Latest News

Tips Minum Kopi dan Tempat Ngopi Hits di Yogyakarta

Coffemix. credit/Mutaya

ASIA, Yogyakarta – Saya termasuk orang yang suka menikmati kopi, baik yang instan maupun tidak. Tergantung keinginan, kadang juga tergantung keadaan, ketika yang ada di depan mata hanya kopi instan maka saya menyeduhnya.

Banyak teman-teman saya memperingatkan saya terkait dengan hobi saya itu. Menurut mereka kafein tidak baik untuk kesehatan, namun banyak ahli yang mengatakan sebaliknya. Kemudian, menurut pendapat saya pribadi, kafein tidak berbahaya ketika kita tahu bagaimana cara mengontrol diri dalam menikmati minuman yang mengandung kafein. Bukankah tidak hanya kopi yang mengandung kafein? Tapi teh pun juga mengandung kafein.

Meskipun demikian, saya tidak abai dengan pengaruh kafein pada tubuh. Untuk itu, saya mencari informasi terkait dengan kafein. Saya membaca sebuah artikel di portal berita Antaranews, hari ini, Selasa, 2 Mei 2017. Artikel itu membicarakan kopi dengan seorang juara Indonesia Barista Competition tahun 2012. Juara itu bernama Doddy Samsura. 
Toraja Coffee. credit/Mutaya
Doddy memberikan saran bagi Traveler yang bukan golongan pencinta kafein namun penasaran dengan kenikmatan kopi. Juara kompetisi tahun 2012 ini merekomendasikan beberapa pilihan menu yang bisa membuat Traveler pelan-pelan makin jatuh hati pada kopi. Minuman hitam pekat tersebut ternyata memiliki rahasia yang unik sehingga membuat Traveler bisa terbiasa dengannya. Menurut barista itu, kopi pun bisa dipadupadankan dengan minuman bercita rasa manis, karena pada umumnya orang Indonesia lebih terbiasa dengan cita rasa manis ketimbang yang lain. 

Itulah mengapa ia menyarankan untuk memulai dengan minuman yang komposisi kopinya tidak terlalu banyak. Bisa juga pilih minuman kopi yang dicampur dengan bahan lain sehingga rasanya tidak membuat Traveler “kaget”.

 "Ketika disuguhi kopi yang ada kalanya punya cita rasa pahit, biasanya orang shock, nanti akhirnya bisa kapok," tutur barista terbaik kedua di Asia Barista Championship. "Coba dulu cicip yang easy to drink," sambungnya.

 Berikut adalah beberapa minuman rekomendasi untuk penikmat baru kopi dari Doddy:
 1. Caffe Latte
Latte. doc Istimewa

Artinya kopi susu dalam bahasa Italia. Minuman ini terdiri dari kombinasi espresso alias kopi hitam dengan susu panas.

2. Cappuccino
Cappucino. doc Istimewa

Minuman ini dibuat dari sepertiga espresso, sepertiga susu panas dan sepertiga susu yang dikocok hingga berbusa.

3. Moccacino
Moccacino. doc Istimewa

Minuman kopi ini terdiri dari kombinasi espresso dengan cokelat ditambah susu.

Doddy juga memaparkan bahwa kopi bukan lagi minuman yang hanya cocok dinikmati untuk menyalakan “saklar” otak untuk memulai hari. Minuman berkafein ini bisa mencerahkan mood selama Traveler pandai memilih jenis yang tepat. Menurutnya, kopi hitam pekat cocok diminum pada pagi hari agar Traveler sekalian bisa melek dan menjalani hari dengan semangat. Tingkat selanjutnya, ialah moccacino karena minuman ini mengandung cokelat yang cocok dikonsumsi bila Traveler sedang merasa sedih atau kesal. Cokelat sudah dikenal bisa bisa menghasilkan hormon endorfin yang membuat orang merasa bahagia. 

Kemudian, tingkatan yang lebih ringan lagi ialah Caffe Latte. Kopi dengan campuran susu seperti caffe latte atau cappuccino mengandung kafein yang lebih sedikit ketimbang kopi hitam. Minuman ini cocok dipesan bila Anda ingin ngopi malam hari tanpa ada niat begadang.

Kopi dengan campuran susu juga bisa dinikmati untuk mengenyangkan perut yang masih lapar ketika jam makan siang atau makan malam tak kunjung datang.

Lalu, apakah Traveler suka Cold-brew? Kopi yang diseduh dengan air dingin lalu disimpan di kulkas dalam waktu lama ini cocok untuk Traveler yang sedang mengalami gangguan perut namun ingin menikmati kopi. Sebab, kopi yang diseduh dengan air dingin ini punya efek yang lebih ramah untuk pencernaan ketimbang kopi yang diracik secara konvensional.

Nah, setelah tahu jenis-jenis kopi yang tepat untuk Traveler untuk berbagai situasi, bagaimana kalau sesekali coba ngopi di tempat ngopi hits di Yogyakarta ini?

1. Warung Kopi Blandongan
Warung Kopi Blandongan menawarkan menu kopi yang sederhana seperti kopi hitam, kopi susu, dan instan dengan harga cukup terjangkau. Tempat ini sering dijadikan lokasi nongkrong para mahasiswa sekitar Warkop Blandongan. Blandogan didesain semi outdor sehingga warkop yang sudah berdiri sejak tahun 2000 ini makin disukai generasi muda.
Alamat: JL. Sorowajan Baru No.11, Potorono, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55194
Jam buka: 08.00–23.30

2. Klinik kopi
 Klinik Kopi akan memberi Traveler pengalaman yang bisa mengubah pandangan Traveler terhadap kopi. Dari pandangan pertama, tempat ini sangat unik. Traveler bisa merasakan nikmatnya memahami kopi di Klinik Kopi Yogyakarta.
Alamat: Jl. Kaliurang KM. 7.8, Gang Bima, Sinduharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jam buka: 16.00–22.00
Telepon: 0813-9278-4240

3. Kedai Kopi (Keiko) – Espresso Bar
Saat masuk, Traveler akan melihat interiornya yang terkesan jadul. Jangan heran, karena memang itulah andalah Keiko yang bertujuan membangkitkan suasana orang-orang yang ingin bernostalgia dengan masa lalu yang penuh kenangan, pahit, manis, atau gado-gado. Menu kopi yang paling banyak dipesan tamu di Kedai Keiko adalah Kopi Toraja, Gayo, dan Flores.
Alamat: Jalan Kaliurang Km 6.5 No. D44, Kentungan, Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Telepon:(0274) 880008
Jam: Hari ini buka · 11.00–01.00

4. Lagani Coffee
Lagani Coffe merupaan cafe ngopi mungil dengan desain interior yang menarik. Berlantai kayu dan jendela kaca yang besar, membangkitkan suasana sejuk. Cobalah minum kopi sambil baca buku di sana.
Alamat: Jalan Cendrawasih Komplek kolombo No 4, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Telepon: 0812-2744-788
Jam buka: 09.00–23.00

5. Black Canyon Coffee
Black Canyon Coffee merupakan jaringan kedai kopi asal Thailand yang terkenal menawarkan kopi, minuman dan makanan terbuat dari bahan berkualitas terbaik dan proses yang sehat. Biji kopi yang digunakan adalah jenis Arabica yang mengalami proses roasting dan brewing terbaik.
Alamat: Ruko Rafflesia, Jl. Babarsari Blok B No.7-10, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Telepon: (0274) 4332920
Jam buka:  07.30–23.30

6. Epic Coffee
Epic Coffee terlihat lux dari luar, saat masuk pun desain interiornya terasa glamour, dengan atap yang tinggi dan halaman luar yang masih menampakkan rerumputan hijau. Tempat ini jauh dari keramaian kota, dekat dengan Hotel Hyatt Regency membuat tempat ini memiliki pelanggan yang rata-rata dari kalangan menengah ke atas.
Alamat: Jl. Palagan Tentara Pelajar No.29, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Telepon: (0274) 4530704
Jam buka: 10.00–23.00

7. Warkop Bardiman
Warung Kopi Bardiman buka 24 jam. Tempat nongkrong bertajuk ‘warung kopi’, cukup terang, bersih, dan didominasi warna alami kayu. Kadang ada live musik di warung kopi ini.
Alamat: No., Jl. Seturan Raya No.3, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Telepon: 0822-2147-2469

8. The Bean’s Lab
Berlokasi di kawasan Tugu, Yogyakarta. Kafe mungil ini memiliki nuansa interior yang terkesan kalem. Traveler akan disambut dengan dunia kopi berperangkat kayu. Selain ada area indoor, juga tersedia area outdoor buat yang mau bersantai merasakan kesibukan pinggir jalan kota Yogyakarta.
Alamat: Jl. P. Mangkubumi No.62-64, Gowongan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55232
Telepon: (0274) 557208
Jam buka: 08.00–13.00

9. Blackbone Coffee
Beralamat di Jalan Kaliurang (jakal) km 5,2 agak masuk ke timur membuat kafe ini tak sulit ditemukan. Tempat ini kecil tapi cukup ramai dikunjungi khususnya pada saat malam hari. Lokasinya  cukup mudah dijangkau dari kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) dan area jakal.
Alamat: Jl. Kaliurang km. 5,2 Gg. Karangwuni CTII No. 14 Sleman Jogja & Jl. KH Dahlan No.19 Jogja (Barat Nol Km)
Info & Reservasi: 089 655 301 022



Ijinkan Naraya Trip Planner menjadi mitra perjalanan Anda. Persiapan Traveling, mulai dari tiket, penginapan, sampai kuliner akan dipersiapakan oleh tim Naraya Trip Planner. Silahkan hubungi NarayaTour (0857 004 747 43).

Naraya Trip Planner, “Your Best Trip Assistant”

No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.