Latest News

Mengulik Sejarah Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Fasilitas Sampai Destinasi Wisata Terdekat



Narayatrip.com--Royal Hotel Ambarukmo menjadi sala satu hotel termegah  kelas bintang lima yang ada di Yogyakarta. Hotel Ambarrukmo dibangun dengan memabawa kembli nuansa kemewahan masa lalu, memadukan nuansa abad 21 yang memiliki banyak cerita bersejarah dengan teknologi modern.


Selain kemagahanya yang memukau banyak orang, Hotel Ambarukmo terletak dilokasi trategis. Berdekatan dengan pusat perbelanjaan dan restoran  serta dekat dengan bandara Adisucipto Yoggyakarta membuatnya disukai banyak wisatawan untuk menginap. Terletak di Jl. Laksda Adisupito No. 81, Yogyakarta

Hotel Ambarukmo, sebuah hotel yang paling berjaya di jaman kepemimpinan Presiden Soekarno sebagai hotel mewah berstandar intenasional pertama di Indonesia. Hotel Ambarrukmo telah dibuka pada tahun 1966 sebagai hotel paling mewah di Yogyakarta.  Pembangunan pertama pada tahun 1965 dengan panorama Gunung Merapi. Kemudian pada tahun 1974, kembali menambah bangunan yang membuat hotel ini menjadi terlihat begitu megah.

Di tahun 185-1897 hotel ini direnovasi oleh Sultan Hamengku Buwono VII sebagai Gubernur Yogyakarta, karena pada awal pembangunan hotel ini adalah untuk menjamu tamu. Namun setelah Sultan turun tahta, tempat ini menjadi tempat tinggal bagi Sultan Hamengku Buwono. Namun kemegahan tempat ini serta kompleks keraton Yogyakarta terlantar hingga tahun 2005.

Kompleks Hotel Royal Ambarukmo Yogyakarta sebelumnya adalah sebuag Pesanggrahan bagi penghuni Keraton Yogyakarta. Hal ini yang membuat Hotel Ambarukmo memiliki keterkaitan dengan Keraton Yogyakarta.  Pada awalnya pesanggrahan tersebut dibangun oleh Sultan Hamengku Buwono V sebelum akhirnya direnovasi dan berubah menjadi rumah Sultan Hamengkubuwono VII hingga wafat.

Bangunan Pesanggrahan Ambarukmo sudah mengalami beberapa kerusaan. Bagian sebelah kiri telah dibangun menjadi hotel, sedangkan bagian kanan masih tersisa sebagian hingga kini. Bagian Bale Kambang dan Pendopo  milik Keraton Yogyakarta hingga kini masih kokoh dan dijadikan sebagai heritage site dari Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta. Bale Kambang sendiri merupakan area pemandian bagi anggota kerajaan.

Nama Ambarrukmo sebenarnya sudah ada sejak abad ke-18, “ambar” berarti wangi dan “rukmo” berarti emas. Nama ini diambil dari salah satu nama pilar di Keraton Yogyakrta. Dibawah managemen Santika Indonesia di tahun 2005, kemegahan Hotel Ambarukmo dan keraton Yogyakarta mulai terlihat kembali. Beberapa bangunan mengalami perombakan  namun tidak merubah desain dalam hotel melainkan hanya mempercantik bangunan hotel. Karena sebagai peninggalan sejarah benda dan eksterior di hotel ini dilarang keras untuk dibuang. Namanyapun berubah menjadi Ambarrukmo Palace Hotel Yogyakarta.

Sejak tahun 2014, Riya Ambarrukmo menjalanakan manajenamnya sendiri tanpa di naungi oleh group operator hotel lain. Bhakan kini Royal Ambarrukmo telah memiliki anak hotel lain bernama Grand Ambarrukmo yang terletak di depan  Mall Ambarrukmo Plaza.

Fasilitas  Hotel


Kamar

Total kamar yang dimiliki Hotel Royal Ambarrukmo setelah renovasi pada tahun 2005, hingga kini berjumlah 247 kamar dan terbagi menjadi 5 tipe yang berbeda disetiap kamarnya yaitu Delux King, Grad Deluxe, Suite Room, Grand Deluxe Twin, Deluxe Twin yang menawarkan kemewahan dengan nuansa budaya yang masih dipertahankan.

Fasilitas kamar termasuk;

·         Balkon pribadi ang terdapat di setiap kamar dengan ukuran cukup luas. Menghadap ke arah kolam renang, Royal Garden, lanskap kota Yogyakrta, dan Gunung Merapi.

·         LED TV

·         Akses Wi-fi gratis

·         Meja laptop/ meja kerja di setiap kamar

·         Tempat tidur dengan kasur dan bantal premium

·         Fasilitas kamar mandi

Jenis kamar

·         Kamar Deluxe King

Kamar Deluxe memiliki luas kurang lebih 30 meter persegi dengan desain yang ditata dengan indah dan rapi.  Sebuah kamar yang elegan dengan dilengkapi AC, LED TV, brankas pribadi, pemanas air untuk kopi/teh, Wi-fi, setrika,  papan jemuran baju, rak pengering baju, minibar, lemari

Anda dapat menikmati kamar mandi pribadi yang dilengkapi dengan shower, toilet, tisu toilet, handuk, pengering rambut dan tentunya peralatan mandi yang sudah disediakan oleh pihak hotel yang bisa anda gunakan secara gratis

Kamar ini hanya memiliki satu ranjang besar untuk dua orang. Dilengkapi dengan layanan kamr selama 24 jam. Dari dalam kamar ini anda dapat melihat pemandangan kota Yogyakrta. Dengan memesan kamar ini anda dapat memperoleh pelayanan akomodasi wisata dari pihak hotel. Kamar ini memiliki harga Rp 1.021.392 per malam

·         Kamar Grand Deluxe King

Kamar dengan luas  kurnag lebih 30 meter persegi ini memiliki double bad ranjang besar. Dilengkapi dengan AC, LED TV, brankas pribadi, pemanas air, telepon, minibar, meja kerja, penanak nasi, lemari, seprai, setrika, wi-fi, rak pengering baju, jemuran baju, buah-buahan

Memiliki pelayanan kamar selama 24 jam termasuk layanan bangun tidur. Dari kamar ini anda bisa mencapai lantai atas menggunakan lift. Serta menikmati pemandangan kota Yogyakarta secara jelas dari balkon/ dalam ruangan. Kamar ini memiliki harga Rp 1.025.810 per malam

·         Suite  Excecutive Room

Kamar Suite menyediakan kamar dengan penampilan elegan nan mewah dengan luas 60 meter persegi. Kamar ini memiliki satu super king bad. Maksimal diisi oleh dua orang saja. Anda bisa mencapai lantai atas yang sudah terhubung dengan lift.

Dilengkapai dengan mini bar, meja makan, lemari, brankas, telepon, mesin kopi, pemanas air, penanak nasi, papan jemur baju, setrika, rak pengering baju, pengering rambu, meja kerja, TV satelit, brankas, buah-buahan. Juga dengan kamar mandi pribadi yang dilengkapi dengan shower/ bathub, peralatan mandi, handuk, jubah mandi, tisu toilet.

 Kamar ini dihargai Rp 4.914.000 per malam.

·         Kamar Grand Deluxe Twin

Kamar Deluxe Twin memiliki ukuran luas 30 meter peregi. Dengan  dua single bad bisa dihuni oleh dua orang saja. Dilengkapi dengan bebrapa fasilitas seperti LED TV, AC, WI-fi, lemari, setrika, pengering baju, jemuran baju, seprai,  pembuat minuman the/ kopi, brankas, telepon, meja kerja, mini bar.

Fasilitas kamar mandi pribadi yang bisa anda dapatkan antara lain shower, peralatan mandi, jubah mandi, handuk, tisu toilet. Dari kamar ini anda dapat menikmari pemandangan kota Yogyakrta. Kamar ini memiliki harga Rp 1.897.376 per malam

·         Kamar Deluxe Twin (1581600)

Kamar Deluxe Twin memiliki luas area 31 meter persegi. Memiliki dua ranjang single untuk dua orang. Fasilitas kamar  diantaranya pembuat minuman the/ kopi, brankas, telepon, meja kerja, LED TV, lemari, seprai, penanak nasi, pengering rambut, pengering baju, jemuran baju, mini bar.

Dilengkapi dengan layanan bangun tidur dan layanan kamar 24 jam. Anda dapat mencapai lantai atas yang terhubung dengan lift, layanan wifi gratis dan anda dapat menikmati pemandanan kota Yogyakarta dari sini.  Kamar ini memiliki harga Rp 1.581.600 per malam.

  Restoran


Royal Restauran Hotel Ambarrukmo memiliki masakan dengan cita rasa Indonesia, Asia dan berbagai macam makanan dari berbgai dunia. Setiap restoran memiliki nuansa unik dengan warisan budaya dan tradisi Keraton Yogyakarta

·         Samaza Restaurant

Samaza Restaurant menyediakan menu prasmanan terbaik dari Indonesia, serta makanan Asia lainya. Restoran ini memilii area tempat duduk indoor dan outdoor yang menghadap kea rah kolam renang outdoor dan Royal Garden.

Restoran ini buka setiap hari mulai pukul 06:00 sampai 11:00 malam dengan pemesanan terkahir pukul 10:00 malam. Disini juga menyediakan menu Breakfast Buffet Spread yang tersedia mulai pukul 06:00 hinga 10:00 pagi setiap harinya.

 Kolam renang outdoor dan kolam renang anak



Royal Swimming Pool adalah kolam renang ukuran besar yang dilengkapi dengan kursi utnuk bersantai lengkap dengan payungnya. Kedalaman kolam renang adalh 1,2 meter sangat aman untuk berenang. Kolam renang anak berada terpisah tepat di sebelah kolam renang dewasa

Kolam renang buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 7 malam untuk tamu. Bagi tamu yang tidak menginap akan dikenai biaya sebesar Rp 150.000 paket Pool Day Pass setiap kali berkunjung.

 Wahana bermain anak


Fasilitas ini menjadi tambahan baru di Hotel Royal Ambarukmo. Memiliki ruang yang besar untuk kenyamanan anak-anak ketika bermain, dan juga saat bersantai. Juga terdapat Kid’s Playground di luar ruangan yaitu di Royal Garden yang dilengkapi dengan kotak pasir, lapangan bermain, ayunan dan seluncuran.

Pusat kebugaran


Pusat kebugaran di Hotel Ambarukmo terletak di lantai dua. Dilengkapi dengan sauna, peralatan kebugaran modern dengan ukuran ruangan ber AC yang luas. Hotel Ambarukmo juga menyediakan layaanan spa yang bisa anda kunjungi berdekatan dengan pusat kebugaran.

 Pusat bisnis


Untuk melengkapi keperluan berbisnis, Hotel Ambarrukmo dilengkapi dengan sua Workstation Apple yang dilengkapi dengan internet, printer, dan layanan pendukung yang tersedia selama 24 jam yang terdapat di area lobi hotel.

Menyedaiakan ballroom terbesar di Yogyakarta dengan luas 1.5000 meter persegi, memiliki langit-langit setinggi 9,5 meter. Terletak di lantai dua dan mampu menampung sebanyak 2.000 orang. Ruangan ini cocok digunakan untuk acara bersar seperti konvensi, konferensi, pertemuan sosial, peluncuran produk atau acara pribadi.

Ruangan in dilengkapi dengan panggung besar serta seperangkat teknologi yang membantu melancarakan pekerjaan anda.

 Mushola


Hotel Ambarrukmo menyediakan dua area mushola. Terdapat di komplek Royal Garden dekat dengan situs warisan Kedaton Ambarrukmo sengaja dirancang untuk muslim yang ingin berdoa dan menikmati suasana alam. Sedangkan lokasi kedua berada di dalam ruangan, tersedia di dalam gedung lantai dua.

 Royal Garden


Royal Garden di Hotel Ambarrukmo menawarkan suasana alam yang damai dan sejuk. Banyak pepohonan besar dan tinggi yang sudah tumbuh sejak jama dahulu, dengan daun yang lebat dan rindah. Adapula gazebo yang bisa anda gunakan untuk duduk sambil bersantai menikati suasana alam dan kolam ikan dibawahnya.

Menyediakan layanan penyewaan sepeda bagi anda yang ingin berkeliling taman. Di Royal Garden anda bisa meemukan jalur untuk bersepeda ataupun jogging jika anda ingin berolahraga. Terdapat pula wahana bermaain anak-anak sehingga menambah kenyamanan keluarga saat menginap di hotel ini.

 Wi-fi dan area parkir gratis


Setipa ruangan di dalam Hotel Royal Amarukmo terhunung dengan W-fi. Fasilitas diperuntukan bagi tamu menginap yang bisa diakses secara gratis. Masuk ke Hotel Royal Ambarrukmo anda tidak perlu membayar biaya parkir, anda akan mendapat kartu parkir di pintu masuk area parkir sebagai jaminan kemanan kendaraan anda.

 Layanan kamar 24 jam


Hotel Royal Ambarukmo memeberian layanan receptinis bagi para tamu selama 24 jam. selain itu juga layanan kamar selama 24 jam selama anda menginap disini. Termasuk didalamnya adalah layanan cleaning service, sarapan juga layanan untuk bangun tidur.


Destinasi Wisata Terdekat


Lokasi strastegis dari Hotel Royal Ambarrukmo membuat hotel ini banyak disukai oleh wisatawan untuk menginap. Lokasinya berada cukup dekat dengan pusat keramaian dan beberpaa tempat wisata seperti berikut ini .

1.      Plaza Ambarrukmo


Plaza Ambarrukmo merupakan salah satu mall terbesar di Yogyakrata. Terletak di Jl. Laksda Adisucipto No. 80, Caturtunggal, Depok, Yogyakarta berada di barat Hotel Ambarukmo dengan jarak yang sangat dekat.

Plaza Ambarrukmo di bangun dengan perpaduan konsep arsitektur jawa klasik dipadukan dengan interior modern yang mewah. Plaza Ambarrukmo memiliki lebih dari 230 toko dari penyewa  utama seperti Carrefour, Centro Lifestyle Departement Store, ACE Hardware, Informa, Gramedia, Timezone, Cinema XXI & The Premier.

Beberapa bagian  khusus seperti butik, tempat bermain anak, salon kecantikan dan perawatan kulit, restoran/ café. Plaza Ambarrukmo juga dilengkapi dengan Phone Market Ambarrukmo (PMA) yang terletak di Lanti dasar dengan prosduk-produk ternama seperti Apple, Blacberr, Sony, LG, Oppo, dan masih banyak lagi.

2.      Museum Affandi


Museum Affandi berada di Jl. Solo Km 5, Yogyakarta atau didepan kampun UIN Yogyakrta. Museum Affandi terletak di tepi barat Sungai Gajah Uwong. Tempat ini dulunya merupakan Galeri I tempat Affandi menjual lukisan-lukisanya. Museum ini dibagi menjadi Galeri I. Galeri II dan Galeri III. 

Di Galeri I anda dapat melihat deretan lukisan karya Affandi yang penuh inspirasi semasa hidupnya. Anda juga bisa menemukan barang-barang berharga yang ditata dengan rapi. Ada sebuah mobil Colt Gallan tahun 1976 berwana kuning kehijaun yang diletakkan di ujung ruangan.

Di Galeri II anda akan melihat lukisan karya pelukis pemula maupun senior. Lukisan disini bersifat abstrak dan realistis yang bisa anda lihat dari sudut pandang yang berbeda. Di Galeri III terdapat bangunan melengkung dengan atap berbentuk seperti pelepah daun pisang. Galeri ini menjadi tempat serba guna yang bisa digunakan sebagia tempat pameran, perbaikan lukisan dan menyimpan koleksi lukisan.

Harga tiket untuk masuk ke Museum Affandi sebesar Rp 10.000 (anak-anak), Rp 20.000 (dewasa), Rp 50.000 (WNA), serta biaya tambahan jika anda membawa kmara DSLR sebesar Rp 20.000 dan untuk kamera handphone sebesar Rp 10.000. Museum Affandi buka setiap Senin-Sabtu pukul 09.00 sampai 16.00.  Dan akan tutup di hari Minggu dan tanggal merah.

3.      Gembiroluko Zoo


Gembiroluko Zoo merupakan kebun binatang paling besar di Yogyakata. Lokasinya berada di jantung membuatnya mudah untuk di akses. Berada di Jl. Kebun Raya No.2. Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta. Gembiroluko Zoo menjadi tempat wisata paling banyak dikunjungi.

Terdapat berbagia macam koleksi hewan di Gembiroluko Zoo yang bisa anda lihat. Mereka ditempatkan dalam kandang yang didesain semirip mungkin dengan habitat aslinya. Setiap kandang diberi papan informasi mengenai hewan didalamnya, sehingga selain jalan-jalan anda bisa sekaligus belajar.

Terdapat banyak wahana yang juga bisa anda coba seperti speed boat, becak air, berkeliling dengan kereta wisata, naik gajah serta berfoto dengan satwa-satwa disini. Setiap wahaan bisa anda nikmati dengan membayar biaya sebesar Rp 20.000.  sedangkan untuk harga tiket masuk ke kebun binatang ini adalah sebesar Rp 25.000 per orang. Buka setiap hari mulai pukul 08:00 sampai 17:00.



No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.