Latest News

Tak Pernah Ada Kata Cukup untuk Mengagumi Destinasi Wisata Borobudur

Borobudur. pic via: amazonews.com

Destinasi wisata Borobudur begitu memukau, meski sudah berkali-kali ke sana, tak pernah ada kata cukup untuk mengagumi keindahan candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah ini.


Sejarahnya yang bisa terbaca singkat di internet, begitu juga di buku pelajaran maupun dari cerita orang tua, membuat imajinasi belum pernah berhenti memikirkan, bagaimana nenek moyang membangun sebuah bangunan luas, megah, dengan relief-relief yang bercerita di dinding-dindingnya. 

Kenapa sampai detik ini, belum ada keterangan jelas mengenai siapa yang membangun. Mengapa semua catatan itu menghilang? Apa penyebabnya?
Borobudur dari atas. pic via Youtube

Terlepas dari masa lalu yang sulit untuk diraba-raba, candi yang berada di kurang lebih 100 km barat daya Semarang ini berbentuk stupa. Candi ini,menurut para sejarawan, didirikan oleh penguasa penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi. Pada masa itu, pemerintahan yang sedang berkuasa ialah wangsa Syailendra.

Borobudur dinobatkan sebagai candi atau kuil Buddha terbesar di dunia dan sebagai sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia. Kuil ini terdiri enam teras berbentuk bujur sangkar yang diatasnya terdapat tiga pelataran melingkar, pada dindingnya dihiasi dengan 2.672 panel relief dan aslinya terdapat 504 arca Buddha.

Menurut bukti-bukti sejarah, Borobudur merupakan model alam semesta dan dibangun sebagai tempat suci untuk memuliakan Buddha sekaligus berfungsi sebagai tempat ziarah untuk menuntun umat manusia beralih dari alam nafsu duniawi menuju pencerahan dan kebijaksanaan sesuai ajaran Buddha.
Patung stupa Borobudur. pict via istimewa

Petugas Balai Konservasi Borobudur (BKB), pernah sangat terkesan ketika mantan Presiden Amerika Serikat Barack Hussein Obama mengunjungi Borobudur. Ia mengatakan Obama sangat antusias mendengar kisah patung Kunto Bimo di Candi Borobudur.

Di Borobudur memang ada patung yang berada dalam stupa berongga belah ketupat di lantai ke-7 dari 10 Candi Borobudur sisi timur itu memiliki mitos yang sangat populer di Borobudur. Konon jika orang bisa menyentuh patung itu sambil mengucap keinginan, maka akan tercapai keinginannya.

Sampai di stupa induk, kita bisa menyaksikan pemandangan sekeliling Candi Borobudur yang sangat indah, ada pegunungan Menoreh dan kota Magelang yang nampak samar-samar.




No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.