Latest News

5 Makanan Khas Kamboja, yang Terakhir Ekstrim




Narayatrip.com—Tempat wisata di Kamboja tak kalah menarik dengan tempat wisata di Thailand dan negara lainnya, jadi kapan-kapan jika ada waktu, mampirlah ke sana. Seandainya tidak memiliki waktu untuk merencanakan perjalanan sendiri, kamu bisa minta tolong pada Naraya Trip Planner untuk melakukannya. Naraya Trip Planner menyediakan beragam paket wisata liburan baik dalam maupun luar negeri.


Selain tempat wisatanya yang menarik, Kamboja juga memiliki makanan khas Kamboja yang tak kalah unik, memiliki cita rasa yang tidak mudah untuk dilupakan, serta cara penyajian yang menarik mata untuk selalu melihatnya. Bahkan bisa menjadi bahan update Instagram jika kamu mau.

Berikut lima makanan khas Kamboja yang sebaiknya tidak kamu lewatkan sedikitpun selama berjalan-jalan di kawasan wisata Kamboja.

  1. Nom banh chok


Namanya saja unik, Nom banh chok, memiliki kemiripan vocal dengan beberapa masakan di Vietnam. Bagaimanapun hal itu bsia saja terjadi karena masih dalam satu lingkup Asia.


Masakan Nom Banh Chok makanan khas Vietnam bernama Pho. Masakan itu terbuat dari mie yang dimasak dengan cara tertentu kemudian disajikan dengan beberapa sayuran. Masakan Nom Banh Chok di Kamboja bisa dibeli di sekitar pasar pusat kota Siem Reap, sekalian menikmati wisaa belanja ke Kamboja, mampirlah ke salah satu kedai yang menjualnya. Ketika mendapatkan semangkuk mie Nom Banch Chok, seketika kamu pasti akan ingat dnegan Pho di Vietnam jika pernah mencobanya, karena masakan yang harganya berkisar antara 0,50 USD dan 1 USD ini dibuat dari mie.

Masakan tersebut kemudian disajikan bersamaan dengan daun mint, toge, kacang hijau, bunga pisang, dan mentimun. Kemudian disiram dengan kari hijau yang dibuat dari bahan utama berupa ikan. Masakan ini dulunya hadir secara khusus di acara-acara khusus seperti pesta pernikahan atau acara keagamaan, tapi karena jaman sudah berkembang, masakan ini pun menjadi salah satu komoditas bisnis seperti tumpeng di Indonesia, yang sebelumnya merupakan makanan khas khusus untuk upacara tradisi sudah berkembang menjadi komoditas bisnis dan disajikan dengan cara-cara yang lebih kekinian sesuai dengan selera masyarakat.


  1. Lap Khmer


Menyebut nama Lap Khmer, jadi ingat dengan Khmer red curry yang sama-sama masakan khas Kamboja. Bedanya jika Khmer Red Curry adalah sup kari merah dengan bahan utama daging, maka Lap Khmer merupakan salad khas Kamboja.


Masakan khas Kamboja ini terbuat dari irisan daging mentah yang sebelum disajikan diproses masak dengan cara direndam terlebih dahulu dengan jeruk nipis, batang serai, bawang merah, bawang putih, saus ikan, kemangi, daun mint, kacang hijau, dan lada.

Hasil dari proses perendaman itu menciptakan cita rasa yang unik, asam, manis, dan juga mengandung aroma segar khas batang serai dan jeruk nipis. Setelah proses masak secara alami itu berjalan lancar, maka Lap Khmer biasa disantap dengan nasi dan cabai segar. Untuk penggila rasa pedas, pasti akan menambahkan banyak sekali irisan cabai. So, kamu juga tak boleh melewatkannya!


  1.  Ang dtray-meuk





Namanya cukup unik, Ang dtray-meuk merupakan makanan khas Kamboja yang terbuat dari cumi-cumi utuh. Cumi-cumi tersebut dimasak dengan cara dipanggang. Pecinta seafood pasti tak ingin melewatkannya.

Masakan khas Kamboja Ang dtray-meuk bisa dibeli di bagian pesisir Kamboja seperti Sihanoukville. Maklum saja karena masakan ini merupakan masakan seafood yang pastinya lebih mudah ditemukan dibagian pesisir karena letaknya berdekatan dengan lautan, sumber kehidupan cumi-cumi yang siap untuk ditangkap kapan saja oleh nelayan.

Ang dtray-meuk memiliki cita rasa yang gurih dan aroma jeruk nipis yang kental, sebab sebelum dipanggang, cumi-cumi akna diolesi dengan perasan jeruk nipis terlebih dahulu. Ada juga sebagian orang Kamboja kadang mengganti air perasan jeruk nipis dengan saus ikan, baru kemudian dipanggang di atas bara arang sampai tercium aroma harum khas cumi-cumi panggang. Setelah matang, kemudian disajikan bersama dengan saus merah khas Kambja dalam mangkuk kecil.


  1.  Fish amok
Masakan khas Kamboja bernama Fish amok mengingatkan pada salah satu karakter drama Taiwan bernama Among dalam drama berjudul “Devil Beside You”. Among adalah tokoh protagonist yang memiliki sifat urakan. Well, mari kembali fokus pada masakan khas Kmaboja brnama Fish Amok ini. sama seperti drama “Devil Beside You” yang populer di kalangan anak muda, masakan Fish Amok juga populer dan menjadi makanan khas Kamboja yang sering dicari oleh wisatawan dari berbagai negara.

Masakan Fish Amok ini dibuat dari ikan, uniknya bentuknya menyerupai pudding. Cita rasanya yang menarik dilidah dihasilkan dari bumbu rempah khas Kamboja. Well, yah masakan Kamboja, Thailand, Taiwan, dan lain sebagainya, negara-negara di kawasan Asia ini pasti kental dengan rempah-rempah karena merupakan negara penghasil rempah, jadi jangan heran jika memiliki kesamaan cita rasa.

  1. Semut merah dengan daging sapi


Tidak hanay di Gunung Kidul Indonesia saja yang tertarik dengan makanan yang terbuat dari Serangga. Di Kamboja pun ada masakan yang terbuat dari Serangga, seperti Tarantula, jangkrik, belalang, dan kalajengking. 
Masakan khas Kamboja berbahan dasar serangga ini umumnya dijadikan cemilan dan dijual di pinggir-pinggir jalan. Salah satu yang ekstrim dan menantang selalu menarik perhatian wisatawan ialah semut merah, rasa dan bentuknya unik.

Semut merah, kuliner khas Kamboja ini biasanya digoreng terlebih dahulu. sebelum digoreng, semut merah dibalurkan dalam bumbu berupa jahe, serai, bawang putih, daun bawang, dan irisan daging sapi. Ada juga yang ditambahkan dengan cabai yang berlimpah untuk memenuhi keinginan para pecinta kuliner pedas.


No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.