Latest News

HARI HAM INTERNASIONAL DAN LAUNCHING AMNESTY INDONESIA



Narayatrip.com-Walaupun Deklarasi Wina tahun 1993 dan Resolusi Komisi Hak Asasi Manusia PBB Nomor 77 Tahun 1993 (1993/77) telah menyatakan bahwa ‘penggusuran termasuk dalam pelanggaran berat terhadap hak asasi manusia, khususnya hak atas perumahan yang layak’, namun tindak penggusuran oleh dan atau yang melibatkan negara (pemerintah) terhadap warga negara masih ada bahkan marak terutama sejak digulirkannya kebijakan mengenai pembangunan infrastruktur, penataan kota, dan lain sebagainya. Kebijakan-kebijakan itu semakin massif digulirkan pasca Orde Baru tumbang karena kran investasi dibuka selebar mungkin.


Bisa disebut, ekspansi modal adalah faktor utama yang melandasi hadirnya banyak penggusuran di Indonesia. Situasi ini diperparah dengan absennya kesadaran warga negara terhadap pengetahuan akan hak-haknya. Padahal pengetahuan ini adalah instrumen utama yang harus disadari warga negara agar tindak sewenang-wenang negara terhadap warga negara dapat dihentikan. Karena, absennya kesadaran ini melahirkan pemakluman terhadap tindak penggusuran yang dilakoni negara terhadap warganya.

Di Bandung saja ada tiga wilayah yang digusur selama masa kepemimpinan Ridwan Kamil, diantaranya Kampung Kolase, Kebon Jeruk dan Kebon Waru. Kesewenang-wenangan ini tidak terlepas dari absennya kesadaran warga negara akan hak-haknya, baik warga negara korban penggusuran maupun warga negara non korban, yang mengakibatkan tiadanya kontrol dari warga negara terhadap negara.

Untuk itulah kegiatan Launching Amnesty Internasional yang akan bertempat di Dago Elos (belakang Terminal Dago), Bandung, Jumat, 8 Desember 2017, pukul 14.00 - 22.00 WIB, akan bertitik tekan pada isu mengenai penggusuran, lebih tepatnya mengambil posisi edukasi dan kampanye mengenai hak-hak warga negara di sektor agraria. Harapannya, agar ke depan tindak sewenang-wenang warga negara dapat dicegah bahkan dihentikan, tentunya oleh warga negara itu sendiri.

MARI HADIR DAN BERGABUNG!

No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.