Latest News

Tips Melakukan Perjalanan dengan Adik Bayi

Ilustrasi perjalanan dengan bayi

ASIA, YOGYAKARTA-Traveler, buat kamu yang sudah menikah dan memiliki bayi atau anak di bawah lima tahun akan punya persiapan panjang saat hendak melakukan perjalanan bersama bayi kamu. Tak ada larangan untuk mengajak bayi jalan-jalan ke tempat-tempat tertentu dengan tujuan yang baik, namun agar kamu bisa melakukan perjalanan dengan tenang, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan.

Perjalanan panjang bersama bayi tidaklah mudah, sebab harus ada beberapa hal yang kamu jaga seperti memastikan perjalanan tidak akan membuat bayi kamu mengalami trauma sehingga mudah sakit. Memastikan perlengkapan yang kamu bawa untuk bayi mencukupi dan tetap menjamin kesehatannya.

Fisik bayi kan berbeda dengan fisik orang dewasa, maka kamu perlu melakukan beberapa persiapan berikut ini.

iVillage memberikan beberapa tips untuk melakukan perjalanan dengan bayi, sebagai berikut:

1. Pikirkan Jarak dan Waktu Perjalanan
Rencanakan tujuan yang realistis, yang bisa ditempuh secepat mungkin. Kamu harus memikirkan berapa lama bayi mampu bertahan duduk di atas kursinya untuk tidak menjadi rewel. Lakukan perjalanan saat anak dalam jadwal tidurnya untuk meminimalisir anak rewel di jalan karena merasa bosan, takut, atau mabuk.

2. Jangan Biarkan Mereka Tidur Sepanjang Hari
Jaga waktu tidurnya, jangan membiarkan dia tertidur lebih lama dari biasanya. Rencanakan untuk berhenti segera setelah dia terbangun untuk mengganti popok dan memberinya udara segar.

3. Pindahkan Bayi Saat Beristirahat
 Saat sudah tiba di tempat tujuan atau tempat istirahat sementara, pastikan untuk memindahkan bayi dari kursi penumpang ke dalam bangunan sesegera mungkin.  Kursi penumpang mungkin merupakan tempat teraman bagi bayi saat bepergian, tapi tidak benar-benar dirancang untuk tidur. Tidur di kursi penumpang bisa membuat masalah pernafasan bagi bayi.

Jangan pindahkan dia saat mobil sedang berjalan. Biarkan bayi beristirahat setiap beberapa jam.

4. Fleksibel Saat Bepergian dengan Bayi
Fleskibilitas sangat diperlukan di sini. Kamu, tidak akan pernah benar-benar tahu berapa lama perjalanan bisa ditempuh dalam sehari, asumsikan saja kamu akan tiba di tujuan dalam jangka waktu yang lebih panjang dari jadwal seharusnya.

Untuk membuat kamu sendiri lebih nyaman di perjalanan, petakan rencana perjalanan. Jangan lupa petakan tempat pemberhentian yang baik di sepanjang jalan. Memesan kamar hotel tertentu yang masih termasuk dalam lintasan perjalanan kamu sangat disarankan untuk membuat bayi kamu bisa istirahat dengan baik. Ini penting untuk menjaga staminanya di perjalanan selanjutnya.

5. Waktu Menyusui
Usahakan untuk teguh pada jadwal menyusui jika keadaan memungkinkan. Tapi ingat untuk tidak melakukannya saat sedang berada dalam kendaraan yang melaju. Disarankan untuk berhenti sejenak di tempat pemberhentian yang nyaman dan aman.

6. Letakkan Kotak Pendingin di Dekat Anda
 Untuk kepentingan darurat, akan sangat baik jika memiliki pendingin kecil yang bisa diraih setiap saat. Selain botol susu, kamu bisa menempatkan air minum dan makanan padat atau kudapan yang bisa membuat si kecil sibuk dalam perjalanan.

 7. Sering-sering Berhenti
Usahakan agar kamu menempatkan bayi di waktu-waktu istirahat yang tepat sebelum ia menangis di perjalanan dan gunakan waktu istirahat untuk berbuat sesuatu yang berguna selain mengganti popok. Cari parkiran atau area bermain terdekat di mana si kecil bisa merangkak sepuasnya.

8. Jangan Terganggu
 Saat bayi mulai resah di bangku belakang, insting pertama yang harus dilakukan adalah berusaha mendiamkannya dengan cara yang paling efektif. Misalnya dengan meraih dot yang jatuh dari mulutnya, memberinya botol susu atau memberikan mainan padanya.
Tapi jika sedang di dalam mobil, jangan melakukan itu semua. Tentu saja, karena hal itu akan mengalihkan pandangan kamu dari jalan dan itu berbahaya.

9. Temani Selalu Bayi yang masih duduk di kursi bayi
Apabila bayi kamu tempatkan di kursi bayinya sendiri, temani dia. Jangan sampai dia merasa sendirian di kursi belakang. Jadi sementara pasangan kamu menyetir, kamu di belakang duduk bersamanya. Biarkan supir tetap fokus pada jalan.

Perlengkapan Traveling
Setelah memperhatiakn tips dari iVillage, apakah kamu berpikir untuk membawa perlengkapan bayi dalam satu tas agar ringkas? Lalu pertanyaan selanjutnya ialah tas seperti apa yang tepat untuk membawa perlengkapan bayi ini? terutama agar kamu bisa menyediakan pendingin, kue untuk bayi, dan mainannya tetap dekat dengannya?

Berikut model-model tas perlengkapan bayi yang bisa kamu pertimbangkan untuk membawa perlengkapan bayi kamu sesuai kebutuhan.

1. Gabag Picnic Gempita Cooler Bag 
doc Istimewa

Harga Rp182.200 di toko online blibli. Cooler Bag ini dibuat dengan desain trendy dalam paduan floral pattern, memudahkan kamu membawa berbagai keperluan perlengkapan bayi saat sedang bepergian. Dapat memuat lebih dari 8 botol dengan ukuran 100 mL serta dilengkapi 2 pcs gabag ice gel.

2. Gabag Ylona Orange Cooler Bag with 2 Ice Gel
doc Istimewa
 
Harga Rp219.000 di toko oline blibli.com. Gabag Ylona Orange Cooler Bag dilengkapi dengan 2 Ice Gel sebagai penyimpanan ASI. Tas ini terbuat dari bahan berkualitas dengan main compartment berdetail zipper opening, front pocket, handle strap, dan adjustable shoulder strap. Tas ini dapat digunakan untuk menyimpan breast pump dan susu bayi hingga 16 jam.

3. Gabag Picnic Cahaya Cooler Bag
doc Istimewa

Harga Rp229.000 di toko online blibli.com. Gabag Picnic Cahaya Cooler Bag, hand bag berbahan berkualitas dengan desain trendi dalam paduan diamond pattern. Kompartemen utama, luas, dan berdetail zipper opening yang memudahkan kamu membawa berbagai keperluan perlengkapan si kecil saat sedang bepergian.  Tas ini dapat memuat kapasitas lebih dari 8 botol dengan ukuran 100 Ml.

4. Gabag Picnic Arimbi Cooler Bag
doc. Istimewa
 
harga Rp119.000 di toko online blibli.com. Gabag Picnic Arimbi Cooler Bag, hand bag yang dibuat dengan bahan berkualitas dan didesain trendi dalam paduan floral pattern. Kompartemen utama yang luas berdetail zipper opening yang memudahkan kamu membawa berbagai keperluan perlengkapan si kecil saat sedang bepergian.

5. Gabag Cooler Bag - Mijka Blue
doc. Istimewa
 
Harga Rp206.100 di babyzania.com. Tas ini merupakan tas yang stylish, modern serta praktis. Dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan. Dibuat dengan teknologi "double insulated" (2 lapisan khusus) yang akan memberikan manfaat penyimpanan dingin atau panas yang maksimal. Free 2 Ice Gel besar multi fungsi (dapat untuk kompres, dsb), dan Gabag Ice Gel Bening (tanpa pewarna berbahaya), aman dan tahan lama.

No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.