Latest News

13 Atraksi Terbaik di Hanoi, Vietnam






Narayatrip.com—Dengan lebih dari seribu tahun sejarah, Hanoi, ibu kota Vietnam, menawarkan rencana perjalanan yang harus dinikmati oleh wisatawan dari seluruh dunia.
Di Hanoi, traveller akan menemukan tempat-tempat yang mencerminkan sepenuhnya pengalaman budaya dan sejarah Vietnam, dari negara yang didirikan sebagai negara bawahan Tiongkok seribu tahun di masa lalu, hingga pembebasannya dari kekuasaan kolonial Perancis dan Amerika pada abad ke-20.
Berikut 13 atraksi terbaik di Hanoi, Vietnam.

Jalan-jalan di Sekitar Danau Hoan Kiem


Danau ini merupakan danau bersejarah karena berhubungan dengan legenda terjadiinya negara Vietnam. Danau ini bernama lengkap Hồ Hoàn Kiếm yang berarti "Danau Pedang yang Kembali," mengacu pada mitos bahwa seorang kaisar masa depan menerima pedang dari kura-kura sihir di tepi danau. Kaisar kemudian menggunakan pedang tersebut untuk mengusir orang Tionghoa keluar dari Vietnam.

Sekarang, Danau Hoan Kiem menjadi pusat sosial dan budaya yang menawan bagi warga Hanoi. Tepi danau menjadi tempat favorit untuk foto pernikahan pasangan. Di sekitarnya juga sering menjadi tempat aerobik untuk ibu-ibu.
Daya tarik tpei danau Hoan Kiem juga berupa panoramanya yang indah. Di tengah-tengah danau ada jembatan kayu berwarna merah, kontras dengan warna hijau di sekitarnya, membuat danau Hoan Kiem sangat diidolakan para pelukis lokal.
Di tepi danau juga ada sebuah kuil, bernama Kuil Ngoc Son. Kuil itu masih aktif sampai sekarang sebagai tempat ibadah. Usia kuil itu sendiri sudah mencapai 1000 tahu.

Tur ke Kuil Literatur


Temple of Literature sudah berusia 1.000 tahun. Situs ini telah menjadi bagian dari pendidikan tertua di negara Veitnam. Kuil literature sebenarnya pernah hampir hancur pada masa perang pada abad ke-20. Usai perang, kuil kembali direstorasi oleh pemerintah dan kembali menjadi utuh seperti sekarang.
Bagian dalam kuil ditata dalam urutan lima halaman dari selatan ke utara, yang terbentang oleh tiga jalur yang menjalar sepanjang Kuil. Halaman paling utara dan terakhir adalah situs dari bekas universitas untuk bahasa mandarin yang disebut Quoc Tu Giam, secara harfiah berarti "Kuil Raja Yang Membedakan Sastra," didirikan pada tahun 1076.

Berbelanja di Old Quarter Hanoi


Atraksi selanjutnya yang sudah menunggu anda para shoppingholic ialah Hanoi's Old Quarter yang jaraknya sangat dekat dari Danau Hoan Kiem. Pusat perbelanjaan ini merupakan pusat perbelanjaan utama di kota ini.
Pusat perbelanjaan di kota Hanoi ini menawarkan belanja murah, hidangan kuliner yang harus anda coba, dan juga berbagai macam jasa seperti pijat reflexi pun ada di dalam pusat perbelanjaan ini.
The Old Quarter berbentuk seperti segitiga, dengan jalan-jalan dinamai barang yang dijual di dalamnya. Tempat ini sangat cocok untuk siapa saja yang ingin berbelanja oleh-oleh. Ada berbagai macam barnag tiruan dari Cina hingga lacquerware, bahkan ada juga kemeja sutra yang indah.

Kunjungi Mausoleum Ho Chi Minh


Setelah jalan-jalan ke berbagai tempat wisata di Hanoi, jangan lewatkan tempat wisata seperti mausoleum Ho Chi Minh. Tempat wisata ini merupakan sebuah makam besar di Ba Dinh Square di samping Istana Kepresidenan.
 Pagoda Pilar Satu dan Museum Ho Chi Minh didirikan untuk mengingat perang dunia melawan Uni Soviet. Mausoleum dibuka untuk umum pada 29 Agustus 1975.
Di dalam Mausoleum, anda bisa melihat tubuh Ho Chi Minh yang diawetkan. Tubuh itu diletakkan di bawah kotak kaca. Tubuhnya sangat berharga hingga ada penjaga militer mengawasi dan menjaga lokasi tersebut.
Pengunjung diizinkan untuk memberi penghormatan pada Ho Chi Minh dari pukul 9 pagi hingga 12 malam, di bawah aturan ketat: tidak ada fotografi, tidak boleh celana pendek atau rok mini, dan anda harus tetap hening, tidak boleh ada percakapan dengan suara keras.
Setelah mengunjungi tempat peristirahatan terakhir Ho Chi Minh, lanjutkan acara melihat-lihat anda ke sebelah Istana Kepresidenan. Di sana anda bisa melihat replika rumah panggung Ho Chi Minh.

Penjara Tour Hoa Lo


Kalau anda suka wisata sejarah, anda harus merasakan tour "Hoa Lo", sebuah tempat yang dianggap sebagai lubang neraka. Tempat ini sebenarnya berupa bekas penjara yang dibangun oleh Perancis pada tahun 1880-an dan dipertahankan sampai akhir Perang Vietnam.

Tempat ini secara sarkastik juga dinamakan "Hanoi Hilton," karena di dalam penjara ini seorang Senator bernama John McCain pernah dikurung.

Sebagian besar bangunan Hoa Lo dihancurkan pada 1990-an, tetapi bagian selatannya dilestarikan sebagai bagian dari wisata edukasi untuk generasi ke generasi yang akan datang.
Pengunjung dapat melihat sebuah display yang menunjukkan penderitaan para tahanan Vietnam pada tahun 1970-an.

Jelajahi Benteng Kekaisaran


Kegiatan selanjutnya yang dapat anda lakukan di Hanoi ialah melihat dan menjelajahi Benteng Kekaisaran Hanoi. Di sini, wisatawan dapat melihat tempat yang digunakan untuk menjadi aglomerasi bahkan lebih besar dari tiga benteng yang didirikan oleh Kaisar Ly Thai To pada 1011.
Pada tahun 1800-an, para penguasa kolonial Perancis memutuskan untuk merobohkan sebagian besar Benteng untuk membangun benteng versi mereka sendiri. Benteng yang mereka tinggalkan sekarang menjadi rumah Kementerian Pertahanan Vietnam.

Mencicipi Kopi Vietnam


Kopi Vietnam atau yang di Indonesia dikenal dengan sebutan vietnam drip. Vietnam mengambil budaya minum kopi ala Perancis namun dalam beberapa bagian telah dimodifikasi menjadi veris mereka sendiri.
Vietnam drip adalah sajian kopi yang disajikan dengan Pres Perancis. Kopi di masukkan ke dalam filter infus Vietnam yang unik yang disebut phin. Bila orang Perancis biasa minum kopi dengan krim, dalam sajian Vietnam Drip krim diganti dengan susu kental.
Minuman ini enak dinikmati saat masih hangat. Cita rasa campuran antara susu kental dengan kopi menghadirkan cira rasa dengan kesan rasa yang kuat, meski ada rasa manis, rasa pahit di dalamnya juga tidak hilang.
Mencicipi kopi vietnam akan menjadi pelengkap sempurna paska anda berjalan-jalan seharian di Vietnam. Untuk mencicipinya anda bisa pergi ke Hanoi Trieu Viet Vuong, di kawasna teduh tersebut ada banyak sekali kafe yang siap menyajikan vietnam drip untuk anda.

Melihat Kuil Suci Hanoi



Kuil suci Hanoi ialah sebuah tempat yang dibangun berdasarkan aturan feng shui.
Para Kaisar dari ibukota Thang Long kuno memutuskan pembangunan empat kuil di empat arah mata angin untuk memblokir energi buruk mengalir masuk ke seluruh kota. Secara kolektif, kuil-kuil tersebut antara lain bernama Bach Ma, Voi Phuc, Kim Lien dan kuil Quan Thanh. Keempat kuil tersebut disebut sebagai Thang Long Tu Tran (empat penjaga).

Kuil Bach Ma menjaga timur
Dibangun pada abad ke-9. Bangunan ini menjadi bangunan yang tertua dari keempat kuil suci tersebut. Bangunan ini didedikasikan untuk kuda putih yang memandu pembangunan situs.
Voi Phuc Temple melindungi dari barat
Kuil suci ini dibangun untuk menghormati seorang pangeran dengan gajah yang membantunya mengalahkan pasukan China yang menyerang.
Kim Lien Temple
Kuil ini untuk melindungi dari selatan, meskipun uniknya lokasinya berada di sisi utara.
Quan Thanh melindungi dari arah Utara
Kuil ini terletak di tepi Danau Barat, didedikasikan untuk dewa yang membantu mengusir roh jahat dan penyerbu asing.

Melihat Pemandangan Kota Hanoi dari Sky-High Views di Lotte Center


Kalau anda memiliki keberanian yang cukup untuk melihat pemandangan dari ketinggianm maka Sky-High Views adalah tempat yang tepat di ibukota Vietnam.
Tempat itu berada di Lotte Center Hanoi. Tempat wisata yang selesai dibangun pada tahun 2014 ini menjadi tempat idaman bagi siapa saja yang suka melihat pemandangan Hanoi dari ketinggian.
Lotte Center adalah gedung tertinggi kedua di kota Hanoi, yang mana bangunan ini memiliki sudut pandang 360 derajat dari lantai paling atas.

Menyaksikan Pertunjukan Tradisional di Teater Boneka Air Thang Long


Area pementasan Teater Boneka Air Thang Long dulunya merupakan sawah. Ide mengubah sawah menjadi kawasan pertunjukan dilakukan oleh petani yang kreatif membuat inovasi wisata hiburan.
Area pertunjukan teater tradisional ini menggunakan sawah yang tidak digunakan tetapi tergenang air untuk menampilkan pertunjukan boneka. Air menutupi sebagian panggung boneka, sementara dalang bekerja di balik tirai hitam, diiringi oleh musisi tradisional.

Thang Long Water Puppet Theatre melayani wisatawan dan penduduk setempat yang ingin melihat pertunjukan teater boneka. Ada empat macam pertunjukan setiap hari.
Teater boneka air memerankan kisah-kisah dari kehidupan desa Vietnam dan legenda nasional.  Uniknya, teater ini tidak terlihat sepenuhnya tradisional alias tidak menggunakan teknologi sama sekali, karena teater Hanoi menggunakan efek asap modern dan pencahayaan.
Lebih dari 150.000 pengunjung menyaksikan bentuk seni tradisional Vietnam ini di Thang Long ini setiap tahun.

Mengarungi Red River


Dengan mengambil tour red river, wisatawan dapat memulai perjalanan untuk melihat ibukota dari sudut pandang yang berbeda, dan langsung menuju ke beberapa situs utama di luar batas kota.
 Sepanjang jalan, Anda akan berhenti di kuil bersejarah seperti Chu Dong Tu di provinsi Hung Yen, dan desa-desa manufaktur tradisional seperti Bat Trang yang menjalankan bisnis memproduksi porselen berkualitas tinggi selama ratusan tahun.

Belanja dan Makan di West Lake Hanoi


Kembali lagi ke acara belanja dan wisata kuliner. Kota Hanoi memiliki beragam restoran berkualitas internasional, bar, dan juga tempat wisata belanja yang lengkap dan menarik.
Di sepanjang Duong Thuy Khue, terdapat restoran yang menawarkan hidangan seafood. Anda juga bisa merasakan kesenangan berbelanja di sekitar West lake. Di mana ada area kantong bernama Tay Ho untuk menikmati pemandangan kota sambil jajan street food ala Vietnam.
Di samping itu, cobalah untuk melakukan walk tur melewati jalur Xuan Dieu di sekitar hotel-hotel mewah, toko-toko, dan restoran.
Demikian ke 13 atraksi terbaik di Hanoi. Tempat wisata di Hanoi layak untuk anda kunjungi kapan saja anda inginkan. Selamat berwisata!

Kalau anda ingin ke Hanoi bersama Naraya Trip Planner, silahkan hubungi channel di bawah ini:


No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.