Latest News

Tempat Wisata di Yogyakarta, Spot Terbaik untuk Foto dan Kenal Budaya Lokal



Narayatrip.com--Tak hanya menjadi kota pelajar dan kota gudeg, yogyakarta kini menjadi kota wisata dengan banyak destinasi menarik untuk dikunjungi.
Tak hanya wisatwan dari Indonesia saja, banyak turis manca negara yang sengaja datang ke Yogyakarta untuk berlibur. Mulai dari wisata alam, wista kuliner, tempat bersejarah bisa anda kunjungi di Yogyakarta.

Berikut beberapa tempat wisata  yang bisa anda kunjungi saat berada di Yogyakarta.

Taman Sari

Taman sari emrupakan sebuah situs taman peninggalan sejarah Hindia Belanda yang berada di kompleks Keraton Yogyakarta. Taman ini dibangun pada zaman Sultan Hamengkubuwono I pada tahun 1758.  Luas taman seluruhnya lebih dari 10 hektar dengan 157 bangunan didalamanya. 

Dahulu taman  ini membentang dari barat daya kompleks kedhaton sampai ke tenggara kompleks magangan. Bangunan yang kini tersisa hanya berada di sisi barat daya kedhaton.

Taman Sari terbagi menjadi 4 area. Area pertama merupakan sebuah danau  buatan yang terletak di sisi bagian barat. Bagian kedua berada tepat setelah pintu masuk adalah Pemandian Umbul Binangun, sebuah kolam pemandian  keluarga kerajaan. Area ini dikelilingi oleh tembok yang tinggi menjadi area paling ramai dikunjungi wisatawan.  

Area ketiga berada di sebelah selatan Pemandian Umbul Binangun adalah Pesarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati. Area terakhir adalah Magangan, bagunanya terdiri dari sebuah danau buatan beserta bangunan di tengahnya disebut dengan Polu Kinopeng.

Taman sari terletak di JL. Kopmlek Taman Sari, Kraton, Patehan, Yogyakarta.  Anda bisa mengikuti arah petunjuk jalan dari pusat kota untuk sampai ke Taman Sari atau mengikuti akses jalan dari maps. Taman sari dibuka setiap hari mulai pukul 08:00 sampai 17:00 WIB. Harga tiket masuk perorang adalah Rp 5.000/ orang untuk wisatwan domestik dan Rp 10.000/org untuk wisatawan asing.



The Lost World Castle
The Lost World Castle berada di Desa Kepuherjo, Sleman, Yogykarta. Kastil ini dibangun di atas tanah seluas 1,3 hektar untuk mengingatkan pada peristiwa erupsi Gunung Merapi beberapa waktu silam. Sesuai dengan namanya The Lost World Castle, bangunan ini menggambarkan bagaimana erupsi Gunung Merapi yang menyebabkan  kota Yogyakarta dan sekitarya seperti hilang dan juga castle ini juga bisa hilang dalam sekejab jika terkena letusan Gunung Merapi.

Castle ini memiliki desain bangunan seperti pada benteng takesi. Selain itu terdapat beberapa spot foto menarik yang wajib untuk diabadikan. Dari sini anda juga dapat melihat keagungan Gunung Merapi dengan jelas yang bisa anda jadikan sebagai background foto anda. Tersedia juga lukisan 3D sebagai spot foto yang menarik.

Akses menuju ke sini cukup mudah anda bisa menggunakan kendaraan motor atau mobil. Anda cukup mengambil arah jalan menuju ke Kaliadem, Kaliurang dari arah kota. Mengikuti jalan tersebut anda akan menemukan sebuah gapura bertulisak The Lost World Castle. Harga tiket masuk untuk masuk ke The Lost World Castle adalah Rp 25.000/ orang. Buka setiap hari mulai pukul 08:00 sampai 17:00 WIB.



Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia yang terdaftar di UNESCO sebagai situs warisan budaya dunia. Candi Prambanan dibangun pada masa Dinasti Sanjaya pada abad ke-9 atau pada tahun 865 Masehi. Candi Prmabanan dibangun sebagai wujud penghormatan kepada dewa utama Hindu yaitu Dewa Shiwa, Dewa Brahma dan Dewa Wisnu. 

Candi Prambanan memiliki enam bangunan candi besar dengan tiga candi utama sebagai candi inti sebagai rumah dari para dewa. Disekelilingnya terdapat 20 candi kecil dan candi apit di setiap ujung komplek yaitu di sisi barat, timur, utara dan selatan yang menurut umat Hindu sebagai pelindung candi untuk menolak energi negatif dari luar. Di dalam tiga candi utama yaitu Candi Shiwa, Candi Brahma dan Cansi Wisnu anda bisa menemukan patung dari masing-masing dewa. Khusus di dalam Candi Shiwa selain patung dewa Shiwa anda juga bisa menjumpai beberapa patung lain yaitu Agastya (Maha Guru) , Ganesha (Putra Dewa Shiwa) dan Dewi Durga /  Roro Jonggrang (istri Dewa Shiwa).

Disebelah barat komplek candi terdapat sebuah panggung hiburan yang sering menampilkan cerita Ramayana yang mengisahkan tentang Rama dan Shinta. Akses menuju ke Candi prambanan sangat mudah. Anda bisa menaiki bus perkotaan yang bisa anda tumpangi dari shalter yang tersebar diseluruh kota Yogyakarta. Harga tiket masuk ke Prambanan sebesar Rp 40.000/ orang dan untuk wisatan luar negeri sebesar Rp. 368.000/ orang.

Puncak Pinus Becici

Puncak Pinus Becici merupakan hutan lindung yang di kelola oleh RPH (Resort Pengelolaan Hutan) Mangunan. Lokasinya berada di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Bantul atau sekitar 30 menit dari pusat kota Yogyakarta. Puncak Becici merupakan salah satu  dari tujuh spot wisata di Mangungan yang dikelola oleh masyarakat sebagai tempat wisata.

Puncak Becici adalah hutan pinus yang memiliki luas tanah 4,4 hektar dengan udara yang sangat sejuk dan hawa yang dingin. Terdapat banyak spot foto menarik yang disediakan disini. Anda akan menemukan banyak ornamen seperti rumah hindian kuno yang terbuat dari ranting yang disusun dengan rapi. Pada malam hari pemandangan dari sini terlihat lebih cantik dengan sorotan lampu yang ada di setiap spot foto dan area lain serta pemandangan lampu kota yang bisa dilihat dari kejauhan.

Biaya yang anda butuhkan untuk masuk kesini adalah untuk parkir Rp 3.000/ motor, Rp 10.000/mobil dan Rp 20.000/ bus. Biaya tambahan untuk camping Rp 5/000/orang , gardu pandang Rp 2.000/ orang. Untuk tiket masuk anda tiidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis.




Jika anda membutuhkan orgnizer untuk mengurus perjalanan anda, anda dapat memilih Naraya Trip Planner. 
Silahkan anda hubungi tim Naraya Trip Planner.  
Admin: 085700474743 (WIDI)
Pantau terus info lainnya di narayatrip.com
IG @naraya_trip_com


ps: Naraya Trip Planner selalu terbuka dengan keperluan traveller yang ingin solo traveling atau group travelling, terbuka juga untuk privat trip ataupun open trip. 

No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.