Latest News

Tempat Angker yang Menjadi Destinasi Wisata Yogyakarta



Narayatrip.com--travellers mungkin tidak menyadari bahwa tempat wisata di Yogyakarta berikut ini merupakan tempat wisata yang dianggap angker oleh warga lokal Yogyakarta. Meski demikian, tempat wisata ini menjadi destinasi wisata Yogyakarta yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatwan, baik wisatawan domestik maupun luar negeri. 

Pantai Parangtritis

Pantai parangtrisis merupakan pantai paling terkenal di kota Yogyakarta.  Pantai ini berada di wilayah selatan kota, sekitar 27 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Ombak besar khas pantai selatan, pemandangan matahari tenggelam dan tebing batu kapur disisi timur pantai menjadi alasan pantai ini menjadi destinasi wisata yang sering dikunjungi wisatwan. Tak jarang pantai ini digunakan sebagai lokasi prewedding pasangan yang ingin menikah.

Dibalik keindahan pemandangan pantai, pantai ini menyimpan cerita mistis didalamya. Kisah mistis yang paling terkenal disini adalah tentang Kerajaan Laut Selatan Nyi Roro Kidul. Menurut kepercayaan masyarakat setempat Nyi Roro Kidul merupakan penguasa laut selatan jawa. Pantai parangtritis dipercaya sebagai pintu gerbang menuju ke alam gaib laut selatan. Disini sering diadakan upacara adat labuhan yaitu pemberian sesaji kepada Nyi Roro Kidul,upacara  adat ini sudah dilakukan sejak jaman Sultan Hamengkubuwono I sebagai media sultan untuk bisa berkomunikasi dengan Nyi Roro Kidul.

Pengunjung yang datang kepantai ini juga dilarang menggunakan baju atau pakaian berwarna hiijau. Hal ini karena warna hijau merupakan warna kesukaan Nyi Roro Kidul. Menurut kepercayaan ratu kidul akan mendatangkan ombak besar untuk menyeret orang tersebut dan mejadikanya pelayan di kerajaan lautnya. Besarnya ombak Pantai Parangtritis  memang sudah sering menyeret wisatwan, bahkan dari pihak pengelola sudah melarang wisatawan untuk berenang di pantai karena ombaknya yang tidak stabil.



Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg dibangun pada masa pemerintahan Gubernur Jendral Belanda  Wh Van Ossenberc, dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1970. Kini menjadi sebuah museum dan menjadi lokasi wisata di Yogyakarta. Lokasinya berada di kawasan Nol Kilometer Yogyakarta. Disini juga sering diadakan panggung acara seni atau pameran.

Benteng Vredeburg ini dulunya merupakan tangsi militer belanda sebagai tempat untuk mengurung tawanan belanda termasuk para pengikut Pangeran Diponegoro dan kaum bangsawan Keraton yang tidak mengikuti aturan belanda. Benteng ini juga dikelilingi parit yang dalam dan jembatan gantung, akan sulit bagi tawanan yang ingin melarikan diri.

Benteng Vredeburg kini selalu ramai pengunjung setiap harinya. Namun ternyata tempat ini masih menyimpan kisah mistis yang sampai sekarang Benteng Vredeburg dipercaya sebagai tempat angker. Konon benteng ini di huni oleh hantu wanita (noni belanda) berkaki kuda. Terkadang muncul pasukan serdadu berseragam kompeni yang muncul tanpa kepala. Cerita mistis ini didapat dari seoarang tukang becak dan penjaga stnad pameran ketika mereka tengah bekerja disana.


Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta merupakan tempat tinggal bagi Sultan Ngayogyakarta Hadiningrat atau Sultan Hamengkubuwono sebagai pemimpin kerajaan. Keraton Yogyakarta termasuk bangunan tertua di Yogyakarta yang menyimpan banyak peristiwa sejarah di zaman kerajaan.  Berlokasi di Jl. Rotowijawan No.1, Panembahan, Keraton, Yogyakarta. Keraton Yogyakarta telah dibangun sejak tahun 1950.

Keraton Yogyakarta sebagai tempat tinggal keluarga sultan, sebagian tempatnya difungsikan sebagai museum yang dibuka untuk umum sebagai objek wisata. Anda bisa  menemukan berbagai benda koleksi kerajaan yang didapat dari raja-raja Eropa pada jaman dahulu, miniatur keraton dan gamelan jawa. Keraton Yogyaakarta juga dipercaya dihuni oleh makhluk gaib sebagai penjaga wilayah keraton.

Keraton Yogyakarta diakui masyarakat sebagai tempat keramat sehingga bagi siapapun yang ingin datang ke tempat ini harus dengan hati bersih dan niat yang baik. Masyarakat jogja percaya jika pengunjung memiliki niat jahat dia akan bernasib sial dan akan diganggu oleh jin penunggu keraton.

Cerita mistis lain adalah saat malam tiba akan terdengar lantunan musik gamelan yang berasal dari arah keraton. Cerita lain yang sering dibicarakan masyarakat adalah kereta kuda milik keraton Yogyakarta bisa berpindah tempat dengan sendirinya.




Gereja Ghotic Sayidan

Gereja Ghotic Sayidan adalah bangunan bergaya Eropa yang berlokasi di daerah Sayidan, tepatnya di Jl. Prawirodirjan, Gondomanan, Yogyakarta. Bangunan ini bukanlah sebuah gereja namun hanya  bangunan bekas hunian dan pabrik batik. Setelah lama ditinggal oleh penghuninya bangunan ini aura mistis didalamnya dan banyak penampakan yang sering muncul dari dalam rumah. 
Rumah ini dimiliki oleh keluarga Tionghoa yang dibangun pada tahun 1980-an. 

Kini setelah ditinggalkan oleh pemiliknya beberapa bagian bangunan ini mengalami kerusakan dan ditumbuhi oleh tumbuhan merambat. Bangunan ini tidak telihat seram namun menarik untuk dikunjungi karean lokasinya berada di tegah-tengah pemukiman warga membuat bangunan ini terlihat gagah.

Baru-baru ini tempat ini menjadi tujuan wisatawan sebagai spot foto menarik. Namun anda tidak bisa masuk kedalam bangunan karean pintu gerbang sudah terkunci sejak lama. Anda bisa mengambil foto dari arah depan yang kini dikelola oleh warga setempat sebagai spot wisata.


Goa Jepang Jogja


Goa ini berada di kaki gunung merapi, bisa anda temukan di wisata alam Nirmolo Kaliurang. Lokasinya berada di Blambangan, Jogotirto, Bernah, Sleman, Yogyakarta. Untuk mencapainya dari pintu masuk Nirmolo Kaliurang pengunjung harus menempuh perjalanan lagi selama 45 menit. Goa ini dulunya digunakan sebagai tempat tinggal dan tempat berlindung tentara sekutu. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang menyukai wisata petualangan. Selama perjalanan menuju ke Goa Jepang anda bisa melihat Gunung Merapi dengan sangat jelas.

Disana terdapat beberapa pemandu wisata yang siap menemani anda untuk menyusuri setiap sudut goa. Dengan biaya yang relatif murah pengunjung bisa mendapatkan fasilitas penerangan sekaligus ditemani oleh pemandu wisata. Jika anda bukan seseorang yang berani dengan hal-hal mistis sebaiknya anda ditemani oleh pemandu, karean didalam goa ini dulunya digunakan sebagai lokasi penyiksaan warga peribumi oleh tentara Jepang. Oleh karena itu tak jarang terlihat penampakan makhluk gaib.



Jika anda membutuhkan orgnizer untuk mengurus perjalanan anda, anda dapat memilih Naraya Trip Planner. 
Silahkan anda hubungi tim Naraya Trip Planner.  
Admin: 085700474743 (WIDI)
Pantau terus info lainnya di narayatrip.com
IG @naraya_trip_com



ps: Naraya Trip Planner selalu terbuka dengan keperluan traveller yang ingin solo traveling atau group travelling, terbuka juga untuk privat trip ataupun open trip. 

No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.