Latest News

Islami Center Mosque Hong Kong, Wisata Muslim di Hongkong



Narayatrip.com--Tak hanya sektor industri dan bisnis  Hong Kong semakin dikenal sebagai negara dengan destinasi wisata yang telah mendunia. Dunia pariwisata Hong Kong sekarang ini telah mengalamai perkemabangan yang pesat. Kini Hong Kong juga mulai dikenal dengan wisata religi bagi umat muslim. Hong Kong membangun dan mengemabangkan pariwisata yang memiliki sejarah Islam yang dulunya tenggelam di negara tersebut.


Sejarah Islami Center Mosque

Masjid ini pertama kali didirikan pada tahu 1896 di lokasi Kantor Polisis Tsim Sha Sui. Pada awal pembangunan, masjid ini masih berukuran kecil dan ditujukan bagi tentara muslim dari India yang tengah bertugas di Whitfield Brake atau sekarang dikenal sebagai Taman Kowloon.

Di tahun 1974 bangunan masjid mengalami kerusakan akibat adanya kontruksi bawah tanah yang mempengaruhi pergerakan tanah di lokasi masjid tersebut berdiri. Perbaikan serta renovasi masjid baru dilakukan pada tahun 1984 setelah mendapat bantuan kompensasi dari Mass Transit Railway Corporation dan sumbangan umat muslim disekitar. Setelah renovasi masjid ini menjadi masjid terbesar di Hong Kong yang hingga kini masih ramai jamaah yang datang.

Wisata Islami Center Mosque

Islami Center Mosque atau Masjid dan Pusat Islam Kowloon berada di Nathan Road  berdekatan dengan Kowloon park, Semenanjung Kowloon. Masjid ini menjadi masjid pertama dan terbesar yang dibangun di Hongkong sebagai pusat dari peradaban muslin Hongkong di masa lalu. Dibangun oleh kaum muslim dari Angkatan Darat tentara Hong Kong pada tahun 1896 dan dirancang oleh IM Kadri yang mewakili identitas kaum muslim Hongkong, dapat manampung jamaah hingga 3.500 jamaah yang berasal dari seluruh kawasan Asia Selatan.

Masjid dan Islamic Center Kowloon memiliki luas area 1500 meter persegi. Memiliki tiga ruang shalat, ruang utama, perpustakaan, klinik kesehatan. Ruang shalat terbesar dilantai satu dapat menampung jamaah hingga jumlah 1000 orang. Ruang shalat wanita berada terpisah dengan ruang shalat laki-lai yaitu berada di lantai atas dengan kapasitas yang lebih kecil dari ruang utama.  Keindahan arsitektur didalam  masjid yang paing menawan terlihat  dari kubah dengan tinggi 9 meter dan diameter 5 meter. masjid. Dengan desain lukisan dan dinamika warna menawan yang terorot sinar matahari dari atas.

Masjid ini menjadi identitas pertama bagi kaum muslin Hongkong yang kini menjadi situs budaya muslim penting di Hongkong. Peraturan disini membolehkan siapapun memasuki masjid bagi mereka yang ingin mencari tahu tentang Islam dan perkembangan kehidupan Islam di Hongkong terutama. Banyak wisatawan dunia  yang datang untuk melihat kemegahan masjid atau mencari tahu tentang Islam.


Tak kalah menarik dengan pemandangan di dalam masjid. Pengunjung akan dibuat takjub dengan empat menara setinggi 11 meter. Masjid Kowloon daya tarik tersendiri dengan bangunanya yang berwarna merah muda, termasuk dengan kubah  dan ke empat menaranya yang terlihat menarik dari kejauhan. Kehidupan di sekitar masjid juga turut menjadi ciri khas muslim di Hongkong.  Wilayah Chung Ching Mension di samping Masjid Kowloon merupakan pemukiman pertama peradaban Islam di Hongkong. Banyak restoran makanan khas dan toko yang menjual oleh-oleh bisa anda jumpai di derah ini.

Terletak di daerah Tsi Sha Shui yang merupakan daerah terpadat di Hongkong termasuk dan sebagai wilayah populasi terbesar orang Pakistan, Asia Selatan, dan Afrika. Masjid ini memuliki sejarah besar bagi Islam di Hongkong. Hingga kini populasi umat muslim di Hong Kong terus mengalami perkembangan dan pengakuan. Terlihat tak hanya Masjid Kowloon namun juga beberapa masjid besar lainya telah dibangun dan tersebar di Hongkong. 



Kegiatan di Masjid dan Islamic Center Kowloon

Kegiatan yang dilakukan di Masjid Kowloon tak jauh beda dengan masjid-masjid lain yang ada di dunia. Selama bulan Ramadhan/ puasa masjid ini juga mengadakan buka bersama bahkan bisa dinikmati tidak hanya oleh orang Islam yang ada di sana, melainkan seluruh pengunjung yang tengah datang ke Masjid.

Pengelola masjid juga melayani bagi siapapun umat muslim yang ingin melangsungkan pernikahan disini serta kegiatan lain yang berhubungan dengan ibadah dalam  Islam. Pengelola masjid akan menyambut dan memberikan pelayanan dengan baik. Pada hari minggu, komunitas muslim Indonesia biasanya mengadakan pertemuan  rutin di Masjid Kowloon.

Jika hari jumat tiba, masjid ini akan tumpah Jama’ah ketika telah memasuki waktu shalt jumat. Jamaah yang datang dapat melebihi kapasitas masjid yakni 3.500 jamaah. Yang unik dari kegiatan Shalat Jumat disini adalah ketika Khotbah Jumat, tak selalu menggunakan bahasa Hongkong, terkadang kita bisa mendengarkan khotbah dengan bahasa India, bahasa Inggris bahkan bahasa Indonesia tergantung bagaiamana situasi yang tengah berjalan di dalam peraturan masjid. Seperti yang kita ketahui bahwa jumlah muslim Indonesia yang berada di Hong Kong cukup banyak bahkan sekarang menjadi kaum mayoritas muslim yang ada di Hong Kong.

Kini bagi muslim yang ingin berkunjung ke Hong Kong tak perlu khawatir akan diskriminasi yang mungkin terjadi saat berada disana. Karena Hong Kong telah menyediakan destinasi wisata yang diperuntukan bagi traveller muslim dari seluruh dunia yang datang.

Akses Menuju Islami Center Mosque

Anda dapat menaiki MTR dan turun di Stasium Tsim Shu Sai. Keluar dari stasiun menuju ke arah utara ke Nathan Road.




No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.