Latest News

Mengenang Jonghyun SHINEE Sebagai Composer dan Pencipta Lirik Lagu


Jonghyun Shinee

Narayatrip.com-Pertemuan yang tidak berarti, entah bagaimana sering berakhir dengan mengharukan. Meski ini bukan pertemuan secara langsung, tapi saya menyukaimu karena alasan tersendiri. Saya tahu alasan setiap orang menyukaimu akan berbeda dengan alasan saya.


Awalnya, saya tak tahu siapa dirimu, sama sekali tak mengenalmu. Saya mengenal bandmu, SHinee, lewat seorang teman yang tinggal bersama denganku dalam sebuah rumah kos. Teman ini menceritakan banyak hal pada saya tentang SHinee, termasuk dirimu.

Dia juga yang memberi koleksi album Shinee pada saya. Beberapa saya dengarkan, saya merasa cocok dengan “Stand By You”, yang lainnya terasa biasa saja. Jujur, saya tak memperhatikan karir menyanyimu. Saya mendengar banyak tentang SHinee dan pencapaiannya. Bersama Shinee, kamu telah meraih banyak sekali penghargaan.

Jonghyun Shinee

Bersama Shinee kamu sudah melakukan banyak hal untuk fans, seperti SHINEE Tokyo Dome Concert, mengeluarkan berbagai single seperti ‘I’m Your Boys’, ‘Sing Your Song’, ‘DxDxD’, ‘Winter Wonderland’, dan sederet lagu hits lainnya. Bersama SHInee, kamu menjadi brand ambassador merk baju Clirde, terpilih menjadi spokeperson di restoran cepat saji Mexicana Chicken, dipilih menjadi model iklan busana santai keluaran China Eithtoo (H2) bersama member f(x), dan juga meraih berbagai piala bergengsi di bidang musik, seperti Seoul Music Award, Singapore Music Award, Korean Best Dresser Award, dan Golden Disk Award. Tidakkah itu memuaskanmu?

Sebagai penyanyi, kamu sangat baik dalam melakukan aksi panggung dan mengontrol suaramu. Akan tetapi, saya menyukaimu dengan alasan lain, bukan karena kamu sebagai penyanyi tapi karena kamu menciptakan lagu, kamu menulis lirik dan menjadi composer untuk penyanyi lainnya, membantu mereka semakin dikenal fans, bersinar, dan mampu menjiwai lirik yang kamu buat.

Prose menjadikan dirimu sendiri sebagai penyanyi sangat sulit, kamu harus melalui trainee sampai beberapa tahun. Kamu juga harus menjalani aktivitas yang padat, dengan jadwal-jadwal acara yang tidak semuanya kamu sukai. Kamu laksanakan semuanya dengan member Shinee dengan perasaan senang.

Saya mulai menikmati senyum dan candamu di Baby SHinee. Bersama member lain, kamu mencoba untuk mengasuh seorang bocah kecil, menjadi seorang ‘ayah’. Saat syuting Baby SHinee, saya melihat kamu yang paling sering melontarkan hal-hal jenaka, membuat semua orang di dalam ruangan itu tertawa, memecahkan suasana, bahkan ketika leadermu, Onew kelelahan, dan ketika Minho dan Key tak punya ide untuk memecahkan suasana yang kaku, kamu muncul.

Tahukah kamu, saat itu saya tahu, kamu punya bakat multitalenta sebagai seorang entertain, bakat yang mungkin tidak kamu sadari karena kamu terlalu concern dengan (jenis) musikmu sendiri.

Menjadi composer berarti kamu berjuang untuk menaklukkan banyak hal, kesabaran bekerjasama dengan penyanyi lain, kesabaran dalam control dirimu untuk memilih warna music yang tepat, dan kedisiplinan terhadap waktu. Kamu mungkin bekerja sepanjang hari, tanpa memikirkan tempat lain atau hal-hal lain seperti kehidupan pribadi. Menurut saya, pilihan inilah yang membuatmu memiliki karisma.

Sebagai seorang kreator, kau mungkin khawatir karyamu tak diterima dengan baik oleh penggemarmu. Hari ini, Selasa (19 Desember 2017) saya membaca pernyataanmu dalam sebuah surat wasiat yang disampaikan oleh sahabatmu. Isi surat itu mengatakan kamu sangat khawatir dengan warna musikmu, kamu menyalahkan dirimu sendiri karena sepertinya tidak memilih warna yang tepat untuk musikmu. Kamu begitu khawatir, sampai stress memikirkannya sampai tak mendapatkan jalan keluar.

Ketika membacanya, saya bertanya-tanya apakah kamu benar-benar tidak memiliki kesempatan untuk jalan-jalan? Sekedar bernafas, seperti yang kamu tulis dalam lagumu untuk Lee HI, “Breathe”, engkau berperan ganda dalam lagu ini bukan? kamu memperlihatkan dirimu sendiri, satu sisi yang masih mampu berpandangan positif, tapi di satu sisi kamu menyerah dan berharap akan ada seseorang yang menguatkanmu.

Sahabatmu, di luar sana, pasti percaya bahwa kamu masih kuat, masih mampu untuk bergerak ke arah positif? Tapi, siapa yang akan memperhatikan curhatanmu yang kamu selipkan dalam siaran radio? Dalam siaran itu kamu berkata, “Aku makin sensitive,” dan ada segmen lain kamu berkata, “Suasana hatiku mudah berubah seiring musim,”

Bila ada yang mendengarmu, pastilah itu fans, dan mereka akan berkata “Fighting!”, “Aku mencintaimu!”, “Kamu sangat baik hari ini,”

Tapi, kamu tidak merasakannya. Lagu yang kamu nyanyikan bersama Taeyeong, “Lonely”, sepertinya menjadi andalanmu untuk menunjukkan kondisimu. Kamu ingin berkata pada semua orang, keadaanmu, tapi kau tahu, sebuah lagu akan dianggap sebagai lagu, ada peran lain yang membuatnya menjadi sulit dirasakan sebagai pernyataan atas keinginanmu yang sesungguhnya. Peran itu berupa industri yang sangat besar, yang takkan bisa kamu lawan sendirian.

Jika kamu begitu khawatir akan dilupakan, kenapa kamu mencurahkan dalam segala sesuatu dalam lagu, kenapa kamu menciptakan lagu? Kamu tidak takut untuk dilupakan, seperti yang kamu tulis dalam “End of the Day”, kamu hanya lelah bukan? lelah yang berkelanjutan, membuatmu tak melihat adanya jalan keluar untuk mengatasi rasa lelahmu. Lelah itu adalah lelah yang melahapmu sampai ke tulang.

Music yang kamu komposisi, lirik lagu yang kamu buat, sejauh ini enak di dengar, tahukah kamu lagu ini termasuk lagu yang akan enak didengar kapanpun, sampai kapanpun tidak akan mati karena melodinya, karena liriknya akan mudah dinyanyikan oleh siapapun, hanya dengan satu syarat mampu menjiwai pesan dari setiap lirik lagumu.

Seperti ‘Playboy’ yang dinyanyikan EXO, kamu mengubah anak-anak polos itu menjadi sedikit nakal. Kamu berhasil sebagai produser dan composer music, tidakkah kamu menyadari itu?

Tatapan matamu yang terakhir kali di konser tunggalmu membekas. Foto yang menangkap momen itu takkan bisa dihapus. Akan ada fans yang menyimpannya, sebagai sebuah tanda terakhir keberadaanmu di dunia. Tatapan matamu yang kosong, kesepian, dan rasa kehilangan. Apa yang sebenarnya hilang darimu?

Apakah itu keberanian untuk melanjutkan karir? Keberanian untuk bernafas? Ataukah keberanian untuk membuat dirimu sendiri bahagia?

Jonghyun, Kim Jonghyun Shinee, kamu sudah melakukan banyak hal dengan baik. Kamu telah bekerja keras dengan baik, tidakkah kamu sadar, bakat terbaik di dunia ialah bisa bekerja keras sampai akhir, dan kau melakukannya. Seorang perempuan yang dulu pernah kamu semangati dengan mengatakan, “Kamu bekerja dengan baik di café ini,” akan selalu mengingat setiap kata-katamu. Begitu pula dengan teman-teman dan kolega yang pernah bekerjasama denganmu, akan selalu mengingat senyum dan caramu bercanda.

Saya akan merindukanmu sebagai seorang composer dan penulis lirik lagu. Bila penyanyi besar lahir dari kemampuannya menyanyikan lirik lagu, composer besar lahir dari kemampuannya memandu penyanyi memberikan jiwa pada lirik lagu. Kamu memiliki dua kemampuan itu. Keduanya sesungguhnya adalah sayapmu.


No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.