Latest News

7 Foto Alam Liar Ini Bisa Bangkitkan Jiwa Petualang Kamu

Capture from mental_wildlife

ASIA, YOGYAKARTA-Ingin tahu seperti apa keindahan dan keanekaragaman makhluk hidup di luar sana? Traveler bisa melihatnya di akun instagram @mental_wildlife. Akun ini biasanya memposting foto-foto kehidupan alam liar dengan caption yang mengedukasi kita semua. Dari yang belum tahu bisa jadi tahu, minimal informasi dasar terkait dengan foto yang dipublikasikan oleh @mental_wildlife. 


Berikut adalah beberapa foto yang diposting oleh @mental_wildlife. Kalau kamu nggak merasa ingin segera berpetualang bersama kameramu, juga nggak terpancing untuk motret seperti yang dilakukannya, sepertinya jiwa petualang di dalam dirimu tidak menjawab tantangan @mental_wildlife yang suka berbagi foto-foto alam liarnya. 

1. Green jay
Capture from mental_wildlife

Capture foto burung yang terlihat sedang membawa makanan di mulutnya itu disebut sebagai The green jay (Cyanocorax yncas) adalah spesies burung dari New World jays, dan ditemukan di Amerika Utara dan Selatan. Dewasa sekitar 27 cm (11 inci) panjang dan bervariasi warnanya. Biasanya memiliki kepala biru dan hitam, sayap dan mantel hijau, ekor hijau kebiruan, bulu di leher berwarna hitam, cincin mata kuning atau coklat, dan kaki yang gelap.

Makanan biasanya terdiri dari serangga yang tergolong dalam kelas arthropoda, vertebrata, biji, dan buah. Green jay biasanya membangun sarang di pohon atau di semak berduri atau semak belukar, dan betina bertelur tiga sampai lima butir telur. 

Foto oleh Clarena Maria

2. Snake Mating
Capture from mental_wildlife


Foto di atas menggambarkan mode reproduksi ular. 

Seperti diketahui bahwa sebagian besar spesies ular bertelur dan meninggalkan telurnya setelah bertelur. Namun, beberapa spesies (seperti raja kobra) benar-benar membangun sarang dan tinggal di sekitar tukik setelah inkubasi. 

Sebagian lagi, seperti  ular piton tinggal di sekitar  telur mereka sampai telur mereka menetas. Python betina tidak akan meninggalkan telur, kecuali sesekali berjemur di bawah sinar matahari atau minum air. Sedangkan beberapa spesies ular ada yang bersifat ovovivipara dan mempertahankan telur di dalam tubuh mereka sampai hampir siap menetas. 

Beberapa spesies ular benar-benar vivipar, seperti boa constrictor dan anaconda hijau, memberi makan anak-anak mereka melalui plasenta dan juga kantung kuning telur, yang sangat tidak biasa di antara reptil, atau hal lain di luar requiem Hiu atau mamalia plasenta. Retensi telur dan kelahiran hidup paling sering dikaitkan dengan lingkungan yang lebih dingin.

Foto oleh Nerris Alberto

3. The common tailorbird (Orthotomus sutorius)/ Burung Penyanyi
Capture from mental_wildlife


Foto di atas merupakan gambaran kegiatan burung The common tailorbird (Orthotomus sutorius) yang merupakan burung penyanyi yang ditemukan di Asia tropis. Dalam foto terlihat sarang burung tersebut dari daun "dijahit" bersamaan.

Burung ini termasuk burung yang pemalu yang biasanya tersembunyi di dalam vegetasi. Kehadiran mereka ditandai dengan suara nyaring mereka. 

Mereka memiliki ekor panjang yang tegak lurus, bulu tubuh kehijauan dan dahi nampak berwarna seperti besi berkarat. Burung ini biasanya ditemukan di lahan pertanian terbuka, semak belukar, tepi hutan dan kebun.

Tailorbird dinamai dari cara mereka membangun sarang. Terlihat tepi daun besar ditusuk dan 'dijahit' bersamaan dengan serat tumbuhan atau sutera laba-laba. 

Foto oleh Julie A Miles

4. Amitostigma Pinguicula atau Anggrek Peri Malaikat
Capture from mental_wildlife


Captured foto di atas amat menarik bukan? Bila dilihat secara mendetail dan dalam jarak yang dekat, bukankah nampak seperti dua puteri cantik yang sedang menari? atau katakanlah nampak seperti dua peri yang sedang menari di udara. Anggrek di atas bahkan dikenal dengan sebutan peri malaikat. 

Bunga cantik itu termasuk dalam genus pada keluarga anggrek (Orchidaceae). Ini adalah genus Asia eksklusif dari 28 anggrek, tumbuh di Cina, Jepang, Korea, Vietnam, Thailand dan Kepulauan Kuril. Dua puluh dua spesies genus ini tumbuh di Cina.

Foto oleh @mental_wildlife

5. Mantis Anggrek

Capture frim mental_wildlife

Serangga berwarna pink cantik di atas memiliki nama ilmiah Hymenopus coronatus, juga disebut H. bicornis, adalah belalang dari hutan hujan Asia Tenggara. Belalng ini dikenal dengan berbagai nama umum termasuk mantis bunga berjalan dan belalang anggrek (pink). Jika dilihat-lihat bukankah belalang di atas mirip dengan sekelopak bunga anggrek? Tak heran jika spesies ini disebut sebagai salah satu dari beberapa spesies yang dikenal dengan sebutan mantel bunga karena perilaku dan wujud mereka yang mirip dengan bunga.

Hymenopus coronatus ditemukan di hutan hujan Asia Tenggara, termasuk Malaysia dan Indonesia.

Spesies ini termasuk karnivora, ia memangsa serangga lainnya.

Foto oleh Jason Kottke

6. Manta Ray
Capture from metal_wildlife


Satwa yang tertangkap kamera di atas termasuk genus Manta atau ikan pari yang ukurannya lebarnya bisa mencapai 7 meter. Ikan pari di atas memiliki sirip dada segitiga, sirip sefalik berbentuk tanduk dan mulut besar yang menghadap ke depan. 

Satwa ini diklasifikasikan di antara Elasmobranchii (hiu dan pari) dan ditempatkan di keluarga Myliobatidae (sinar elang). Perilaku berenang mereka yakni berenang dengan kecepatan konstan dalam garis lurus, mereka juga punya kebiasaan muncul ke permukaan untuk berjemur. 

Selain itu, mereka juga punya kebiasaan berasosiasi dengan spesies ikan lain, suka melompat, keluar dari permukaan air. Alasan untuk kebiasaan melompat dari air ini belum diketahui secara pasti, sejauh ini penjelasan yang paling relevan ialah kebiasaan itu termasuk ritual kawin, persalinan, komunikasi, atau penghilangan parasit yang menempel di tubuh.

Foto oleh Octavio Aburto

7. Sungai Jantung
Capture from mental_wildlife


Kenapa disebut sungai jantung? Karena arus sungai tersebut bila dilihat dari udara mirip dengan otot jantung. Daratan yang dikelilingi oleh sungai tersebut nampak berbentuk hati bukan? Dan itu juga nampak seperti jantung manusia yang memiliki otot-otot tubuh untuk mengalirkan darah ke jantung.

Sungai di dalam foto di atas merupakan anak sungai Sungai Missouri, panjangnya kurang lebih 180 mil (290 km), berlokasi di North Dakota barat di Amerika Serikat.

Sungai Jantung mengalir ke padang rumput Billings County, di Grassland Nasional Little Missouri dekat Taman Nasional Theodore Roosevelt. Sungai ini mengalir ke arah timur melalui Stark County ke Gladstone, melewati Belfield dan South Heart, melalui Waduk Patterson dan Dickinson. Menarik bukan? 

Tidakkah kamu ingin mendapatkan foto-foto yang menarik juga? Maka, siapkan rencana perjalanan yang matang dan konsep fotografi yang unik agar perjalanan makin berkesan dan tak hanya beroleh lelah. 


Ijinkan Naraya Trip Planner menjadi mitra perjalanan Anda. Persiapan Traveling, mulai dari tiket, penginapan, sampai kuliner akan dipersiapakan oleh tim Naraya Trip Planner. Silahkan hubungi NarayaTour (0857 004 747 43).

Naraya Trip Planner, “Your Best Trip Assistant”

No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.