Latest News

Menikmati Sajian Khas Bali, Ayam Betutu

Ayam Betutu

Narayatrip.com-Bila Anda sedang berlibur ke Bali, jangan lewatkan untuk mencicipi ayam Betutu. Bali adalah tempat di mana Anda bisa melepaskan lelah sebentar, merasakan keindahan pulau Bali yang juga disebut pulau seribu pura ini akan memberikan Anda kesempatan meninggalkan sejenak pekerjaan yang menumpuk dan membuat Anda sibuk dengan ketentuan-ketentuan tertentu.

Bali memiliki beragam destinasi wisata seperti Pantai Kuta, pantai Jimbaran, tanah lot, museum, dan lain sebagainya. selain kaya dengan destinasi alam dan budaya, Bali juga kaya akan destinasi wisata kuliner.

Salah satu daya tarik kuliner Bali ialah makanan yang dinamakan betutu. Makanan ini bisa dibuat dari daging ayam, daging sapi, atau pun daging babi. Olahan Betutu, sebelumnya biasa dihadirkan ketika menyambut upacara adat, upacara hari raya tertentu, dan juga jika ada acara formal yang istimewa.

Ayam Betutu


Akan tetapi, sejak wisata bangkit menjadi salah satu komoditi ekonomi yang menjanjikan, warga setempat berinovasi menjadikan sajian betutu sebagai salah satu daya tarik untuk membuat wisatawan semakin betah tinggal di Bali.

Ciri khas Betutu

Betutu merupakan makanan khas Bali yang terbuat dari daging ayam, bebek, sapi, atau babi yang dipangging. Daging ayam atau bebek atau daging lainnya akan berisi bumbu betutu, yang kemudian dipanggang dalam api sekam. Di jaman modern sekarang ini, pemanggangan sudah dilakukan dengan oven atau di atas arang.

Betutu yang terkenal ialah betutu asal desa Melinggih, Kabupaten Gianyar dan Betutu dari Gilimanuk. Akan tetapi, kalau Anda ingin mencicipi ayam Betutu, tidak perlu pergi ke dua desa tersebut, ayam betutu sudah bisa dinikmati di restoran hotel tempat Anda menginap atau pun di restoran dekat tempat wisata yang Anda datangi.

Ayam Betutu

Betutu diproses dari seekor ayam segar, yang kemudian dipisahkan bagian jeroannya. Bagian tersebut diganti dengan bumbu betutu. Kemudian dibungkus dengan daun pisang beserta pelepah pisangnya. Setelah dibungkus, daging ayam tersebut lalu dipanggang. Daun pisang akan menambah aroma sedap pada daging ayam.

Bumbu betutu yang meresap ke dalam daging membuat daging ayam semakin mantap di santap. Aroma rempah-rempah akan membuat Anda semakin bergairah menyantapnya. Daging ayam yang sudah empuk dan terasa gurih itu bisa langsung Anda nikmati dengan nasi yang masih panas, disertai dengan sambal khas Bali seperti sambal matah, maka kenikmatan menyantap betutu semakin terasa.

Harga ayam betutu yang dijual di Bali cukup relatif, tergantung di lokasi mana Ande membelinya dan juga tergantung daging ayam yang Anda pesan, bila hanya berupa potongan harganya tentu akan sangat berbeda jika Anda memesan betutu seekor ayam utuh. 

No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.