hukum mereka sendiri yang harus Anda patuhi ketika Anda memulai agen perjalanan.

Hal yang sama juga berlaku di Indonesia. Sebaiknya tanyakan kepada pihak yang berwenang cara untuk mendapatkan agen perjalanan yang sesuai dengan persyaratan hukum. Anda harus meneliti hukum untuk agen perjalanan secara menyeluruh. Cara yang lebih mudah untuk mengetahui undang-undang ini adalah dengan menghubungi pihak berwenang yang akan memberi tahu Anda tentang proses pendaftaran dan lisensi.

Hal lain yang perlu diperhatikan di sini adalah Anda harus mendapatkan merek dagang untuk bisnis Anda. Logo Anda adalah merek dagang dari agensi Anda. Tapi, setelah Anda membuat logo, daftarkan secara hukum dengan otoritas terkait supaya tidak diklaim oleh orang lain.

 Dapatkan Investor


Ketika Anda memulai agen perjalanan, pastikan Anda memiliki strategi pendanaan. Anda mungkin memulai agensi dalam skala kecil atau dari rumah, tetap saja, dibutuhkan aliran uang yang konstan untuk memenuhi berbagai pengeluaran. Jika Anda ingin bekerja dari rumah, mungkin anggota keluarga Anda dapat mendukung.

Tetapi jika Anda membutuhkan kantor dan staf yang tepat serta pemasaran online dan offline, Anda mungkin mengajukan pinjaman bank. Ingatlah bahwa Anda akan membutuhkan banyak dana untuk pemasaran dan membuat materi promosi yang berbeda. Misalnya, bisnis memerlukan desain situs web profesional, yang memerlukan dana khusus.

Pilih Lokasi yang Tepat

Keberhasilan agensi Anda akan sangat bergantung pada lokasinya. Di sini, salah satu hal utama yang perlu dipertimbangkan adalah lalu lintas pejalan kaki. Pilih lokasi di mana orang sering berkumpul dan papan nama Anda terlihat oleh orang banyak dari jarak yang cukup jauh.

Orang-orang mendapatkan kesan yang baik tentang sebuah bisnis jika terletak di area yang bagus yang memiliki fasilitas seperti parkir mobil. Jika Anda tidak mampu membeli lokasi mahal, pilih lokasi nyaman.

Ingat bahwa jika agensi Anda berada di lokasi yang baik, akan sangat membantu dalam membangun citra merek bisnis yang dapat dipercaya. Selain itu, kantor Anda harus cukup besar untuk mengakomodasi jumlah karyawan Anda yang akan terus bertambah.

Promosikan Agen Perjalanan Anda

Salah satu syarat untuk pertumbuhan bisnis adalah dipromosikan secara agresif di berbagai platform. Karena tidak banyak orang yang mengenal agensi baru Anda dengan baik, Anda perlu meluncurkan kampanye promosi agresif untuk menargetkan pelanggan. Mereka harus tahu bahwa perusahaan kecil Anda ada.

Pertimbangkan semua cara pemasaran dan iklan untuk membuat orang mengetahui agensi Anda. Anda dapat mulai memberikan iklan di koran lokal atau mendistribusikan selebaran kepada orang-orang. Simpan brosur tentang bisnis Anda di kantor Anda sehingga klien dapat mengambilnya dengan mudah. Anda harus menyisihkan anggaran untuk iklan online dan offline di tingkat lokal.
Anda harus membuat banyak materi pemasaran seperti brosur dan lain-lain. Akan lebih baik jika Anda mendapatkan layanan dari seorang desainer grafis profesional. Perancang memahami cara menggunakan elemen warna dan lain-lain untuk menyampaikan pesan merek dari agen perjalanan Anda.

Tempatkan Agensi Anda Di Saluran Sosial

Bisnis modern perlu membangun kehadiran yang baik di berbagai saluran sosial. Ini karena kebanyakan orang memiliki akun media sosial seperti Twitter dan Facebook. Agensi Anda dapat menemukan klien atau pelanggan potensial di saluran ini.

Pertama-tama, buat halaman media sosial khusus Anda. Pastikan bahwa desain halaman terlihat unik dan mengesankan. Desain tampilan harus menonjol dari halaman saingan bisnis Anda. Kemudian, poskan konten tentang bisnis perjalanan Anda secara teratur. Beri tahu orang-orang tentang potongan harga terbaru dari agensi Anda atau fitur lain yang Anda tambahkan untuk pelanggan.

Fokus Pada Membangun Hubungan Pelanggan

Tidak ada bisnis yang dapat berkembang tanpa memperhatikan tanpa membangun hubungan dengan pelanggan. Agen perjalanan Anda harus mengambil langkah-langkah untuk membangun hubungan dengan berbagai pelanggan individu yang telah menggunakan agen Anda atau kemungkinan akan digunakan dalam waktu dekat.

Pastikan Anda melatih staf Anda tentang cara memperlakukan tamu Anda saat mereka menikmati liburan mereka. Koki lokal, pemandu wisata, dan pengemudi Anda semua staf harus menyadari nilai dari memperlakukan pelanggan Anda dengan baik.

Pastikan Anda melatih staf Anda tentang cara memperlakukan tamu Anda saat mereka menikmati liburan mereka. Koki lokal, pemandu wisata, dan pengemudi Anda semua staf harus menyadari nilai dari memperlakukan pelanggan Anda dengan baik.

Jika pelanggan datang dengan keluhan offline atau di situs web Anda, atasi mereka dan segera selesaikan masalah mereka. Untuk membangun hubungan pelanggan yang solid, Anda harus membuat video untuk menjawab kueri terkait perjalanan pelanggan Anda dan mengirim email kepada mereka. Bahkan, Anda akan membutuhkan banyak ide desain grafis untuk membuat bahan yang membantu Anda berhubungan dengan pelanggan.

Dapatkan Mitra


Anda tidak bisa menjalankan biro perjalanan tanpa harus menjual sesuatu. Bagaimanapun, Anda perlu menjual tiket, paket, dan lain-lain untuk para calon pelancong. Dari mana Anda mendapatkan ini? Jelas, Anda harus mendekati beberapa perusahaan perjalanan yang sudah mapan untuk izin menjual paket-paket mereka dari agen Anda. Anda perlu menjual penawaran menarik mereka untuk menghasilkan uang.

Tetapi untuk mendapatkan persetujuan mereka tidak mudah. Operator yang sudah mapan akan mengajukan banyak pertanyaan tentang agen perjalanan pemula Anda. Yang paling penting, mereka ingin tahu berapa persentase komisi yang akan dibebankan oleh agensi Anda. Karena itu, miliki persentase kompetitif sebelum anda meminta kerjasama.

Ingat bahwa agensi baru Anda mungkin tidak dalam posisi untuk menuntut komisi yang keterlaluan. Pertimbangkan juga bahwa Anda membutuhkan operator besar lebih dari yang Anda butuhkan. Tentunya, pada tahap awal bisnis Anda, pertahankan komisi Anda dan tuntutan lainnya rendah.

Poin lain untuk disebutkan di sini adalah bahwa Anda harus bisa mendapatkan rasa hormat dan kepercayaan dari mitra Anda. Setelah perusahaan perjalanan mulai tumbuh, perlahan-lahan mitra dan pelanggan akan emiliki keyakinan pada kemampuan Anda, selanjutnya para mitra atau vendor pun akan dapat mempertimbangkan permintaan Anda untuk komisi yang lebih baik.

Pertama, bangun citra merek Anda dengan mendapatkan kepercayaan dari vendor Anda. Pertahankan reputasi agensi Anda dengan menyelesaikan masalah yang terkait dengan perjalanan pelanggan Anda. Anda juga harus memikirkan membangun kemitraan dengan agensi yang menawarkan layanan desain grafis online. Anda akan membutuhkan layanan mereka untuk membuat materi pemasaran secara teratur.

Optimalkan Bisnis Online Anda

Agen perjalanan online Anda harus dapat dilihat oleh pelanggan potensial ketika mereka mengetikkan kata kunci untuk menemukan agen serupa di web. Ini disebut optimisasi mesin pencari dari sebuah situs web. Jika situs tidak muncul di hasil pencarian teratas, sebagian besar pelanggan tidak akan repot-repot mencari situs anda, namun justru akan mengklik situs yang muncul di peringkat teratas.

Karena itu, optimalkan situs web perjalanan Anda sehingga peringkatnya lebih tinggi. Namun, syarat pertama untuk optimasi adalah desain situs web Anda sempurna. Ini berarti bahwa situs tersebut harus memasukkan kata kunci di tempat yang tepat di konten web Anda. Buat strategi pemasaran konten yang kuat yang akan membantu Anda membangun audiens.

Tetapkan Tujuan Praktis

Banyak agen perjalanan menetapkan tujuan tinggi dalam antusiasme mereka untuk menghasilkan uang besar secara instan. Tetapi kebanyakan dari mereka akhirnya mencapai sangat sedikit dari tujuan yang ditetapkan.

Para ahli menyarankan bahwa agen harus menetapkan target penjualan yang realistis dan menjaganya tetap rendah ketika mereka memulai agen perjalanan. Pertama, pertimbangkan pengeluaran, biaya, pengeluaran, dan gaji pribadi Anda. Setelah menyisihkan jumlah ini, uang yang Anda dapatkan juga akan menjadi penghasilan Anda dari penjualan. Jadi, cari tahu target penjualan Anda.

Peluang Penjualan


Beberapa agen memiliki kecenderungan menunggu peluang penjualan. Ini adalah agen yang tidak ingin keluar dari zona nyaman mereka. Mereka menunggu kondisi membaik dan akhirnya kehilangan tujuan penjualan mereka.

Daripada menunggu klien memasuki pintu agensi Anda, cara yang lebih baik adalah mendekati mereka. Anda harus melakukan segalanya untuk menghubungi klien potensial Anda. Setiap kali Anda mendapat kesempatan, rebut dengan kedua tangan.

Ini adalah aspek utama yang perlu dipertimbangkan ketika merencanakan memulai agen perjalanan. Tetapi startup Anda mungkin tidak berada dalam posisi keuangan yang kuat untuk menghabiskan banyak uang dalam menciptakan banyak materi pemasaran seperti logo dan brosur.

Dalam hal ini, Anda dapat melakukan crowdsource proyek-proyek desain ini ke Designhill, pasar terkemuka untuk pemilik dan desainer bisnis kecil. Ini adalah situs untuk membuat berbagai desain dengan harga terjangkau. Situs ini menawarkan Jaminan Uang Kembali 100% bagi mereka yang menginginkan pengembalian uang.

Jadi intinya, ketika Anda memulai agen perjalanan, Anda harus mengurus banyak aspeknya. Kenali ceruk pasar Anda, siapkan rencana bisnis, dapatkan dana, cari tahu lokasi yang bagus, dan bangun hubungan pelanggan dan hal-hal lain sekaligus dapatkan izin secara sah untuk menjalankan bisnis Anda.

Sudah siapkah anda berjuang meningkatkan performa agensi anda sendiri?


No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.