Latest News

Makanan Khas Kulonprogo, Pesona Wisata Kuliner Tersembunyi Indonesia




Narayatrip.com-Berbiara tentang kota Kulonprogo pasti langsung tertuju dengan temapt wisata yang ada disana.
Kulonprogo memang terkenal dengan destinasi wisata alam yang cantik dengan kawasan perbukitan menoreh hijau. Selain destinasi wisatanya yang menarik, jangan lupa untuk menoba makanan khas dari Kulonprogo. Berikut beberpaa makanan kas Kulonprogo yang wajib anda cicipi ketika berkunjung ke Kulonprogo.

1. Geblek 

Geblek merupakan sebuah makanan tradisional yang terkenal sebagai makanan khas Kulonprogo. Geblek terbuat dari bahan terpung singkong (tepung tapioka) yang memiliki cita rasa gurih yang berasal dari bahan campuran bawang.

Digoreng dengan bentuk bulat unik membentuk lingkaran dengan warna putih bersih. Geblek biasa dinikmati dengan sambal kacang  oleh masyarakat sekitar dan wisatawan a yang berkunjung ke wilayah Kulonprogo. Geblek lebih enak dimakan saat masih hangat.


Anda dapat menemukan banyak penjual geblek di kawasan wisata Kulonprogo. Tak hanya itu, di sekitaran pinggir jalan dengan mudah anda akan menemukan banyak penjual geblek yang membuka lapaknya setiap hari, untuk mencoba geblek yang masih hangat anda bisa mendatangi warung geblek yang menggorengnya secara langsung biasanya mulai ada ketika sore hari, tidak sulit untuk menemukanya.

Geblek tidak hanya bisa dinikmati ditempat namun juga bisa dijadikan sebagai makanan oleh-oleh. Anda bisa membelinya dalam bentuk yang masih mentah yang bisa ada goreng sendiri setelah sampai dirumah. Geblek mentah dapat bertahan sampai waktu empat hari. Anda bisa membeli geblek mentah dengan harga cukup murah yaitu sekitar Rp 10.000/bungkus. 

2. Tempe Besengek

Tempe besengek adalah makanan tardisional dari  olahan tempe bengukyang dibaluri dengan santan. Tempe benguk sendiri adalah tempe yang dibuat dari kacang benguk yang difermentasi dengan ragi tempe. Kacang benguk lebih besar dari kedelai biasanya dan memiliki tekstur kasar saat digigit. Bagi yang tidak biasa makan tempe benguk akan sedikit terasa aneh, namun tempe benguk menjadi makanan yang disukai oleh masyarakat disana.

Tempe besengek merupakan olahan dari tempe benguk yang dibaluri dengan santan kental dengan bumbu opor. Biasa disantap untuk melengkapi nasi growol khas dari Kulonprogo. Biasanya makanan ini disajikan diatas daun pisang atau daun jati. Hal ini untuk menambah cita rasa tempe besengek menjadi semakin khas. 



Tempe besengek tak jarang biasa disajikan dengan rasa gurih seperti opor  namun tak jarang penjual mengkombinasikanya dengan beberapa bahan lain seperti pete dan dengan rasa yang pedas. Harga tempe besengek sangat murah yaitu hanya Rp 1.000,- / tempe dihari biasa, harga tersebut bisa mengalami kenaikan menjelang lebaran. 

3. Enting- enting  Jahe

Enting- enting Jahe menjadi salah satu produk makanan unggulan di Kulonprogo. Enting-enting jahe dibuat dari sari jahe yang dicanmpur dengan parutan kelapa dan gula jawa. Enting-enting jahe memiliki rasa manis asin yang berpadu dengan rasa pedas alami yang berasal dari jahe. Rasa pedas jahe membuat tenggorokan menjadi hangat sehingga mampu meredakan rasa mual. 
Permen jahe ini ternyata sudah terkenal hingga ke luar negeri. 

Keunikan lain dari  makanan ini adalah kemasanya terbuat dari anyaman bambu yang masih dipertahankan sampai sekarang. Harga perkemasan Enting-enting jahe berkisar antara Rp 17.000,- s/d Rp 20.000,- bisa anda beli sebagai oleh-oleh khas dari Kulonprogo. 


4. Peyek Undur-undur

Peyek undur-undur khas Kulonprogo menjadi makanan yang wajib untuk dicicipi karean tidak ditemukan ditempat  lain. Peyek ini biasanya dijual di kawasan pantai seperti pantai Glagah yang ada di Kulonprogo. Peyek undur-undur memiliki rasa gurih dan renyah sangat cocok dimakan sebagai cemilan.

Peyek undur-undur terbuat dari hewan undur-undur laut. Undur-undur laut adalah hewan laut yang serupa seperti serangga, biasa ditemukan dipinggir-pinggir pantai. Selain rasanya yang gurih ternyata peyek undur-undur berkhasiat mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Menjadi cemilan sehat yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. 

Peyek undur-undur dijula dengan harag Rp 5.000/bungkus, satu bungkus biasanya berisi lima peyek undur-undurr. Sangat direkomendasikan untuk anda sebagai  oleh-oleh khas Kulonprogo yang wajib dicoba.



5. Cenil

Cenil adalah kue trasidional yang terbuat dari sari pati singkong. Cenil biasanya disajikan bersama parutan kelapa dan dilumuri air gula atau taburan gula pasir sesuai selera. Memiliki bentuk kotak  atau lonjong  dengan warna warni yang menarik. 

Meskipun cenil termasuk jajanan jadul, namun keberadaanya tidak sulit untuk ditemukan. Anda bisa menemukan penjual cenil dipasar-pasar tradisional atau  di tempat-tempat wisata yang anda kunjungi. Penjual makanan ini biasanya menjuala makana lain seperti kue lupis, onde-onde, klepon. 

Harga cenil bervariasi mulai dari Rp 2000,-  tergantung berapa banyak anda ingin membelinya. Cenil biasanya dikemas dalam daun pisang dilengkapi dengan tusukan untuk memakanya. 

6. Growol

Growol terbuat dari singkong dengan aroma khas yang cukup n menyengat. Growol tidak setenar makanan tradisional lainya karena peminatnya sendiri tidak begitu banyak. Dengan baunya yang khas seperti singkong busuk,  membuat orang yang belum pernah mencobanya akan ragu untuk memakan makanan ini. Namun setelah mencobanya mungkin akan berubah menjadi ketagihan. 

Growol memiliki rasa gurih ditambah dengan parutan kelapa yang menambah kenikmatan growol. Makanan ini biasa dikonsumsi sebagai pengganti nasi oleh masyarakat sekitar. Kini seiring berkembangnya zaman growo mulai dikembangkan dengan menciptakan beberapa varian rasa agar makanan tradisional ini tidak punah. 



Jika anda membutuhkan orgnizer untuk mengurus perjalanan anda, anda dapat memilih Naraya Trip Planner. 
Silahkan anda hubungi tim Naraya Trip Planner.  
Admin: 085700474743 (WIDI)
Pantau terus info lainnya di narayatrip.com
IG @naraya_trip_com


No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.