Latest News

Tempat Wisata di Kulonprogo, Menawarkan Beragam Jenis Atraksi Kelas Dunia




Narayatrip.com-Kulonprogo menjadi salah satu wilayah kabupaten yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Berada di bagian barat kota Yogyakarta, daerah ini menyimpan begitu banyak destinasi wisata alamnya yang indah. Kulonprogo juga sering disebut dengan Kota Menoreh, hal ini kerena wilayah Kulomprogo merupaka wilayah dengan perbukitan bukit menoreh indah berada di bagian utara dari Kulonprogo memiliki daya tarik cukup besar bagi wisatawan.

Berikut daftar tempat wisata di Kulonprogo untuk anda masukkan ke dalam daftar kunjungan wisata anda di akhir pekan.

1.      Wisata Alam Kali Biru

Wisata Alam Kalibiru  berada di Desa kalibiru, Sermo, Hargowilis, Kulonprogo. Wisata ini berada di ketinggian 450 meter diatas permukaan laut. Awalnya tempat ini hanyalah sebuah hutan yang berada di perbukitan menoreh, namun oleh masayrakat sekitar hutan tersebut mulai dikelola menjadi tempat wisata hingga menjadi terkenal seperti sekarang ini.

Beberapa spot foto yang disediakan dengan pemandangan yang menawan, seperti beberapa gardu  pandang, panggung dengan background perbukitan menjadi spot terfavorit pengunjung. Beberapa fasilitas lain yang disediakan untuk menunjang kenyamanan pengunjung seperti pendopo, camping ground, area outbond, homestay, warung makan, toilet juga disedikan disisni.

Berada 40 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, akses menuju ke Kalibiru sangat mudah untuk ditemukan. Anda cukup menuju kearah Wates mengikuti jalan sampai menemukan penunjuk jalan ke arah Waduk Sermo. 

Dari arah Waduk Sermo anda hanya perlu mengikuti petunjuk jalan ke Kalibiru yang sudah disediakan dan anda akan sampai di Kalibiru. Wisata alam Kalibiru buka setiap hari mulai pukul 06:30  hingga 17:00 WIB.



2.      Air Terjun Perawan Sidoharjo

Air Terjun Perawan Sidoharjo menajadi air terjun tertinggi yang ada di Kulonprogo. Dinamakan sebagai air terjun peawan karean kawasan wisata ini belum banyak terjamah oleh wisatawan. Berada di tempat terpencil,  kawasan wisata ini hanya ramai dikunjungi saat akhir pekan atau musim liburan. 

Air Terjun Perawan Sidoharjo berada di Desa Sidoharjo, Samigaluh, Kulonprogo. Disarankan untuk anda yang ingin kesini menggunkan kendaraan sepeda motor karena wilayah ini dikelilingi oleh perbukitan serta jalanya yang sempit, tidak direkomendasikan membawa mobil.

Keindahan di air terjun ini masih terlihar sangat alami. Dikelilingi oleh perbukitan menoreh yang indah air terjun ini memiliki ketinggian 75 meter dengan kemiringan 90 derajat membuat air terjun ini terlihat semakin megah serta air yang masih sangat jernih. 

Kelelahan saat diperjalanan  akan terbayarkan dengan kesejukan udara dan keindahan pemandangan di tempat ini. Anda bisa berenang bebas menikmati air disini, namun sayangnya belum ada fasilitas pendukung tersedia ditempat ini.

Rute jalan untuk menuju tempat ini bisa anda mulai dari Yogyakarta menuju ke Kulonprogo, menemui perempatan nanggulan ambil arah kanan, sampai anda menemui perempatan bekso ambil arah kiri menuju ke daerah Samigaluh. Menemui pertigaan menanjak belok kanan ke arah MTS Sidoharjo, di samping MTS terdapat jalan kecil sebagai akses utama menuju ke air terjun. Masuk ke jalan tersebut anda akan menemukan Air Terjun Perawan.



3.      Air Terjun Kedung Pedut

Air terjun Kedung pedut terkenal dengan keunikan warna airnya. Warna air terdiri dari warna putih jernih yang berasal dari aliran deras dari air terjun dan hijau kebiruan berasal dari pantulan batuan  di dasar sungai yang terpancar oleh sinar matahari. 

Dua warna air ini adalah warna alami yang terbentuk dari alam dan menjadi daya tarik utama ditempat ini. kejernihan air yang ada disini menandakan bahwa kealamian tempat ini masih terjaga dengan baik.

Selain keindahan warna air, ditempat ini anda bisa menemukan kolam alami  dengan air yang jernih. Kolam ini merupakan sebuah kedung atau area cekungan dibawah air terjun, memiliki kedalama sedada orang dewasa. Disini anda bisa bebas berenang dan bermain air.

Air terjun ini berada di Kembang Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo, Yogyakarata. Untuk menuju kelokasi air terjun anda harus menyusuri jalan setapak selama 15 menit menuruni lembah menoreh. Menyeberangi sungai dan kolam alami dengan jembatan bambu tepat di depanya adalah Air Terjun Kedung Pedut.



4.      Embung Banjaroya

Embung Banjaroya berada di Jl. Kalibawang- Sendang songo, Banjaroya,Kalibawang, Kulonprogo, Yogyakarta. Embung ini  dibuat sebagai penampung air irigasi pertanian di sekitarnya. Selain itu waduk ini digunakan sebagai agrowisata durian dan pengemabnagan pariwisata di wilayah Kulonprogo.

Embung Banjaroya mampu menampung air 8 -10 ribu kubik air dengan luas 60 x 80 meter. Saat anda memasuki wilayah embung ini anda akan melihat patung durian raksasa sebagai  ikon yang  menandakan  daerah Kalibawang sebagai penghasil durian terbesar di Kulonprogo. Pada musim panen durian ditempat  ini sering diadakan festival durian.

Embung Banjaroya dikelilingi ileh taman bunga  warna-warni yang cantik. Waktu terbaik untuk datang ketempat ini adalah ketika pagi hari (sunrise) dan sore hari untuk melihat sunset. Akses jalan menuju ke embung cukup baik sehingga anda bisa menggunakan kendaraan motor atau mobil.

Rute perjalanan yang bisa anda lalui adalah dari Yogyakarta menuju ke arah Kulonprogo- melewati jembatan progo- perempatan kenteng ambil kanan ke arah Kalibawang- lampu merah tugu dekso lurus- masuk ke Jl kalibawang-magelang – ikuti jalan sampai ke Embung Banjaroya.




Jika anda membutuhkan orgnizer untuk mengurus perjalanan anda, anda dapat memilih Naraya Trip Planner. 
Silahkan anda hubungi tim Naraya Trip Planner.  
Admin: 085700474743 (WIDI)
Pantau terus info lainnya di narayatrip.com
IG @naraya_trip_com


ps: Naraya Trip Planner selalu terbuka dengan keperluan traveller yang ingin solo traveling atau group travelling, terbuka juga untuk privat trip ataupun open trip. 

No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.