Latest News

Tempat Wisata di Hainan yang Menarik Perhatian Wisatawan Dunia




Narayatrip.com--Hainan merupakan sebuah pulau tropis yang terletak di sisi selatan China. Pulau ini memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa. Sebagian besar tempatnya telah dipromosikan sebagai kawasan liburan untuk seluruh warga negara dari seluruh dunia.


Berikut tempat-tempat wisata di Hainan yang menarik wisatawan dunia.

1.      Sanya Bay

Sanya bay  termasuk kedalam lima teluk terbesar  bersama Teluk Yalong dan Teluk Dadonghai di kota Sanya, Hainan, China.  Sanya Bay tepatnya terletak di Pantai Selatan Hianan, disebelah Kota Sanya.  Sanya bay memiliki keindahan pemandangan tropis dan laut biru dengan hamparan pasir putih panjang yang tidak bosan untuk dinikmati. Begitu juga dengn  pemandangan sunset yang indah  sayang untuk  anda lewatkan jika sudah berada di tempat ini.

Sanya Bay memiliki dua pulau didalamnya yaitu pulau Xiado dan pulau  Dongdao, serta sebuah resort tiruan dari Pulau Phoenix yang menawan. Sanya bay terbagi menjadi tiga zona wisata yaitu Zona wisata dengan Koridor Mimpi Kelapa, Zona mandi di luar ruangan dan Zona kenyamanan dengan banyak hotel yang sudah tersedia. Hal menarik lainya adalah anda bisa melihat spesies lumba-lumba putih khas China  yang sudah langka keberadaanya.

Sanya Bay dibuka sepanjang hari secara gratis. Selain itu untuk biaya akomodasi dan makan di Sanya Bay terbilang lebih murah dari teluk lainya sehingga sangat menarik minat wisatawan untuk datang ke tempat ini.

2.      Volcanic Crater Park

Volcanic Creater Park berada 15 km dibarat daya Haikou di kota Shichan. Taman ini merupakan geo-taman nasional  bertema gunung berapi pertama yang terdapat di Tiongkok. Terdapat 40 situ gunung berapi dan 30 gua yang menjadi daya tarik wisatwan untuk datang ke taman ini.

Di taman ini terdapat sekelompok kawah gunung berapi tersembunyi berasal tersisa dari letusan jaman dulu. Terdapat taman budaya gunung berapi, taman ekologi, taman kawah, taman gua dan keindahan disekeliling taman dengan bukit hijau dan mata air manis dan tentunya udara yang sejuk.



Memiliki luas 108 meter persegi dengan lanskap geografis alami dan dilengkapi dengan wahana spa dan pemandian air panas.  Tempat ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata alam yang wajib untuk dikunjungi ketika anda berada di Hainan.

3.      Xinglong Tropical Botanical garden

Xinglong Tropical Botanical Garden berlokasi di Xinglong Town, Wanning, Pulau Hianan. Dibangun pada tahun 1957dengan luas area 400.000 km persegi. Dengan lebih dari 1200 spesies tanaman tropis dari seluruh dunia.

Taman ini di dedikasikan sebagai taman wisata untuk perlindungan tanmana dan lingkungan. Taman ini dibagi menjadi lima area yaitu area pengamatan tanaman, area percobaan dan demonstrasi tanaman, area jangkauan, area penanaman dan pemulihan tanaman dan area rekreasi ekologis. Selain itu terdapat kantin yang menyajikan makanan dan minuman dari hasil tanaman di taman ini.

Taman ini sangat menarik untuk dikunjungi sebagai tempat liburan sekaligus edukasi bagi pengunjung. Dibuka setiap hari mulai pukul 07:30 pagi hingga 05:30 sore. Harga tiket untuk masuk ke taman ini adalah 28 yuan per orang. Mudah dijagkau oleh kendaraan baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

4.      Nanshan Temple

Nanshan Temple merupakan objek wisata budaya sebagai jendela untuk mengetahui penyebaran agama Budha di China. Nanshan Temple dibangun pada tanggal 12 April 1988 sebagai peringatan 20 tahun Budha di Tiongkok.



Nanshan Temple berada di 40 km  barat daya kota Sanya, di sepanjang Hainan Wes Expressway. Dibangun dengan luas area 40.000 meter persegi. Dibangun sebagai replikasi dinasti Tang yang mejadi jendela buadaya Budha bagi wisatawan yang berkunjung membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib untuk di kunjungi.

Terdapat bangunan  kuil sebagia bangunan inti dan didepanya terdapat teras yang menghadap ke laut China Selatan. Dari sana anda bisa melihat pemandangan laut dan Patung Guan Yin setinggi 108 meter yang berdiri diatas pulau buatan di atas laut. Pemandangan alam dan laut biru menjadi daya tarik utama dari Nanshan Temple.

Nanshan Temple di buka setiap hari  dari pukul 08:00 sampai 17:30. Harga tiket untuk masuk ke Nanshan Temple sebesar 50 yuan per orang. 

5.      Sanya Romance Park

Sanya Romace Park merupakan taman bertema yang dibangun seluas 225 hektar. Romance Park di bangun dengan menggabungkan budaya Tianya Sanya, Li dan budaya Miao yang membuat taman  ini terlihat megah dan unik dengan desain arsitekturnya.

Romance Park memiliki 10 zona tema dan 30 wahana yang dapat dijelajahi oleh wisatwan saat berkunjung. Sanya romance park berada di Jl. Klang Lama, 58200, Kuala Lumpur, Malaysia atau sekitar 10 menit dari pusat kota Sanya.  Menjadi salah satu destinasi wisata paling ramai dikunjungi oleh wisatwan baik lokal maupun manca negara. 

Romance park dibuka pada hari sabtu, minggu mulai pukul 07:0 samai 19:00 dan selasa, rabu, kamis, jumat mulai pukul 11:00 sampai 20:00. Harga tiket untuk masuk ke area Romance Park bervariasi, tiket VIP CNY 480/orang, tiket standar normal CNY 280/ orang, tiket group CNY260/orang dengan minamal 8 orang per group. Untuk anak dibawah tinggi 1,2 meter, cacat, dan  lansia usia 65 tahun ke atas tidak dikenai biaya masuk.

6.      Wuzhizhou Coral Island

Berjarak 2,7 km dari pantai Teluk Haitang di wilayah Kota Sanya, pulau Wuzhizhou berada di kawasan laut tropis yang menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan. Pulau Wuzhizhou memiliki bentuk tidak beraturan yang terlihat mirip seperti kupu-kupu membentang sepanjang 1.400 meter dan lebar 1.100 meter.

Pulau ini menjadi tempat bertumbuhnya lebih dari 700 spesies tanaman. Anda dapat menikmati pemandangan hutan hujan tropis yang berada di tengah pulau, Pegunungan batu di sisi selatan dan timur, Sunrock di tebing tenggara  untuk melihat pemndangan laut disekitar dan  sunset, pantai perak dengan pasir putih yang halus di sebelah barat dan timur pulau. Pulau ini disebut sebagai bentuk sempurna dari pulau Hainan.


Beberapa tempat wisata lain  yang bisa anda kunjugi di pulau ini diantaranya Kuil Dewi Mazu, Jembatan Cinta, Sunrock/ Batu Matahari, Penyu Emas, Pulau Kekasih, dan “Life Well”.  Anda bisa menikmati kejernihan air hingga 18 meter dengan pemandangan warna warni terumbu karang dibawahnya. Oleh karena itu tempat ini juga menjadi favorit para peselancar air dan penyelam untuk berlibur.

Anda bisa berkunjung ke Pulau Wuzhizhou mulai pukul 08:30 sampai 17:30 dan maksimal penumpang dari dermaga hanya sampai pukul 16:00. Harga tiket untuk setiap orangnya senilai RMB168.

7.      Phoenix Island Sanya

Phoenix Island meupakan sebuah pulau buatan yang terletak di sebelah tenggara Teluk Sanya dengan luas 365.000  meter persegi. Pulau buatan tersebut menghubungkan dua daratan yang membentuk sebuah pulau resor di pusat kota Sanya, Hainan.

Phoenix Island merupakan bagian dari pulau Hainan yang berada di bagian laut china selatan, menjadi penyumbang PDB tertinggi untuk negara China selama beberapa tahun. Phoenix Island beisikan hotel bintang 7-5, resort, gedung konferensi, restoran, pusat perbelanjaan, area olahraga dan taman hiburan, dengan barisan menara putih yang menjulang tinggi.

Keindahan Phoenix Island tidak hanya telihat dari pulaunya yang di kelilingi lautan, namun bangunan-bangunan yang terdapat di pulau ini juga cukup memikat daya tarik wisatawan.

Jika anda ingin belibur ke tempat ini sebaiknya persiapkan kebutuhan finansial anda sebaik mungkin, karena Phoenix Island meurpakan destinasi wisata elit yang terdapat di Hianan.

8.      Hainan Museum

Hainan Museum dibangun pertama kali pada tahun 1984 di Guoxing Avenue, Haikou, Hainan, China. Kemudian berpindah lokasi di Taman Budaya Hainan di 68 Guoxing Avenue, Haikou pada tahun 2008. Museum ini merupakan museum terbesar dan menjadi satu –satunya museum komprehensif  di Hainan.

Hainan Museum memiliki luas 40.000 meter persegi, menyimpan lebih dati 200 peninggalan budaya Hainan termasuk kapal  karam “Huaguangjiao one” yang menjadi perhatian wisatawan setiap kali berkunjung ke museum ini. Museum ini memiliki empat ruang pameran, yaitu pameran relik budaya, pameran sejarah Hainan, pameran kebangsaan Hainan, pameran aset wisata  budaya Hainan. Sangat bagus bagi wisatawan yang berkunjung untuk mendapat wawasan lebih jauh mengenai Pulau Hainan.

Tidak dikenakan biaya tiket untuk masuk ke museum ini. Pengunjung hanya perlu mengisi identitas sebagai gantinya dan pelayanan hanya sampai pukul 16:30. Museum buka mulai pukul  09:00 sampai 17:00, libur pada hari senin.

9.      Tianya Haijiao

Tianya Haijiao terletak di Tianya Hijiao Tourist Area, Tianya Town, Sanya, Hainan, 24 kilometer dari barat kota Sanya, Hainan. Tianya Haijiao juga disebut dengan “Tepi langit dan Ujung Laut” karena letaknya yang berada di ujung selatan laut Cina.

Terdapat dua batu besar sebagai ikon tempat ini yaitu batu Matahari dan Bulan, matahari yang menyimbolkan suami dan bulan sebagai simbol istri. dari kejauhan batu ini terlihat seperti sepasang batu yang berdampingan, sehingga tempat ini sering dikunjungi sebagai tempat bulan madu untuk pasangan karena dinilai sebagai tempat yang romantis.

Tianya Haijiao adalah sebuah pantai yang berhadapan langsung dengan laut Cina selatan. Sebuah pantai tropis yang dikelilingi pegunungan batu yang terlihat unik darri kejauhan. Tianya Haijiao dikenal sebagai kawasan wisata panta tropis yang memiliki beberapa area yang bisa dikunjungi seperti area wisatagranit tropis, kawasan perbelanjaan, desa wisata, taman gaya Li yang menampilkan budaya Li dan tokoh bersejarah bagi Hainan.

Hal  menaik lain dari pantai ini yaitu  digunakan sebagai tempat festival tahunanan  pernikahan  intenasional Tianya Haijiao dan kompetisi model yang menampilkan busana dan kontes kecantikan. Tianya Haijiao dibuka setiap hari mulai pukul 07:00 sampai 18:30 dengan tiket masuk seharga 100 yuan pada musim liburan  (high season) dan 86 yuan low season.

10.  Haikou Acaded

Haikou Arcaded adalah sebuah area jalan bersejarah yang dilestarikan di Tiongkok. Luas area jalan ini adalah 2 kilometer dengan panjang 4,4 kilometer, dikelilingi oleh bangunan setinggi 3-4 lantai.

Keunikan dari tempat ini adalah bangunan-bangunan yang ada di sepanjang jalan memiliki gabungan arsitektur budaya Asia dan Eropa,  merupakan bangunan bersejarah yang menampilkan sejarah dinasti Tang . Lebih menarik lagi karena bangunan- bangunan tersebut menampilkan warna yang berbeda sehingga terlihat lebih menawan. Karena keunikanya tersebut tempat ini menjadi 10 tempat bersejarah di Tiongkok dan sebagai jalan waisan budaya.

Disini pengunjung dapat melihat perkembangan Hainan mulai dari nol sampai menjadi pulau metropolitan sampai sekarang ini melalui bangunan- bangunan yang berada di sepanjang jalan ini. Haikou Arcaded menjadi tempat yang cocok bagi anda yang ingin menikmati makanan khas dari Hainan.

Tempat ini dibuka setiap hari tanpa batas waktu dan tidak dikenai biaya masuk bagi setiap pengunjung. Haikou Arcaded sangat cocok bagi anda yang ingin menikmati waktu santai dengan berjalan kaki sambil melihat kemegahan bangunan yang disuguhkan disini. 

 Sepenuhnya berwisata adalah untuk melihat keajaiban dunia, anda tertarik?

No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.