Latest News

Coto Makassar Enak Disantap dengan Ketupat yang Dibungkus Daun Pisang


Coto Makassar

Narayatrip.com-Mencicipi makanan jangan setengah-setengah, begitu kata teman yang doyan dengan kuliner dari berbagai daerah.

Ketika seseorang amat bersemangat untuk mencicipi berbagai jenis kuliner di Indonesia, pasti tidak akan melewatkan satu  hidangan pun di negara ini. Apalagi, Indonesia dikenal sebagai negara dengan keanekaragaman kuliner yang sangat banyak. Satu daerah saja bisa memiliki ratusan masakan tradisional, bagaimana jika digabungkan?

Di Indonesia, ada masakanyang dinakaman Coto Makassar, masakan ini merupakan masakan tradisional dari Makasar yang terbuat dari bahan utamanya berupa jeroan sapi. Jeroan sapi yang sudah dibersihkan dan terpilih secara seksama soal tekstur dan kebersihannya, kemudian direbus sampai empuk. Setelah itu, jeroan sapi yang sudah empuk diiris-iris menjadi beberapa bagian kecil yang lebih mudah untuk dikunyah.

PROMO PAKET WISATA:
Paket Muslim IDTravel4All 🇹🇭 4H/3M Bangkok - Pattaya Series
Travel for All™ 5 Hari 4 Malam Korea Muslim Friendly Tour

Selanjutnya dibumbui dengan bumbu yang terdiri atas kacang, kemiri, cengkeh, pala, foeli, sereh yang ditumbuk halus, lengkuas, merica, bawang merah, bawang putih, jintan, ketumbar merah, ketumbar putih, jahe, laos, daun jeruk purut, daun salam, daun kunyit, daun bawang, daun seledri, daun perei, lombok merah, lombok hijau, gula tala, asam, kayu manis, garam, dan pepaya muda untuk melembutkan daging, dan kapur untuk membersihkan jeroan. Selain menggunakan rempah-rempah khusus di atas, masakan coto Makassar ini juga dimasak dengan wadah khusus menggunakan kuali yang terbuat dari tanah.

Rasa dan aroma yang dihasilkan dari campuran rempah-rempah tersebut di atas sangat khas. Cita rasanya juga gurih di lidah. Dikarenakan rasa dan aroma hidangan coto makasar yang sangat khas itulah membuat masyarakat semakin jatuh cinta pada coto makassar. Orang-orang Makassar percaya bahwa coto makassar yang dibumbui dengan berbagai macam rempah ini dapat menjadi penawar bagi penawar zat kolesterol yang dipercaya bisa membahayakan hati dan jantung. Rempah-rempah yang dimanfaatkan untuk membumbui bahan utama berupa, hati jantung, dan limpah ini juga bisa mengurangi bahaya kolesterol yang terdapat di masing-masing bahan.
Coto Makassar

Penyajian Coto Makassar 

Menikmati coto makassar terenak ialah ketika kuahnya masih hangat. Bila sudah dingin, sebenarnya perubahan suhu tidak akan mengurangi cita rasanya, hanya saja kenikmatannya berbeda. Banyak orang berkata, menikmati coto makassar yang terbaik ialah ketik masih hangat, karena kita bisa mencium aroma rempah yang sangat kuat dan itu membangkitkan selera makan. Ketika masih hangat, rasa kuahnya juga membantu menghangatkan tubuh.

Orang-orang yang sudah pernah mencicipi coto Makassar sepakat bahwa Coto Makassar enak disantap bersama dengan ketupat yang dibungkus dengan daun pisang. Sama halnya dengan jenis kuliner nusantara lainnya, coto makassar yang bercita rasa gurih ini sudah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia. Penyebarannya ke berbagai daerah di Indonesia ini sudah pasti mempermudah siapa saja yang ingin mencicipinya. Ketika sudah kangen dengan cita rasa gurih coto makassar, orang-orang tidak perlu repot pergi jauh sampai ke Makassar, cukup dengan pergi keluar rumah, masuk ke restoran atau warung khusus Coto Makassar di manapun, maka sudah bisa mencicipi semangkuk Coto Makassar yang memanjakan lidah.


No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.