Latest News

Tips Menekan Budget Jalan-jalan


jalan-jalan. pixabay.com


Banyak orang ingin bisa jalan-jalan tapi dengan tanpa mengeluarkan biaya alias gratis! Well hal seperti ini sulit untuk dilakukan kecuali kamu memenangkan undian berhadiah jalan-jalan gratis. 

Narayatrip.com-Mari kita pikirkan bagaimana caranya jalan-jalan dengan budget minim tapi kita bisa  puas dengan berada di destinasi pilihan kita.

Ada beberapa tips yang saya temukan di internet, kemudian saya komparasikan, semoga bisa membantu, tidak hanya saya tetapi juga kawan-kawan sekalian. 

Begini tips menekan budget jalan-jalan agar nggak menghabiskan semua uang yang ada di dalam dompet.

1. Rencanakan perjalanan
Kunci utama sukses jalan-jalan dengan budget yang tidak besar ialah merencanakan perjalanan secara mendetail. Buat itinerary dengan prioritas penuh, misalnya ingin merilekskan pikiran maka baiknya pergi ke pantai atau ke gunung. Kemudian, jangan terlalu banyak tempat lain yang dikunjungi, prioritaskan saja ke maksimal dua tempta dalam satu hari agar bisa menikmatinya dalam waktu lama. 

2. Buat reservasi
Jika kamu pergi ke tempat yang jauh, buat reservasi terlebih dahulu ke sebuah hotel atau penginapan yang cocok dengan budget. Reservasi terlebih dahulu akan membantumu disiplin dalam perjalanan sehingga tidak mudah tertarik ke hal-hal lain. 

3. Pengetahuan
Bekali dirimu dengan pengetahuan mengenai daerah yang hendak kamu kunjungi. Kamu perlu tahu jadwal angkutan umum dibuka dan juga lokasi tempat-tempat umum lainnya, seandainya kamu membutuhkannya. Termasuk juga mencatat nomor-nomor penting, untuk jaga-jaga. 
pict. via Pixabay.com

4. Transportasi
Jika hendak pergi dengan alat transportasi sendiri, jangan paksakan untuk terus begerak di saat lelah. Istirahatlah demi keselamatan. Selain itu, kamu juga harus memastikan dana bensin sudah masuk ke dalam perencanaan kamu sebelum berangkat. Ini sebagai langkah jaga-jaga agar pengeluaran kamu tidak membengkak. 

5. belanja seperlunya
termasuk dalam hal belanja, soal sarapan atau makan siang, sebaiknya kamu coba untuk makan di tempat yang bisa membuatmu hemat dengan pengeluaran. Bisa makan di pinggir jalan atau di sebuah warung makan yang cukup ekonomis. Jalan-jalan dengan budget tipis memang menuntut kamu untuk bisa survive di manapun. 

6. Nggak usah gunakan tour guide
Kita tidak perlu memanfaatkan jasa tour guide supaya bisa menghemat pengeluaran, yang terpenting ialah kamu sudah mengantongi informasi tempat-tempat wisata yang ingin kamu kunjungi, termasuk terkait dengan harga tiket masuk objek wisata. Agar kamu tidak tersesat dan mudah mendapatkan informasi lainnya, banyak-banyaklah berinteraksi dengan penduduk lokal. 
pict. via pixabay


7. Pilih tanggal low season
Nah ini penting, usahakan jalan-jalan saat low season liburan. Di saat-saat seperti ini, kita bisa menikmati objek wisata dengan lebih leluasa karena tidak dipenuhi oleh wisatawan. Selain itu, di low season harga-harga seperti tiket pesawat, akomodasi, bahkan jajanan akan lebih murah daripada saat-saat ramai. 

8. Pinjam saja peralatan travelling
Ini juga termasuk persiapan yang penting, kamu tidak perlu membeli semua peralatan travelling. Cukup pinja saja bila hanya untuk satu atau dua hari. Dengan meminjam, kita sudah menghemat biaya. Jatah untuk membeli peralatan travelling bisa kita alokasikan untuk membeli barang persiapan lain atau untuk beli tiket. 



No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.