Latest News

Target Market Agen Tour and Travel

Selo langit Prambanan yogyakarta

Narayatrip.com-Sukses di bisnis tour and travel bisa di dapat dengan mudah kalau Anda, sebagai pebisnis tetap fokus pada target yang ingin di capai.  Sama halnya dengan membangun bisnis lainnya, bisnis tour and travel juga membutuhkan rancangan bisnis dan rencana strategis guna mencapai sukses.


Apa fungsi rancangan bisnis? Dalam rancangan bisnis termuat visi dan misi dalam jangka pendek hingga jangka panjang.  Di dalamnya juga termuat target target yang ingin dicapai seperti market, strategi bisnis atau rencana bisnis, dan juga branding.

Ketiga hal itu saling terkait satu sama lain, tak bisa dipisahkan, strategi marketing akan memengaruhi bentuk banding yang harus dibuat oleh tim marketing,  di saat yang sama target marketing juga akan memengaruhi cara dalam melakukan promosi alias strategi bisnis untuk menjangkau konsumen yang tepat.

Memilih target pasar mungkin mudah, karena yang Anda perlukan dalam memilih target pasar ialah berapa besaran keuntungan yang ingin segera Anda peroleh dan apakah hal tersebut berbanding lurus dengan modal yang Anda miliki.  Memilih target erat kaitannya dengan jumlah modal yang diperlukan untuk memenuhi material promosi dan juga biaya operasional selama agen tour and travel Anda berjalan di awal operasional.

Pada umumnya, agen tour and travel akan mengambil uang panjar terlebih dahulu untuk mengikat tanda jadi dengan konsumen, nah sebelum keberangkatan agen akan melunasi kebutuhan hotel, transportasi, logistik, dan juga tiket wisata.  Semua itu akan dilakukan oleh agen terlebih dahulu, baru ketika sudah mendekati hari H konsumen akan diminta melunasi.  Dengan gambaran singkat di atas, sekarang Anda paham bukan kenapa target pasar akan berbanding lurus dengan modal yang dimiliki?

Demikian pula dengan branding produk, siapa saja konsumen yang ingin dijangkau akan menentukan jenis branding yang akan dikerjakan dan juga akan memengaruhi cara perusahaan melakukan promosi.  Branding produk akan dilakukan secara internasional ketika target pasar yang diinginkan juga mencakup orang asing.  Berbeda jika pasar yang disasar hanya orang lokal, branding tidak perlu dilakukan seluas dan sebesar produk untuk internasional.  Standarnya pun sudah pasti berbeda, produk internasional harus lolos standar operasional internasional atau setara dengan produk-produk internasional lainnya.

Produk domestik pun juga demikian, kualitas dan harga produk pun dibuat kompetitif dengan harga lokal. Penyesuaian ini penting guna menanggulangi kerugian dan juga persaingan yang tidak sehat.

Oleh karenanya ada perbedaan signifikan harga paket wisata untuk internasional market dengan lokal market. Di saat yang bersamaan harga lokal dan internasional dibuat kompetitif sesuai dengan kelasnya.

Demikian kami sampaikan target market agen tour and travel yang akan memengaruhi harga penjualan masing-masing paket wisata lokal dan internasional. 

No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.