Latest News

Daftar Makanan Khas di Bolivia yang Rasanya Legit dan Bikin Rindu


Narayatrip.com—Bolivia juga memiliki makanan khas yang layak untuk dicicipi. Dengan mencicipi masakan di Bolivia anda akan semakin dekat dengan budaya kuliner mereka.
Berikut merupakan daftar makanan di Bolivia yang kerap dicicipi atau masuk ke dalam daftar makanan yang ingin dicicipi oleh wisatawan di seluruh dunia.

Salteñas

Saltenas merupakan makanan di Bolivia yang termasuk ke dalam daftar makanan klasik khas Bolivia. Makanan ini berupa kue panggang yang dipanggang di dalam oven. Kue ini dibuat dari kacang polong dicampur dengan bahan-bahan aneka rasa seperti wortel, kentang, daging, dan lain sebagainya.

Campuran bahan tersebut meningkatkan rasa gurih dan nikmat. Sementara warga asli Bolivia umumnya akan menikmati kue ini dengan dua macam saus, yakni saus manis atau saus pedas. Mereka akan menyesuaikan pelengkap itu dengan selera masing-masing.

Sajta
Nama makanan di Bolivia ini mengingatkan kita pada nama seorang wanita India bukan? Tapi makanan khas Bolivia ini tidak berasal dari India kok. Masakan ini dibuat dan menjadi makanan klasik Bolivia bagian barat.

Sajta dibuat dengan adonan ayam rebus yang disajikan di atas nasi, ditambah dengan tomat yang dpotong dadu, bawang merah, dan Chuno. Tampilan makanan ini akan membuat anda teringat dengan ketupat atau lontong sayur di Indonesia. Meski demikian, cita rasanya tentu saja sangat berbeda. Hanya penampilannya saja yang mengingatkan kita pada kuliner khas kita sendiri.

Tucumanas

Apakah anda sudah pernah mencicipi saltea? Nah ini ada makanan di Bolivia yang merupakan makanan khas Bolivia yang mirip dengan saltea. Nama makanan tersebut yakni Tucumanas.

Masakan bernama Tucumanas ini dibuat dengan cara digoreng, tidak seperti Saltea yang dipanggang. Cita rasanya pun jelas berbeda.

Kalau anda sedang jalan-jalan di Bolivia, anda akan dengan mudah menemukan Tucumanas, karena makanan ini termasuk jajanan pinggir jalan Khas Bolivia. Ada banyak pedagang kuliner di Bolivia yang menyediakan Tucumanas dilengkapi dengan berbagai macam pelengkap seperti saus yang beraneka rasa.

Pique macho
Di Bolivia ada makanan khas bernama Pique Macho. Tampilan makanan ini menyerupai tumis Andean. Pique Macho merupakan makanan yang berupa tumpukan daging sapi.

Daging tersebut kemudian disajikan bersamaan dengan irisan kentang ditaburi bawang, locoto atau sejenis cabai, ditambah dengan telur rebus. Setelah itu disiram dengan saus tomat, mayones, atau mustar. Pilihan tersebut bergantung pada selera.

Silpancho

Nama makanan Silpancho terdengar seperti nama yang diserap dari bahasa Spanyol, bukan? Entah ada hubungannya atau tidak namun anda pelru tahu bahwa makanan klasik khas Bolivia ini merupakan masakan yang berasa dari kawasan Cochabamba.

Masakan khas Bolivia Silpancho merupakan masakan yang berupa daging sapi disajikan di atas nasi ditambah dengan irisan tomat, bawang, dan kentang yang dipotong dalam bentuk dadu. Sentuhan akhirnya ialah berupa telur goreng yang ditempatkan di atas nasi dan daging sapi yang sudah diletakkan di atas piring siap saji.

Anticucho
Anticucho merupakan makanan ringan yang populer sebagai cemilan malam warga Bolivia. Masakan khas Bolivia ini merupakan makanan ringan yang memiliki cita rasa lokal yang unik. Hidangan ini hanya berupa kentang panggang yang disiram dengan saus kacang pedas. Benar-benar seperti lotek di Jawa hanya saja tidak ada tambahan sayur di dalam sajian Anticucho.

Sopa de mani

Orang-orang Bolovia juga suka makan sup. Anda pun bisa mengonsumsi masakan khas Bolivia ini yang berupa sup kacang tanah, sayuran, dan irisan kentang dimasak bersamaan. Masakan yang dinamakan Sopa De Mani ini benar-benar cocok untuk disantap saat cuaca sedang dingin. Orang Bolivia terbiasa mengonsumsinya saat makan siang, karena sup hangatnya bisa menambah semangat kerja.

Chicharrón
Kalau anda suka daging, anda harus mencicipi makanan khas Bolivia bernama Chicharron ini. masakan ini berupa sajian daging sapi, ayam, atua daging babi yang dipotong dadu kemudian di goreng. Pada umumnya akan disertai dengan jagung. Masakan ini dijadikan cemilan malam atau sarapan pagi oleh orang Bolivia. Sungguh ini adalah pilihan kuliner yang unik.

Llajwa
Llajwa harus anda eja Yak Wa saat anda memesannya di sebuah restoran lokal Bolovia. Masakan Khas Bolivia ini sudah menjadi salah satu kuliner di Bolivia yang cukup populer. Masakan ini berupa campuran tomat, bawang, dan panas locoto. Maskaan ini bisa dikatakan sebagai makanan pembuka sebelum hidangan utama disajikan di Bolivia.

Majadito

Masih tertarik dengan ragam kuliner di Bolovia? Kali ini kami perkenalkan majadito. Masakan ini berasal dari daerah dataran rendah Santa Cruz. Masakan ini dibuat dari daging dendeng dicampur dengan irisan bawang, paprika, bawang putih, tomat cincang dan telur goreng.

Ketika disajikan masakan ini didampingi dengan pisang goreng, sebagai salah satu sentuhan tropis khas iklim Santa Cruz, asal dari masakan ini. kalau anda memiliki banyak waktu cobalah masakan ini sebelum anda pulang.

Sandwich de chola
Sandwich mungkin masakan yang biasa dijumpai di mana saja. Akan tetapi, mencicipi sandwich khas bolivia akan jadi cerita yang berbeda. Sandwich khas Bolivia ialah makanan yang berupa daging babi panggang dan sayuran acar yang dibumbui dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah di Bolivia. Pernahkah anda makan sandwich dengan rempah-rempah? Kalau belum silahkan coba sandwich ala Bolivia ini.

Demikian pemaparan tentang makanan khas di Bolivia sebagai tambahan informasi tentang ragam kuliner dunia. Ada banyak jenis masakan, semuanya dikelola dengan cara yang berbeda, tergantung dari kearifan lokal masing-masing.



Jika anda membutuhkan orgnizer untuk mengurus perjalanan anda, anda dapat memilih Naraya Trip Planner. 
Silahkan anda hubungi tim Naraya Trip Planner.  
Admin: 085700474743 (WIDI)
Pantau terus info lainnya di narayatrip.com
IG @naraya_trip_com


ps: Naraya Trip Planner selalu terbuka dengan keperluan traveller yang ingin solo traveling atau group travelling, terbuka juga untuk privat trip ataupun open trip. 


No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.