Latest News

20 Hal yang Harus Kamu Tahu Soal Tempat Wisata di Syria

Nayaratrip.com—ada banyak tempat wisata di dunia yang mengagumkan. Kamu bisa memasukkan daftar wisata manapun yang kamu sukai untuk kamu jadikan tujuan wisata selanjutnya. Pernahkah dalam daftar itu masuk dattar tempat wisata di Syria di dalamnya?

Syria memiliki banyak sekali keistimewaan, sayangnya negara ini tidak dapat menjadi destinasi wisata hiburan biasa. Tempat ini lebih cocok untuk anda yang suka berwisata ke daerah konflik. Mungkin kamu belum mengetahui semuanya. Nah, berikut ini Cuma beberapa hal di antaranya. Simak terus sampai poin terakhirnya ya.

1.     Greater Syria

Syria adalah nama yang pernah diterapkan di sebagian besar wilayah di sisi timur Laut Tengah dan pada abad ketujuh menjadi tempat kedudukan kekhalifahan Umayyah. Syria merupakan bagian dari negara Suriah modern yang lebih kecil.
Syria berdampingan dengan Turki, Irak, Yordania, Israel dan Lebanon. Syria berdaulat sebagai negara dimulai sebagai mandat Perancis ketika kekaisaran Ottoman hancur setelah perang dunia pertama. Syria menjadi negara mandiri pada tahun 1946 dan memiliki ibukota bernama Damaskus,  salah satu kota tertua di dunia yang masih dihuni dan menjadi kota tujuan orang-orang yang memburu informasi sejarah Syria.

2.     Partai Ba'ath

Jika di Indonesia ada partai yang mendominasi kekuasaan, di Syria juga ada namanya Partai Ba'ath. Partai ini telah mendominasi politik Suriah sejak merebut kekuasaan pada tahun 1963. Partai ini didirikan pada 1947 sebagai gerakan "renaisans" nasionalis dan sosialis pan-Arab.
Slogan Partai Ba’ath adalah "persatuan, kebebasan, sosialisme". Di bawah Presiden Hafez al-Assad (1971-2000), Ba'athists mengkonsolidasikan pemerintah pusat dan membawa stabilitas dalam neagra meski harus dibayar mahal dengan berbagai macam kekerasan dan bentuk-bentuk pendindasan.


3.     Presiden Bashar

Syria pernah memiliki presiden bernama Bashar al-Assad. Ia sedang berada di London, mengejar karir di bidang oftalmologi ketika kakak laki-lakinya Basil sebagai pewaris tahta kepresidenan - meninggal dalam kecelakaan mobil pada tahun 1994.
Atas peristiwa tersebut Bashar dipanggil untuk dipersiapkan menjadi penggantikakaknya mendapatkan kekuasaan. Ketika ayahnya meninggal pada tahun 2000, Bashar diangkat menjadi kepala tentara dan pemimpin partai Ba'ath. Tetapi pada usia 34, dia terlalu muda untuk menjadi presiden di bawah konstitusi Suriah. Kualifikasi soal usia tergesa-gesa direvisi dan dia "terpilih" sebagai presiden dalam referendum. Istrinya, Asma Akhras, lahir di Inggris, yang mana sebelumnya bekerja sebagai bankir investasi di JP Morgan.

4.     Dataratn Tinggi Golan

Dataran Tinggi Golan, daerah pegunungan dan strategis yang berbatasan dengan Laut Galilea, sempat diduduki oleh Israel selama perang tahun 1967. Bagian dari itu diserahkan kembali setelah perang tahun 1973, tetapi kembalinya wilayah yang tersisa telah menjadi salah satu tujuan utama rezim Suriah sejak itu.
Ada sebuah tempat khusus yang dikenal sebagai titik gencatan senjata. Tempat yang berada di dataran tinggi Golan itu kini dikenal dengan nama Shouting Valley di mana Suriah menggunakan megafon untuk memanggil keluarga mereka di sisi lain. kawasan itu kini menjadi kawasan tempat wisata di Syria yang cukup direkomendasikan bagi wisatawan yang ingin melihat kebiasaan Suriah untuk memangggil warganya.

5.     Pembantaian di Kota Hama

Pada tahun 1982 pasukan Suriah melancarkan serangan brutal di kota Hama untuk memadamkan pemberontakan oleh Ikhwanul Muslimin. Peristiwa itu telah menewaskan ribuan orang. Kenangan peristiwa, yang jarang disebutkan secara terbuka di Suriah ini terus membayangi oposisi politik terhadap rezim.


6.     Stasiun Kereta Api yang Paling Indah di Dunia

Suriah memiliki beberapa stasiun kereta api paling indah di dunia. Anda bisa datang ke sana untuk melihatnya dan memiliki pengalaman otentik untuk dibagikan ke masyarakat di dunia.

7.     Suriah dan Lebanon

Lebanon dipisahkan dari Suriah di bawah mandat Perancis, karena sebagian besar merupakan daerah kantong Kristen, dan secara resmi merdeka pada tahun 1943. Dari Damaskus, Lebanon masih cenderung dipandang sebagai bagian dari lingkup pengaruh tradisional Suriah.
Sementara di sisi lain, Suriah menggunakan kekuasaan militernya untuk menstabilkan Lebanon setelah perang saudara 1975-1991. Suriah juga terus ikut campur dalam politik Lebanon. Kondisi ini masih terus memanas sampai sekarang.
Terjadi banyak protes dan tekanan diplomatik setelah pembunuhan mantan perdana menteri Rafik Hariri pada 2005. Masalah ini memaksa Suriah  untuk menarik pasukannya dari Lebanon. Namun, pengaruh Suriah terus berlanjut, dengan politik Libanon dibagi menjadi kamp "8 Maret" pro-Suriah dan kamp "14 Maret" yang didukung oleh Arab Saudi dan AS.

8.     Kebiasaan Tepuk Tangan

Mungkin ada sebuah budaya atau kebiasaan yang bagi bangsa lain cukup aneh. Di Suriah setiap kali kamu mendnegar nama Presiden Assad disebutkan, kamu harus bertepuk tangan. Terutama dalam acara pidato resmi di Suriah.

9.     Agama dan Alawit

Alawit adalah sekte keagamaan rahasia yang biasanya dianggap sebagai cabang Islam Syiah. Di Suriah mereka adalah minoritas kecil, tetapi karena peran serta keluarga presiden dan yang lain di posisi senior telah memeluk Alawit, sekte ini menjadi dominan di dalam rezim.
Sekitar 74% penduduk Suriah adalah Muslim Sunni, Muslim Syiah termasuk Alawit dan Ismailiyah berjumlah 13%. Sisanya merupakan penduduk kelompok Kristen 10%, dan Druze 3%. Ada juga Yahudi, komunitas Yahudi telah ada di Suriah selama berabad-abad tetapi saat ini jumlah mereka sangat kecil - mungkin tidak lebih dari beberapa lusin orang.



10.Kapitalisme kroni

Terlepas dari asal-usul sosialisnya, rezim Suriah diliputi oleh korupsi dan kapitalisme kroni - terutama yang melibatkan kerabat presiden. Sasaran utama pengunjuk rasa adalah Rami Makhlouf, sepupu Assad, yang mendapat sanksi dari Departemen Keuangan AS pada 2008 dengan alasan bahwa ia "secara tidak benar mengambil manfaat dari dan membantu korupsi publik terhadap pejabat rezim Suriah".

11.Aspirasi Kurdi

Suriah memiliki kelompok minoritas Kurdi yang terpinggirkan yang diperkirakan berjumlah sekitar 1,75 juta - sekitar 10% dari total populasi. Rezim telah melakukan upaya yang gigih selama bertahun-tahun untuk mengubah mereka.
Banyak dari Kurdi bercita-cita untuk memiliki negara merdeka mereka sendiri termasuk Kurdi lainnya dari Turki, Irak dan Iran. Ketidakpuasan Kurdi muncul dari waktu ke waktu, meskipun rezim secara umum menyangkal bahwa Suriah memiliki masalah yang berkaitan dengan etnis.

12.Jalan ke Damaskus

Hal lain di Syria yang jadi perhatian dunia ialah jalan ke Damaskus. Menurut Alkitab, bahwa St Paul terpesona oleh cahaya surgawi dan beralih ke agama Kristen. Dia kemudian lolos dari penangkapan ketika melalui Jalan ke Damaskus.

13.Pedang Baja

Pedang yang terbuat dari baja Damaskus telah banyak dihargai selama berabad-abad. Menurut sumber tertulis, bilah pedang baja ini disiapkan dengan pemanasan dan kemudian mendinginkannya dengan cepat - kadang-kadang dengan menjejalkannya ke dalam urine anak laki-laki atau ke dalam tubuh seorang budak berotot. Benar atau tidaknya cerita ini masih harus dibuktikan melalui sumber-sumber otentik seperti literasi.


14.Peziarah Syiah

Suriah adalah tujuan populer bagi peziarah Syiah dari Iran. Di Damaskus, banyak orang mengunjungi kuil Sayidda Zeinab yakni cucu Nabi Muhammad dan putri Ali, khalifah keempat.
Hubungan historis dan agama adalah bagian dari latar belakang hubungan Suriah saat ini dengan Iran, meskipun kedua negara melihat diri mereka sebagai pendukung kuat pengaruh Amerika dan Israel di kawasan tersebut.

15.Suriah dan Hizbullah

Suriah bersama dengan Iran mendukung gerakan Syiah Lebanon bersenjata, Hizbullah. Di samping menyediakan sarana untuk menggunakan pengaruh di Lebanon, kekuatan ini juga membuat Suriah memiliki daya tawar penting dalam hubungan diplomatiknya dengan Israel.

16.Bunuh diri politik

Isu terkenal lain dari Syria ialah mantan perdana menteri Mahmoud Zuabi yang diduga menembak dirinya sendiri pada tahun 2000 ketika polisi tiba untuk menangkapnya atas tuduhan korupsi. Lima tahun kemudian, menteri dalam negeri Ghazi Kanaan juga tampaknya menembak dirinya sendiri dengan alasan tidak diketahui dengan jelas.

17.Silken threads

Damascus pernah menjadi pusat utama untuk menenun dan perdagangan tekstil. Damaskus menggunakan teknik kuno untuk menenun pola menjadi kain.

18.Wilayah Tentara Salib

Sebagian Suriah ditaklukkan oleh Tentara Salib. Benteng Crusader abad ke-11, Krak des Chevaliers - masih sangat terpelihara - kini menjadi daya tarik wisata utama dari kota Syria.

19.Hubungan dengan Argentina

Sekitar 1,3 juta orang Argentina berasal dari Suriah atau Lebanon, banyak dari mereka yang menetap di sana selama abad ke-19. Orang tua dari mantan presiden Argentina Carlos Menem berasal dari desa Yabrud di Suriah.

20.Serangan di Deraa

Deraa, pusat pemberontakan tahun 2011. Pemicunya adalah sebuah kabar yang mengejutkan yakni adanya peleceha seksual dari Gubernur Turki dan berdasarkan sebuah laporan, Gubernur Turki yang dimaksud memiliki kebisaan masocist. Ini memicu pemberontakan rakyat yang sangat besar dan menelan banyak korban.

Demikian 20 hal yang harus kamu tahu soal Syria, sebuah tempat wisata yang dipenuhi dengan kisah misterius dan tentu saja bukan tempat wisata yang biasa menawarkan keindahan namun menawarkan pengalaman wisata ke kota konflik. Tempat ini sangat menarik bagi petualang yang suka menjelajahi daerah konflik.




No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.