Latest News

Super Junior dan TVXQ Syuting Program Variety Jalan-jalan di Candi Prambanan


Narayatrip.com---Belum lama Ini, Candi Prambanan dikunjungi oleh Super Star dari Korea Selatan. Fans sampai heboh dan menantikan di lokasi loh. Mereka adalah member Super Junior dan TVXQ. Mereka datang di bulan Maret 2019 untuk syuting program variety show jalan-jalan. Meski syuting di bulan Maret, acara ini baru akan tayang bulan September 2019 nanti. 


Salah satu destinasi wisata terkenal Indonesia yang dikunjungi Super Junior adalah Candi Prambanan yang  merupakan salah satu destinasi wisata yang sudah sangat terkenal keberadaaanya di Yogyakarta. Tak hanya wisatwan dari dalam negeri namun banyak wisatawan mancanegara yang sengaja datang ke Yogyakarta untuk mengunjungi Candi Prambanan. Candi Prambanan merupakan candi tertinggi di Indonesia dan menjadi penginggalan sejarah Hindu di pulau Jawa. Selain ke Candi Prambanan mereka juga ke Candi Borobudur.

Lokasinya berada di jalur utama  Jl. Raya Solo-Yogyakarta No 16, Kranggan, Bokoharjo, Sleman, Yogyakrta. Lokasinya yang strategis berada di jalan utama membuat Candi Prambanan mudah dijangkau dengan berbagai kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Jarak antara Candi Prambanan dengan Bandara Adisucipto hanya sekitar 15 menit ditempuh dengan kendaraan bermotor. Berikut beberapa cara akses menuju ke Candi Prambanan dari Bandara Adisucipto.

Bus Transjogja

Dari Bandara Adisucipto anda bisa naik bus transjogja dari shalter Bandara yang berada di dekat tempat parkir mobil bandara. Transjogja merupakan sistem transportasi bus ber-AC dengan harga murah  dan beroperasi di seputar kota Yogyakarta. Beberapa destinasi yang bisa anda kunjungi dengan bus tranjogja seperti Candi Prambanan, Keraton Yoyakarta, Malioboro, Museum Affandi dan beberpa tempat lainya.

Beberapa titik penting  dikota Yoggyakarta yang terhubung dengan sistem transjogja antara lain; Stasiun Tugu Yogyakarta, Terminal Giwangan sebagai  pusat jalur transportasi bus antar propinsi dan regional, Terminal Condong Catur, Terminal Jombor, Terminal Prambanan dan Bandara Adi Sucipto. Bus transjogja mempunyai jalur perjalananya masing-masing. Petugas shalter biasanya akan menanyakan kemana tujuan anda dan menunjuka jalur bus yang harus anda naiki.

Transjogja menerapkan sistem tertutup yang artinya penumpang tidak bisa meniki bus tanpa melati gerbong / shalter pemeriksaan. Selain itu transjogja menrapkan pembayaran yang berbeda diantara sekali jalan dengan sistem cash, tiket berlangganan pelajar dan berlangganan umum berupa kartu pintar. Kartu tersebut nantinya akan diperiksa melalui mesin untuk melakukan proses pembayaran.

Dari shalter Bandara anda bisa naik transjogja rute 1A yang menghubungkan terminal Prambanan- Bandara Adisucipto- Stasiun Tugu Yogyakarta- Malioboro- Jec. Jalur jalan yang akan dilewati jika anda dari bandara adalah Bandar Adisucipto- S5. Kalasan-  Terminal Prambanan. Dari Terminal Prambanan anda bisa melanjutkan dengan jalan kaki sekitar 150 meter (5 menit) untuk masuk ke Candi Prambanan, Candi Prambanan berada  tepat di seberang terminal.


Taksi

Jika anda berada di Bandara Adisucipto dan ingin menuju ke Candi Prambanan menggunakan taksi anda harus keluar dari area bandara terlebih dahulu karena tidak ada taksi yang akan lewat atau menunggu penumpang di dalam area bandara. Keluar dari bandara dari pintu timur  anda bisa menemukan beberapa taksi yang sedang menunggu penumpang berjajar di tepi jalan.  Anda bisa langsung menaikinya dan mengatakan pada sopir untuk mengantarkan anda ke Candi Prambanan. Sopir taksi akan mengantarkan anda sampai pintu masuk loket Candi Prambanan.

Kini di Bandara Adisucipto sudah ada mesin Kios-K yang berfungsi untuk memesan taksi yang berada di area pegambilan bagasi Terminal A. Penumpang yang baru turun dari pesawat bisa memesan taksi dari mesin ini. Anda diberikan kebebasan utuk memeilih operator taksi dan kendaraan umum lain sekaligus tarif sesuai dengan jarak tujuan yang dipilih. Setelah memesan, anda akan mendapat struk kode booking yang telah dicetak.

Setelah itu yang harus anda lakukan adalah melakukan proses pembayaran dikasir di area lobi Terminal A Kedatanggan. Bukti pembayaran tersebut nantinya diserahkan kepada sopir taksi atau kendaraan umum lain yang akan mengantar ketujuan anda. Setelah melakukan pembayaran kemudian anda akan diarahkan menuju ke pick up zone parkir utara melalui jalur underpass. Hingga kini telah disediakan 455 unit kendaraan umum yang bekerja sama dengan pihak bandara.

Sekarang ini sudah banyak taksi online atau ojek online yang bisa anda pesan melalui ponsel anda. Jika anda ingin menggunkan jasa taksi/ ojek online anda harus berjalan terlebih dahulu ke barat  Imigrasi Yogyakarta yang berada di Sebalah bandara. Hal ini dikarenakan bandara merupakan zona merah bagi taksi online maupun ojek online lainya yang berarti tidak mengijinkan taksi online untuk menjempu penumpang dari bandara. Taksi atau ojek online hanya boleh mengantar penumpang di zona merah.  Dengan cara ini sedikit menghemat budget anda daripada naik taksi konvensional pada umumnya. Namun anda harus sedikit bersabar untuk mendapatkan driver anda melalui aplikasi. Perjalanan menuju ke Candi Prambanan bisa anda tempuh selama 15 menit dengan taksi.

Ojek Motor

Selain bus transjogja dan taksi, anda juga bisa menggunakan jasa ojek motor yang mangkal di sebelah timur bandara. Jika anda tidak membawa barang terlalu banyak, ojek motor bisa menjadi pilihan anda untuk menuju ke Candi Prambaban. Selain itu derngan menggunakan ojek motor anda dapat menghindari kemacetan jalan. Terutama saat musim liburan jalan Yogyakarta menjadi sangat padat kendaraan. 

Saat anda ingin menggunakan jasa ojek dari bandara anda harus menyiapkan kocek sekitar 20-30 ribu untuk bisa sampai ke Candi Prambanan. Biasanya driver ojek disini akan memasang tarif yang terbilang cukup mahal terutama jika anda tidak menanyakan tarifnya terlebih dahulu.


No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.