Latest News

Makanan Khas Portugal yang Memiliki Nama-nama Negara




Narayatrip.com—Berlibur ke luar negeri tentunya menjadi impian banyak orang karena bisa memberikan peluang meraih pengalaman baru.
Melihat dunia luar seperti tempat wista di Hainan, tempat wisata di Vietnam, dan lain-lain dapat membantu kita mendapatkan wawasan yang lebih luas.

Dengan melakukan perjalanan kita pun bisa menjadi semakin bersyukur pada kehidupan yang sudah kita raih. Kita bisa semakin dekat dengan alam dan menghargai kehidupan di belahan dunia yang lain.

Dari sekian banyak tempat di dunia, sudah pernahkah anda berangkat berwisata ke Portugal? banyak tempat wisata di Portugal yang memperlihatkan sejarah serta budaya negara tersebut. Misalnya saja, anda mulai dengan wisata kuliner di Portugal. dengan makanan khas Portugal anda bisa meraba, tipe orang-orang Portugal dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Berikut ini kami sajikan makanan khas Portugal yang dapat anda masukkan ke dalam daftar liburan anda.

Tempura Jepang

Makanan khas Portugal yang pertama ialah Tempura Jepang. Anda mungkin bertanya-tanya kok bisa tempura Jepang sampai di Portugal? semua itu berkaitan dengan sejarah.

Pada tahun 1543, kapal Cina yang memuat 3 orang Portugis terdampar di Pulau Tanegashima, Jepang. Orang-orang Portugis tersebut kemudian bertahan hidup di sana dengan cara berdagang sehingga dapat berbaur dengan warga sekitar.

Mereka juga membangun pos perdangan dan tempat tinggal sementara di sana. Pada masa-masa seperti itulah mereka mendapatka pengalaman untuk menciptakan kuliner campuran, antara budaya Jepang dengan cita rasa orang-orang Portugis. Mereka membuat resep buncis goreng, di mana makanan itu disebut tempura oleh orang-orang Jepang.

Pada tahun 1639, penguasa shogun Iemitsu menganggap agama Kristen yang dianut orang-orang Portugis tersebut adalah ancaman sehingga mereka diasingkan dan terpaksa meninggalkan Jepang.

Vindaloo India

Makanan khas Portugal berikutnya yang juga mendapatkan pengaruh dari budaya negara lain ialah Vindaloo.
Sebutan makanan tersebut beradal makanan Portugis carne de vinha d'alhos (daging yang direndam dalam cuka anggur dan bawang putih). Makanan tersebut dibawa penjelajah Portugis pada abad ke-15 dan mereka sempat singgah di India.

Di India mereka juga membuat vindaloo, namun karena di india tidak ada cuka anggur, merkea menggantinya menggunakan anggur kurma. Jadilah penamaannya mendapatkan tambahan Vindaloo India untuk mengingat dari mana bahan tambahan itu didapat.

Selain cuka anggur yang diganti dengan anggur kurma, orang-orang India yang menyukai makanan tersebut juga menambahkan bahan lokal seperti tamarin, lada hitam, kayu manis, dan kapulaga sebagai dalam bumbunya.

Egg Tart Macau

Masih mendapatkan pengaruh dari negara lain, makanan khas Portugis banyak dipengaruhi oleh tempat yang pernah disinggahi. Salah satunya ialah egg tart Macau adalah perpaduan antara egg tart model Portugis dan Inggris, namun sebenarnya egg tart Macau lebih banyak dipengaruhi oleh egg tart model portugis yang bernama pastel de nata.

Pengaruh itu terjadi karena pedagang Portugis pernah singgah di Macau. Seperti biasa, untuk bertahan hidup mereka menciptakan variasi makanan dari bahan-bahan lokal namun di masak dengan cara mereka.

Feijoada Brazil

Makanan khas Portugis selanjutnya ialah Feijao yang berati kacang. Saat Portugis singgah di Brazil bersama koloninya, koki-koki dari orang Portugis ini suka memasak sop kacang dan daging. Bedanya, jika di negara asal orang Portugis akan menggunakan black eyed bean, maka ketika berada di Brazil mereka menggunakan kacang hitam, sebab bahan yang sama sulit ditemukan di masa itu. jadilah makanan tersebut dinamai Feijooada Brazil berdasarkan tempat ditemukannya bahan utama pembuatan masakan mereka.

Demikian itu makanan khas Portugal yang memiliki nama khas dari negara-negara yang pernah di singgahinya. Dari nama-nama makanan itu saja, kita dapat meraba pertukaran budaya seperti apa yang terjadi pada masa perdagangan di jaman sebelum perang dunia meletus itu. sepertinya sangat menarik bukan?

Karenanya, berwisata ke Portugis jelas akan menciptakan pengalaman baru yang menarik untuk kita selami. Tidak hanya melihat keindahan tempat wisatanya, tetapi juga menyempatkan diri untuk memahami unsur budaya setempat.

Demikian pemaparan kali ini, semoga bermanfaat!


No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.