Latest News

6 Tips Travelling Saat Dolar Mahal




Narayatrip.com—Ketika dolar naik, anda yang hobi travelling mungkin bertanya-tanya apa yang harus anda lakukan ketika keinginan jalan-jalan anda sangat tinggi tapi biaya juga semakin tinggi?

Anda mungkin memilih untuk membatalkannya karena budget yang anda miliki tidak sesuai untuk berjalan-jalan ke luar negeri. Ketika harga dollar AS semakin melambung tinggi terhadap rupiah, tidak hanya traveller saja yang kebingungan, tapi mostly semua orang yang terlibat dalam perekonomian juga merasakan dampaknya.

Anda mungkin penasaran apa sih yang menyebabkan nilai tukar rupiah bisa melemah di hadapan dolar? Alasannya ada sebagai berikut:

·         Kebijakan bank Sentral Amerika Serikat, the Federal Reserve menaikkan buga acuan. Ketika angka pengangguran di negeri paman sam terus bekrurang, dan membuat daya beli masyarakat semakin meningkat, memberikan alasan yang cukup untuk The Fed selaku otoritas moneter di negeri tersebut untuk menempuh kebijakan kenaikan bunga acuan guna mengendalikan perekonemian. Sayangnya, suku bunga acuan ini juga berpengaruh pada pemodal global. Dana pemodal asing yang tadinya parkir di pasar negeri berkembang  seperti Indonesia memilih untuk memburu dolar, inilah yang menyebabkan tekanan nilai rupiah terhadap dollar mengalami pelemahan. Dan bukan hanya rupiah saja yang mengalami dampaknya melainkan hampir semua mata uang di duna juga melemah melawan dollar AS.

·         Selain bank Sentra Amerika Serikat yang dapat mempengaruhi mata uang, kondisi ketidakpastian global juga memberikan pengaruh terhadap pemelahan mata uang di hadapan dollar AS.

·         Kondisi defisit neraca perdagangan di mana nilainya mencapai US$2,83 miliar hingga bulan Mei year-to-date. Cadangan devisa juga terus tergerus karena tekanan terhadap rupiah yang terus menerus berlangsung.

Akhirnya, ketiga faktor itu memberikan pengaruh yang cukup tinggi terhadap pelemahan rupiah di mata dollar. So, bagi kamu traveller yang sebelumnya sudah merencakan perjalanan keluar negeri, sebaiknya ubah rencana anda, simak tips travelling ketika dollar mahal berikut ini: 

1. Ubah Tujuan Travelling
Bila masih memungkinkan, ubah tujuan travelling anda. Tidak usah ke negara yang sangat jauh atau yang membuat anda harus menukar uang rupiah ke dolar. Anda bisa datangi negara-negara sekitar yang nilai tukarnya tidak terlalu mahal di mata rupiah, misalnya ke negara di kawasan Asia Timur, Asia Selatan, Asia tenggara, dan lain sebagainya.

2. Atur Ulang Itinerary
Bila anda sudah menentukan itinerary perjalanan pribadi dan ternyata ketika direview ulang tujuan tersebut membuat anda mengeluarkan uang terlalu banyak, ubah itinerary tersebut. Mungkin anda bisa mengubah tujuan pergi ke tempat wisata bertiket menjadi ke tempat wisata yang free, seperti tour menjelajahi kota, melihat-lihat gedung dengan jalan kaki, tanpa masuk ke lokasi wisata tertentu. Anda bisa melihat landmark kota, duduk santai di sebuah cafe, atau jalan-jalan dan memotret di sekitar penginapan. Kegiatan tur kecil ini bisa menjadi pengganti acara liburan mahal anda sebelumnya. 

3. Manfaatkan promo kartu kredit dan tiket pesawat
Kalau anda belum terlanjur membeli tiket dan memesan kamar hotel di sebuah negara tujuan wisata anda, anda bisa memanfaatkan promo kartu kredit atau tiket pesawat untuk bepergian ke tempat wisata di luar negeri.
Air asia sering membuka promosi, bahkan bagi-bagi tiket gratis, memang untuk meraihnya anda harus bekerja keras, tapi ini lebih baik anda lakukan daripada mengeluarkan biaya mahal bukan?
Di samping itu, kadangkala penerbit kartu kredit bank kepercayaan anda juga akan mengadakan promo-promo spesial khusus untuk transaksi ke luar negeri. Manfaatkan semua itu supaya anda bisa menghemat lebih banyak pengeluaran.

4. Manfaatkan jaringan pertemanan
Kalau anda memiliki teman yang tinggal di luar negeri, bagaimana jika anda mengabarinya bahwa anda akan melakukan kunjungan dan mungkin dia bisa membantu anda untuk meminjamkan kamarnya, sehingga anda bisa menghemat pengeluaran anda untuk menyewa kamar. Di samping itu, mungkiin teman anda bisa menjadi guide lokal anda yang lebih tahu bagaimana cara menghemat selama tinggal di luar negeri.

5. Batasi pengeluaran
Anda harus membatasi pengeluarna dengan cara membuat daftar pengeluaran anda. Kalau anda ingin membeli oleholeh, pastikan anda sudah memasukkannya ke rencana perjalanan anda. Berapa jumlah uang maksimal yang akan anda habiskan dan berapa jumlah minimalnya sudah harus ditentukan sejak sebelum keberangkatan. Lalu, ketika anda sudah sampai anda harus disiplin dengan perhitungan anda sendiri, jangan sedikitpun melenceng dari hal tersebut. 

6. Atur perangkat gadget anda
Smartphone anda sangat penting untuk diperhatikan, ketika di luar negeri, jangan lupa untuk mengatur ponsel anda supaya tagihannya tidak membengkak akibat roaming atau karena mengonsumsi data internet, sehingga pengeluaran anda membengkak.


Demikian enam tips untuk anda, para traveller yang suka bepergian kapanpun anda inginkan. Ketika dollar menjadi mahal, tidak perlu pusing, yang harus anda lakukan ialah tetap membuat perencanaan perjalanan yang terperinci dan disiplin dengan aturan yang anda buat sendiri!

No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.