Latest News

Relax di Bukit Teletubbies, Sleman Yogyakarta

Bukit Teletubbies credit Mutaya

Narayatrip.com-Pernah kebayang bukit Teletubbies ada di Sleman?
Sebelumnya, aku tidak mengetahui hal itu, sampai akhirnya aku mengikuti Funtrip Yogyakarta yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Yogyakarta


Dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan ke Yogyakarta dan memperkenalkan daerah wisata baru untuk menyebar keuntungan ekonomi ke berbagai sisi daerah, Dinas Pariwisata Yogyakarta mengajak Blogger untuk mengunjungi beberapa tempat wisata yang baru saja dibuka.

Salah satunya dalah Bukit Teletubbies. Wah! Ini pertama kalinya aku tahu di Sleman juga ada bukit Teletubbies. Dalam perjalanan dari Tebing Breksi menuju Bukit Teletubbies, setelah mengunjungi Selo Langit terlebih dahulu, aku membayangkan bahwa bukit Teletubbies ini akan nampak seperti Bukit Teletubbies yang ada di dalam TV, lengkap dengan ikon Teletubbies.

Ekspektasi itu muncul tentu saja karena sepanjang jalan, dengan menaiki jeep menuju lokasi Bukit Teletubbies, aku melihat perbukitan hijau di sisi kiri dan kanan jalan. Kami melewati jalan yang naik turun di antara hutan-hutan.
Taman Bukit Teletubbies credit Mutaya

Perlintasan Lembah dan Bukit
Lintasan yang harus kami lalui dari Selo Langit menuju Bukit Teletubbies, bagiku amat berkesan. Aku bisa menyaksikan bukit-bukit, lembah, dan rumah-rumah penduduk desa yang tinggal di antara lembah dan bukit itu.

Binatang ternak nampak dikandangkan di sisi kanan dan kiri jalan. Aku juga masih bisa merasakan udara alami, bersih karena tak banyak kendaraan berlalu lintas di sana. Aku bayangkan kondisi alami ini akan bertahan lama, maksudnya, ke depan tidak dipenuhi dengan swalayan, hotel, resort, atau yang lainnya hanya dengan tujuan untuk meningkatkan ekonomi.  

Aku berpikir bahwa orang kota membutuhkan udara segar ini, di daerah seperti ini.Mereka yang berwisata tidak ingin menikmati atau melihat hal-hal yang bisa dilihat juga ketika menginjakkan kaki di kota. Kesan bertraveling akan memudar ketika segala sesuatu yang ada di kota dibawa ke tempat wisata.
Bukit Teletubbies credit Mutaya

Sepanjang perjalanan aku sangat berharap, berlintasan dengan pemandangan lembah dan bukit hijau ini akan dipertahankan selamanya. Dunia masih membutuhkan ruang hijau! Dan ruang hijau ini ada di Sleman.

Keramahan Warga
Aku sering mendengar bahwa keramahan warga merupakan kelebihan Indonesia dalam menerima tamu, baik tamu domestic dari luar kota maupun tamu luar negeri. Hal ini kurasakan tak berubah, warga di sekitar Tebing Breksi, Selo Langit, hingga Bukit Teletubbies memiliki keramahan yang membuat siapapun yang bersisihan jalan dengan mereka tidak merasa terancam.

Di Bukit Teletubbies, ada sebuah rumah yang dihuni sejumlah anggota keluarga. Warga ini juga yang menyambut tamu dengan ramah, tidak segan untuk menyediakan kamar kecil, dan mushalla untuk shalat.

Rumah Dome Gempa dari Bukit Teletubbies
Satu-satunya alasan kenapa bukit hijau itu disebut Bukit Teletubbies adalah karena dari bukit tersebut kita bisa melihat rumah dome gempa Bantul yang dibuat mirip dengan rumah Teletubbies.
Dome teletubbies credit Mutaya

Ketika kita menghadap ke barat, kita bisa melihat hamparan pemandangan Bantul, sampai batas cakrawala membatasi jarak pandang kita. Pendekkan jarak pandang kita, maka saat itu Anda akan melihat rumah-rumah dome berbentuk setengah lingkaran mirip dengan rumah teletubbies.

Dome itu dicat berwarna-warni. Dari kejauhan, dan ketika cuaca cerah, warna-warninya menjadi hiburan tersendiri. warna-warninya yang bersatu dengan lingkungan meningkatkan ilusi optik pada pandangan kita.

Spot Keren untuk Fotografi
Hunting foto di Yogyakarta memang tak ada habisnya, sekalipun bukit Teletubbies, tidak terlalu luas, namun memiliki spot-spot yang bisa dipilih sebagai spot foto. Halaman yang luas dilengkapi dengan tempat-tempat untuk duduk santai, dan taman berumput hijau yang tidak dilarang untuk dijadikan tempat lesehan, juga ada gardu pandang yang akan jadi salah satu spot untuk mengambil foto di ketinggian.
gardu pandang bukit teletubbies credit mutaya

Selain itu, Bukit Teletubbies sudah dilengkapi dengan gazebo. Di sana kulihat ada dua gazebo dengan ukuran cukup luas untuk Anda bersama teman-teman duduk menikmati pemandangan. Di sisi barat ada lembah, di sisi utara ada deretan pegunungan.

Bagi para fotografer yang sensitive dengan landscape, tempat ini bisa dijadikan salah satu destinasi hunting foto di pagi maupun sore hari. Bisa juga dijadikan salah satu destinasi foto sesi baik itu pre wedding, modeling, photobook wisuda, dan lain sebagainya.

Gardu pandang itu juga bisa menjadi salah satu properti foto yang keren. Latar belakang langit, tanaman hijau, dan deretan pegunungan akan sempurna di mata para fotografer profesional.

Baca juga:

Rileks di Bukit Teletubbies
Bukit Teletubbies akan sangat menarik kalau dinikmati di senja hari, seperti di Bukit Klumprit. Apalagi kalau langit cerah dan tidak berawan. Kemungkinan kita untuk mendapatkan sunset atau pun pantulan cahaya sunset dari tempat ini sangat tinggi.

Kalau pun tidak untuk hunting foto, Bukit Teletubbies, bisa menjadi lokasi yang cukup relaxing untuk melepas penat dari kehidupan sehari-hari. Ketika sampai di tempat ini, sinyal data segera hilang, jadi aku yakin bahwa Anda bisa berjarak dari sinyal data, target kerja, dan deadline dari tempat ini.

Satu hal yang penting, belum ada tiket masuk yang dibebankan kepada wisatawan. Tiket saat ini masih include dengan biaya sewa Jeep dari Tebing Breksi menuju destinasi Bukit Teletubbies. Jeep disediakan untuk wisatawan dengan harga spesial. Jeep menjadi salah satu fasilitas bagi Anda yang ingin melakukan short atau long trip di sekitar destinasi wisata Tebing Breksi.


No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.