Latest News

Minuman Khas Negeri Sakura yang Aneh dan Unik

minuman khas jepang

Narayatrip.com-Saat akan pergi ke Jepang, membayangkan menikmati wisata kuliner adalah hal paling menarik yang biasa saya lakukan. Sampai detik ini, saya masih penasaran dengan berbagai macam kuliner khas Jepang.

Ada beberapa yang dijual di Indonesia, seperti ramen, takoyaki, dan sake. Tapi setelah mencicipinya, saya justru semakin penasaran dengan seperti apa rasa asli kuliner Jepang ini?

Dari berbagai macam informasi yang bisa dikumpulkan, sake merupakan salah satu minuman khas Jepang yang sangat akrab dalam kebudayaan minum orang Jepang. Dari restoran bintang lima sampai warung makan biasa di Jepang, pasti akan menyediakan sake.

minuman khas jepang


Sake yang merupakan minuman beralkohol khas Jepang ini ternyata ada dua tipe, satu sake yang beralkohol dan satu yang tidak beralkohol disediakan bagi mereka yang tidak kuat minum.

Sake diketahui dibuat dari hasil dari fermentasi dan filtrasi beras, bahan yang dibutuhkan hanya air, ragi, dan beras. Bahan-bahannya mudah ditemukan ya? Namun, tahukah Anda bahwa membuat sake ternyat tidak semudah yang dibayangkan. Ada teknik khusus, yang jika tidak dijalani secara sempurna, rasa sake menjadi tidak enak sampai tidak layak untuk disajikan.

Teh di Jepang

Selain sake ada minuman khas lainnya di Jepang, yakni teh yang disegani oleh para bangsawan Jepang. Seni minum teh atau Ocha khas Jepang sudah menjadi salah satu tradisi turun temurun sampai kini. Tradisi minum teh masih dilestarikan oleh kekaisaran Jepang.

minuman khas jepang

Ocha merupakan minuman teh khas Jepang yang terbuat dari daun teh hijau. Ada beberapa jenis ocha antara lain gyokuro, sencha, genmaicha, dan kukicha.

Salah satu teh yang khas di masyarakat Jepang ialah Mugicha. Teh ini tidak terbuat dari daun the, melainkan terbuat dari gandum bakar. Teh Mugicha dipercaya dapat menghilangkan stress.

Teh Unik di Jepang

Pernahkah mencicipi teh memiliki cita rasa pedas? Di Jepang ada loh, teh yang jika diminum malah memiliki cita rasa pedas. Teh itu disebut Sobacha. Uniknya, the ini juga beralkohol.

Minuman khas Jepang

Masih ada lagi teh unik di Jepang, yang disebut dengan Matcha. Teh berupa serbuk warna hijau ini disajikan tanpa mengunakan gula tambahan. Pada umumnya, teh dinikmati dalam upacara-upacara tertentu saja.

Shochu, Minuman Beralkohol Jepang

Salah satu minuman beralkohol di Jepang yang juga digemari masyarakat ialah Shochu. Sochu merupakan minuman khas Jepang dengan kadar alkohol yang lebih tinggi dibanding sake. Teknik pembuatan sochu ialah dibuat dengan proses penyulingan.

Selain Sochu, ada Amazake, yakni minuman khas Jepang yang memiliki kadar alkohol lebih rendah dibandingkan dengan sake. Amakaze pada umumnya dinikmati ketika musim dingin dan sering dijual di acara festival matsuri.

Baca Juga:

Minuman Keras Tradisional Jepang

Tahukah Anda tidak hanya sake yang merupakan minuman tradisional Jepang yang beralkohol, di sana ada yang bernama Nihonshu. Minuman ini merupakan minuman keras tradisional Jepang yang terbuat dari sakarifikasi jamur kouji, yang kemudian difermentasi dengan ragi.

Jamur tersebut terproduksi ketika pembuat minum hendak membuat Sake. Jadi, secara teknikal, bahan utama Nihonshu adalah beras. Sedangkan jamur kouji adalah jamur yang dihasilkan dari kukusan beras atau kedelai.

Keunikan Nihonshu ialah memiliki berbagai citarasa tergantung komponen yang dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatannya. Berdasarkan kombinasi air, beras, jamur dan ragi yang digunakan dalam pembuatannya, perbedaan jumlahnya bisa menghasilkan perbedaan rasa. Maka, ada Junmai yakni Nihonshu yang tidak diberi alkohol. Soal rasa, tergantung dari selera individu.

Junmai pun dibedakan menjadi dua, yakni Junmai Ginjo dan Daiginjo. Junmai Ginjo, dibuat dengan rasio beras putih kurang dari 60 persen ditambah dengan kouji beras, dan air. Junmai Ginjo memiliki aroma harum, rasa yang ebih lembut atau tidak menyengat.

Sedangkan Junmai Daiginjo, terbuat dari beras putih kurang dari 50%, kouji beras, dan air. Minuman ini memiliki aroma harum dan rasa lebih baik daripada Ginjo.



No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.