Latest News

Ikan Bakar Colo-colo, Favoritnya Para Pecinta Makanan Pedas

Ikan bakar colo-colo


Narayatrip.com-I like to share something unik from the world, now i will share something about interesting kuliner from Makassar. The name of this culiner is Ikan Bakar Colo-colo. Cek it!


Ikan Bakar Colo-colo sangat terkenal di Makassar.  Ikan Bakar Colo-colo dibuat dengan bahan utama berupa ikan lema, yang tergolong ikan kembung. Ikan ini memiliki ukuran besar, maka dagingnya pun banyak.

Makan ikan bakar colo-colo saja tanpa nasi sudah bisa membuat Anda kenanya, tapi percaya deh, masakan ini enak banget kalau dijadikan lauk nasi hangat. Well, sebenarnya, ikan bakar colo-colo tidak hanya bisa dibuat dengan ikan lema, tapi juga bisa dibuat dari ikan tongkol, karena kedua ikan ini memiliki struktur daging yang sama, sehingga salah satu alternatif untuk dibuat menjadi ikan bakar colo-colo.

Untuk menikmati ikan bakar colo-colo di Makassar, Anda bisa mampir ke setiap rumah makan. Off course, rumah makan di sekitar Ambon pun juga ada yang menyediakannya.

Bumbu utama untuk masak ikan bakar colo-colo ialah  bawang putih, lada, cuka dan kecap. Semua bumbu tersebut dicampurkan dan diaduk rata, sambil di masak di atas api sedang. Masukkan ikan ke dalam bumbu campuran tersebut, diamkan selama beberapa menit, agar bumbu meresap sempurna.

Sambil menunggu ikan matang, bumbu pelengkap colo-colo akan disiapkan. Bumbu pelengkap tersebutlah yang dinamakan sambal colo-colo.
ikan bakar colo-colo


Sambal colo-colo ini terdiri atas terdiri atas tomat, kemangi, cabai, garam secukupnya, lemon cina, bawang merah, gula, kecap secukupnya dan beri air secukupnya kemudian aduk hingga rata.

Pemakaian lemon bermanfaat untuk menimbulkan rasa asam secara otomatis, dan ini juga akan mengurangi bau amis ikan. Dengan demikian, rasa dan aroma ikan jadi netral dengan sendirinya.

Kembali ke ikan yang sudah direndam dalam bumbu, ikan tersebut diangkat kemudian ditiriskan sebentar. Hanya didiamkan sebentar supaya resapan bumbu semakin sempurna, dan bumbu yang menempel tidak mudah terjatuh ketika diangkat dan dibakar di atas bara.

Ikan yang sudah siap kemduian dibakar dengan bara sedang. Ketika dibakar akan tercium aroma bumbu yang sangat kuat, tercium bau harum yang seakan menggoda selera makan.

Ikan bakar colo-colo yang sudah siap disajikan, kemudian disajikan bersama dengan sambal colo-colo. Lengkap dan sempurna sudah sajian ikan bakar colo-colo jika sudah disajikan dengan sambalnya.

No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.