Latest News

Gulai Balacan, Masakan Khas Riau Berkuah Terasi

Gulai Belacan


Narayatrip.com-Mencicipi kuliner Nusantara tidak ada habisnya, dari Sabang sampai Merauke, di setiap sudut kota dan desanya selalu ada masakan khas daerah masing-masing.

Kalau Anda benar-benar tertarik untuk merasakan semua cita rasa kuliner Nusantara, maka jangan lewatkan sedikitpun restoran, warung atau pun sajian yang diberikan oleh orang-orang tertentu pada Anda ketika sedang melakukan kunjungan ke daerah tertentu.

Cicipi, masakannya, setidaknya sampai tiga jenis. Kemudian, rasakan perbedaannya, setelah itu berikan review dan sebarkan ke seluruh dunia via media sosial, blog, atau youtube agar kuliner nusantara semakin terkenal dan semakin ingin dicicipi oleh wisatawan dari berbagai negara.

Salah satunya, yang tidak boleh dilewatkan ialah kuliner khas Provinsi Riau. Masakan terkenal ini berupa sambal terong asam dan Gulai Belacan. Gulai belacan merupakan masakan khas dari Riau yang terbuat dari kuah campuran belacan atau di Jawa disebut terasi. Kuah terasi tersebut dimasak dengan udang atau ikan. Tampilannya akan mengingatkan Anda dengan gulai daging di Jawa.

Sambal Belacan

Masakan ini berbahan dasar utama daging ikan atau udang. Ikan dan udang yang sudah dibersihkan kemudian dimasak dengan bumbu, antara lain asam jawa, petai, gula pasir, santan, minyak goreng, lada, bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai merah, dan cabai rawit, serta bumbu utama berupa terasi atau disebut belacan di Riau.

Belacan atau terasi terlebih dahulu dibakar sampai tercium bau yang tajam. Kemudian, dijadikan bumbu masak. Proses memasak gulai belacan dimulai dari memanaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang, kemudian masukkan udang atau ikan (sesuai selera Anda) dan masak sampai udang berbah warna dan matang.

Selanjutnya, masukkan bumbu seperti santan, air asam Jawa, gula pasir, garam, dan lada. Campurkan semua bumbu dan masak sampai matang. Masak sampai kuah mengental, baru kemudian tambahkan petai, aduk lagi sampai merata. Setelah petani agak matang, angkat adonan.

No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.