Latest News

Kupang Lontong, Masakan Terbuat dari Kerang khas Jawa Timuran

Kupang Lontong


Narayatrtip.com
-Hello again! finnally i can comeback to this website!
coz i have many work in other side, its make me to forgot about this web for a while.


well, now, i will write about Lontong Kupang.
Lontong Kupang bisa disebut secara terbalik dengan nama Kupang Lontong.

Masakan ini berasal dari daerah Jawa Timur, khususnya di daerah Surabaya, Sidoarjo dan Pasuruan.
Sementara di daerah pesisir timur Jawa Timur, lontong kupang yang terkenal ialah Kupang Keraton.
Kupang keraton sedikit berbeda, karena namanya diambil dari suatu daerah di Kabupaten Pasuruan.

Kupang dibuat dari sejenis kerang. Penduduk daerah Jawa Timur, Sidoarjo dan Pasuruan pada khususnya bekerja untuk mencari dan berdagang kerang kupang.

Kupang-kupang tersebut dijual mentah dan ada juga yang menjualnya ketika sudah matang.
Kupang sangat laris di daerah Jawa Timur karena masyarakat percaya, memakan lontong kupang sambil minum air degan atau es batu bisa meluruhkan racun dalma tubuh. Dengan demikian, seseorang yang memakan Kupang Lontong akan jadi sehat.

Lontong Kupang biasanya akan disajikan dengan sate kerang dengan tempurung degan atau dengan gelas es degan. Bahan utama pembuatan Lontong Kupang pada umumnya kupang putih, bentuknya kecil seperti biji beras atau biji kedelai. Kupang tersebut kemudian dikupas dan dimasak sampai matang dengan bumbu yang sudah dipilih.

Dalam penyajiannya, sesuai namanya kupang yang sudah siap saji akan disajikan bersama dengan lonthong, terbuat dari beras yang dibungkus dengan daun pisang. Selain itu, akan ditambahi dengan kuah petis dan sedikit perasan jeruk nipis.

Perasan jeruk nipis akan menambah kesegaran Kupang Lonthong. Lalu, sajian ini akan jadi lengkap ketika segelas air degan juga tersaji di antaranya. Untuk penyajian degan, sesuai dengan selera saja, bisa dengan tempurungnya atau sudah dalam gelas. Bebas.

Kupang Lontong

Kupang dipercaya menyehatkan badan

Masyarakat Jawa Timur percaya bahwa kupang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Hal itu bukan isapan jempol belaka, Kupang memang bisa menjadi sumber asam amino esensial yang baik.

Kupang putih, diketahui memiliki kandungan asam amino yang baik. Ada sepuluh jenis asam amino yang terkandung dalam kupang, antara lain : treonin, valin, metionin, isoleusin, leusin, fenilalanin, lisin, tripsin, histidin, dan arginin.

Semua itu sangat penting untuk tubuh manusia, karena dapat membantu mengembalikan tingkat asam amino dalam tubuh yang tidak dapat dibentuk sendiri oleh tubuh.

Selain itu, kupang juga mengandung mikronutrien yang bermanfaat bagi kesehatan yaitu Fe (zat besi) dan Zn (zinc/seng). Zat besi diperlukan oleh tubuh untuk membentuk sel-sel darah merah, sedangkan Zinc merupakan komponen penting beberapa enzim untuk memperlancar metabolisme dalam tubuh. Kupang juga mengandung asam-asam lemak yang dibutuhkan tubuh manusia, antara lain

Kupang merah mengandung 8,97 LA (asam linoleat), 2,77% EPA (eikosapentanoat), 3,65% DHA (asam dokoheksanoat). Sedangkan kupang putih mengandung 12,31% LNA (asam linoleat), 6,52% EPA, dan 6,61 DHA.

Asam lemak esensial omega-3 membantu melancarkan transportasi oksigen dan nustrisi makro (protein, lemak, dan karbrohidrat) ke dalam sel-sel tubuh sehingga dapat membantu pembuangan produk sisa metabolisme seperti karbondioksida dari sel, sedangkan EPA sangat efektif mengurangi kerusakan otot.


No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.