Latest News

Restoran Legendaris di Yogyakarta, House of Raminten Nomor Satu


Narayatrip.com--Ketika anda mengingat Yogyakarta, apa yang anda ingat pertama kali? apakah angkringannya atau Tugu Yogyakartanya? 

Ada banyak destinasi wisata di Yogyakarta yang layak untuk anda kunjungi kapan saja karena memiliki pemandangan yang indah. Ada banyak wisata kuliner juga yang menyajikan masakan khas Yogyakarta, Jawa, dan Sekitarnya. Kalau anda tertarik untuk berwisata kuliner di Yogyakarta, berikut merupakan restoran legendaris di Yogyakarta yang harus anda coba. 

House of Raminten

House of Raminten sudah berdiri sejak desember 2018 dan hingga kini masih bertahan dan merpakan restoran hits di kalangan warga Yoggyakarata dan juga wisatwan yang datang ke Yogyakarta. Restoran ini berada di Jl FM Noto NO.7 Kotabaru, Yogyakarta. Kini telah memiliki cabang di Jl. Kaliurang km 15,5 , Yogyakarta.

 Restoran ini menyajikan sajian khas jawa sebagai menu andalanya seperti nasi kucing, brongkos, wedang serai, sate lilit dan beberapa menu lainya. Desain interior dari restoran ini juga cukup unik  dengan mengusung tema tradisional jawa. Tak hanya desain ruanganny anamun juga denga para pelayan disini. Mereka menggunakan konsum jawa kuno saat bekerja melayani pelanggan. Masuk ke dalam restoran anda akan mendengarkan lantunan gending jawa yang akan menambah kental suasana jawa. Selain itu disetiap sudut ruangan di restoran ini terdapat kembang yang sengaja di letakan dan bau wewangian khas dari jawa.

Satu hal yang menarik adalah anda harus membunyikan kentongan yang sudah di sediakan di masing-masing meja untuk memanggil pelayan. House of Raminten buka selama 24 jam setiap hari. Bagi anda yang sedang berada di Yogyakarta atau sedang berlibur  wajib untuk datang ke restoran legendaris ini untuk makan sembari menikmati suasana jawa otentik yang sudah jarang di temukan.



Sate Klathak Pak Pong

Bukan hanya Gudeg, yogyakarta masih memiliki banyak makanan lain yang wajib anda coba ketika berada di kota Yogyakarta, salah satunya adalah Sate Klathak. Restoran sate Klathak yang cukup terkenal di Yogyakarta adalah Sate Klathak Pak Pong. Sate Klpathak Pak Pong berada di Jl. Sultan Agung No.18, Jejeran II, Wonokromo, Pleret , Bantul  sudah berdiri sejak 1960 . Sate klathak pak pong menjadi warung makan yang cukup legendaris dan menajdi favorit para pecinta sate di Yogyakarta.

Warung makan ini dibuka setiap hari mulai pukul 09:00-23:00 WIB. Warung sate Pak Pong tidak hanya menjual sate Klathak saja, beberpa menu lain seperti tengkleng, tongseng, nasi goreng juga tersedia disini. Harga satu porsi sate Klathak diwarung ini mulai Rp 20.000/ porsi.  Yang unik disini adalah tusuk sate tidak tebuat ari bahan bambu atau kayu seprti biasanya namun tusuk sate menggunakan ruji/ jari-jari roda sepeda. Pengunjung juga  bisa melihat langsung cara mengolah sate klathak saat karyawan  disini tengah menusuk daging kambing sebagai bahan utamanya.

Dilihat dari depan, tempat ini terlihat kecil dan sederhana namun setelah memasukinya ruangan didalam warung makan ini terbilang sanagat luas dengan dua bagian ruang makan yaitu lesehan dan meja duduk. Sehingga meskipun pelanggan yang datang banyak, warung makan ini tetap mampu menampung pelanggan tanpa mengurangi rasa nyaman didalam. Selain itu palayanan disini cukup cepat sehingga pelanggan tidak dibuat bosan untuk menunggu.



Gudeg Pawon

Gudeg adalah makanan yang menjadi ikonya kota Yogyakarta. Banyak sekali warung makan gudeg yang bisa anda temui saat berada di Yogyakarta. Berkunjung ke kota gudeg rasanya tak lengkap jika tidak menikmati gudeg khas dari Yogyakarta. Gudeg Pawon menjadi salah satu rumah makan legendaris gudegdi yogyakarta yang sudah berdiri sejak tahun 1958 milik keluarga Sumarwoto. 

Gudeg Pawon berlokasi di Jl. HI. Prof DR Soepomo, Janturan, Umbulharjo, Yogyakarta beroperasi mulai pukul 22:00 malam sampai habis. Keistimewaan dari tempat ini adalah pengolahan makananya menggunakan tungku katyu bakar. Penggunaan kayu bakar untuk memasak gudeg diyakini mampu menambah citarasa gudeg menjadi lebih khas. 

Konsep rumah makan ini menggunakan pawon (dapur) sebagai tempat mengambil makanan bagi pengunjung. Pengunjung dapat mengambil sendiri menu gudeg yang diinginkan.

Gudeg pawon sudah terkenal dengan kenikmatan rasanya, bahkan  banyak pengunjung yang rela mengantre dari jam 20:00 padahal warung ini baru buka mulai pukul 22:00. Anda harus rela mengantre lama agar tidak kehabisan gudeg pawon, karena biasanya tak kurang dari satu jam setelah buka gudeg pawon akan ludes terjual.


Manggut Lele Mbah Marto

Manggut lele adalah makanan olahan lele berupa ikan lele yang diasap dan disajikan bersama kuah santan kuning. Manggut Lele Mbah Marto menjadi salah satu kuliner tetua di Yogyakarta. Mbah Marto mulai berjualan manggut lele mulai dari tahun 1960-an. Lokasinya berada di Jl Ngireng-ireng Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta tepatnya di belakan kampus Institut Seni Indonesia (ISI),  beroperasi setiap hari mulai pukul 10:00 sampai 16:00.

Direstoan ini pengunjung tidak hanya bisa menikmati mangut lele saja namun juga bisa melihat secara langsung proses pembuatanya. Pengunjung dapat melihat proses memasak manggut lele yang menggunakan kuali besar di atas tungku. Pengolahan makanan disini masih menggunakan cara tradisional yaitu dengan menggunakan kayu bakar. Pengunjung dapat mengambil makanan yang sudah disediakan diatas amben (kursi bambu) yang ada di dapur.

Restoran ini tidak hanya menyediakan menu mangut lele, beberapa menu lain juga tersedia disini bisa anda nikmati seperti opor ayam, lele asap, gudeg, krecek dan masih banyak makanan lainya. Suasana didalam restoranpun sangat nyaman denagn desain ruangan tradisional. Sang pemilik, Mbah Marto kini usianya telah memasuki 106 tahun, sering terlihat ikut berbincang dengan para pengunjung yang datang. 


Jika anda membutuhkan orgnizer untuk mengurus perjalanan anda, anda dapat memilih Naraya Trip Planner. 
Silahkan anda hubungi tim Naraya Trip Planner.  
Admin: 085700474743 (WIDI)
Pantau terus info lainnya di narayatrip.com
IG @naraya_trip_com


ps: Naraya Trip Planner selalu terbuka dengan keperluan traveller yang ingin solo traveling atau group travelling, terbuka juga untuk privat trip ataupun open trip. 

No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.