Latest News

Transportasi Menuju Bandara Kulonprogo



Narayatrip.com--Seiring  dengan pembangunan Bandara Baru Kulonprogo yang hingga kini masih dalam proses pembangunan, Organisasi Angkutan Darat (Organda) DIY mulai mempersiakan angkutan pendukung  terhadap Bandara Baru Kulonprogo. Kementrian Perhubungan kini sedang mempersiapkan akses transportasi dari Yogyakarta menuju Bandara Baru Kulonprogo. 

Organda DIY juga menyiapkan jalur menuju ke Yogyakarta melalui Palbapang dan Bantul. Sistem transportasi ini diharapkan mampu meningkatkan berbagai pusat kegiatan pendidikan, kesehatan, perkantoran, perdagangan dan tentunya parwisata di wilayah Kulonprogo. Sistem transportasi yang akan dikembangkan diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat lokal di Kulonprogo.

Berikut adalah  trasnportasi yang akan  menjadi modal transport menuju ke Bandara Baru Kulonporgo


Kereta Api


Kementrian Perhubungan tengah memepersiapkan akses kereta dar Yogyakarta menuju ke Bandara Baru di Kulonprogo. Pihaknya telah mempersiapkan jalur kereta dari stasiun Kedundang menunju ke Bandara dan menjalin kerjasama dengan pemerintah Jawa Tengah untuk pengadaan jalur kereta menuju ke Bandara dari Stasiun Wojo di Purworejo.

Dipersiapkan dua jalur kereta untuk memudahkan penumpang menuju ke bandara. jalur pertama (jalur reguler) yaitu  dari Stasiun Maguwo menuju ke Stasiun Tugu dan berhenti di Stasiun Wojo. Jalur kedua (langusng menuju Bandara) yaitu  dari Stasiun Maguwo menuju ke Stasiun Tugu berhenti di Stasiun Kedundang. PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah mempersiapkan dua kereta khusus yang nantinya akan digunkan untuk melayani penumpang jalur bandara.

Akses menuju Bandara Baru Kulonprogo dengan kereta api maupun jalur darat lain siap digunakan pada April 2019 mendatang. Untuk jalur kereta semenntara menggunaka jalur Stasiun Wojo terlebih dahulu sambil menunggu pembangunan jalur di Stasiun Kedundang Baru. Waktu tempuh dari Stasiun Tugu Yogyakarta menuju ke Stasiun Wojo adalah sekitar 45 menit dan dari Stasiun Wojo menuju ke bandara 10 menit. Akses jalan kedua jalur alternatif juga telah dipersiapkan sangat memadai dari arah Yogyakarta.  

Rencana pembangunan jalur kereta api Stasiun Kedundang hanya berjarak 5,3 Km dari bandara baru tersebut. Penyelesaian pembangunan dan uji ciba jalur kerete Stasiun  Kedundan ditargetkan pada tahun 2020.


Bus


Perum Damri telah menyiapkan rute khusus untuk melayani penumpang tujuan Bandara Baru Kulonprogo. Damri membuka rute perjalanan dari Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, Cilacap, dan Jawa Tengah menuju ke Bandara Kulonprogo. Damri juga telah menyiapkan rute dari Stasiun Wojo, Purworejo menuju ke Bandara Baru Kulonprogo. Damri telah dipersiapkan untuk melayani 4 trayek menuju Bandara yaitu ke Yogyakarta, Stasiun Wojo, Kebumen, dan Magelang.

Trayek atau rute bus Damri Bandara Baru Kulonprogo adalah sebagai berikut: 

  • Bandara- Yogyakarta  dengan jarak 52 Km, diperkirakan waktu tempuh  perjalanan selama 90 menit dengan jadwal keberangkatan setiap 30 menit. 
  • Bandara — Stasiun Wojo dengan jarak 6 Km, diperkirakan waktu tempuh selama 10 menit dengan jadwal keberangkatan setiap 15 menit. 
  • Bandara- Magelang (Borobudur) dengan jarak 58 Km, diperkirakan waktu tempuh perjalanan selama 100 menit, dengan jadwal kebernagkatan setiap 1 jam. 
  • Bandara- Kebumen (melalui Purworejo) dengan jarak 57 Km, diperkirakana waktu tempuh perjalanana selama 98 menit dengan jadwal kebernagkatan setipa 1 jam. D

Selain itu diadakan pula jalur nasional dan jalur lingkar selatan  yang menghubungkan kota di sekitar DIY. Jalur nasional ini nantinya akan dilebarkan menjadi enam jalur dari semula hanya ada empat jalur. Jalur Lingkar Selatan yang akan dibangun adalah disepanjang pesisir pantai selatan Jawa. Jalur ini akan dimulai dari Cilacap, Jawa Tengah, Pacitan, Jawa Timur. Wilayah kota atau kabupaten yang akan dilewati jalur ini antara lain Imogiri, Wonosari, Bantul, Gunung Kidul, Kulonprogo, Purworejo dan Kebumen.

Selanjutnya askes jalan utama dari Yogyakarta- Bantul- Srandakan- BrosotTOyan- Temon juga ikut dibangun menjadi Jalan Provinsi. Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral DIY akan meningkatkan lebar jalan di ruas BrosotToyan sepanjang 13,5 Km dari semula 5,5 meter menjadi lebar standar yaitu 7,5 meter sepanjang 8,5 Km. Sedangkan sisanya sepanjang 5 Km akan diselesaikan paling lambat tahun 2020.

Untuk saat ini Damri telah memiliki tiga trayek perjalanan yaitu dari Bandara Adisucipto ke Magelang, Bandara Adisucipto ke Kebumen (melalui Purworejo), Bandara Adisucipto ke Kulonprogo. Rute tersebut tidak akan  dihilangkan ketika Bandara Baru Kulonprogo sudah beroperasi. Dan apabila permintaan jumlah unit dan trayek bertambah Damri akan dengan segera merealisasikanya.


Taksi


Selain kereta dan bus pihak Organda DIY  juga tengah mempersiapkan penataan taksi sebagai transportasi Bandara Kulonprogo. Hal ini sesuai dengan harapan Gubernur DIY  yang menginginkan supaya taksi di Yogyakarta tidak hanya menjadi penonton namun juga bisa ikut berkontribusi melancarkan transportasi bandara.

Taksi tersebut nantinya akan diberi perbedaan khusus dengan taksi yang kini sudah  beroperasi. Telah dipersiapkan 10 jalur bagi penumpang yang ingin menuju ke bandara. 

Diantaranya trayek jalur selatan dimulai dari Gunung Kidul melewati Panggang- Saptosari dan trayek jalu tengah Yogyakarta- Wonosari. Untuk trayek ke arah kota Yogyakarta akan ada di beberapa titik seperti Terminal Giwangan, Terminal Condong Catur, Terminal Jombor, Jl. Wates, Gamping, dan Sleman. Nantinya akan dibangun Park and Rice di Jl. Wates yang akan menjadi sentral penting bagi transfer penumpang.




Jika anda membutuhkan orgnizer untuk mengurus perjalanan anda, anda dapat memilih Naraya Trip Planner. 
Silahkan anda hubungi tim Naraya Trip Planner.  
Admin: 085700474743 (WIDI)
Pantau terus info lainnya di narayatrip.com
IG @naraya_trip_com


ps: Naraya Trip Planner selalu terbuka dengan keperluan traveller yang ingin solo traveling atau group travelling, terbuka juga untuk privat trip ataupun open trip. 

No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.