Latest News

Kalender Pariwisata Wakatobi, dari Festival Sampai Mancing Ramai-Ramai


doc. Istimewa


ASIA, Yogyakarta - Traveler! Ingin ke Wakatobi? Yuk intip dulu kalender kegiatan pariwisata Wakatobi yang menarik bagi wisatawan dari mancanegara ini. Tahun ini, kalender kegiatan pariwisata Wakatobi nampak berfokus pada wisata bahari. Traveler bisa menikmati berbagai macam festival yang pastinya berbeda dari daerah wisata lainnya.

Wakatobi, mulai Januari 2017 sudah merilis kegiatan pariwisatanya bertajuk CoF Wakatobi 2017. Nah, Traveler yang sudah melewatkan agenda Januari sampai Maret jangan menyesal karena tak memperhatikan agendanya karena di bulan April ini, Wakatobi masih memiliki sejumlah agenda. Dimulai dari event HUT Masyarakat Kecamatan Wangi – Wangi Selatan (15-20 April 2017 ). 

Tak sampai di situ saja, agenda-agenda selanjutnya akan lebih seru, seperti Wowine (Perempuan) Festival (17-20 Mei 2017). Festival ini merupakan acara tradisional ala Wakatobi. Dalam Wowine, saat penyelenggara dan peserta putri ditandu dari rumah masing-masing menuju tempat karia dengan diiringi nyanyian dan tarian. 

Karia itu sendiri merupakan perayaan yang diselenggarakan untuk memperingati berbagai peristiwa penting dalam kehidupan. Antara lain akikah untuk anak-anak, masa transisi dari remaja menjadi dewasa, hingga pernikahan.

Kemudian ada Festival Pulau Tomia (28-30 Juni 2017). Tahun sebelumnya, Festival Pulau Tomia berisi kegiatan lomba budaya, pesta kuliner, lomba mancing tradisional, dan lainnya. Acara ini sukses menarik perhatian wisatawan dari Malaysia, Australia, dan Singapura. Menyusul kesuksesan tahun lalu, tahun ini festival serupa diselenggarakan kembali, pun dalam rangka menarik lebih banyak wisatawan ke Wakatobi. 

Selanjutnya, dalam agenda Pariwisata Wakatobi, terdapat acara kunjungan kapal pesiar “Celedonian Sky (13 Juli 2017) yang menunjukkan Wakatobi sebagai jalur wisata cruise.

Yang lebih meriah lagi akan berlangsung pada bulan Agustus, seperti Kegiatan Wonderful Sail 2017 yang akan berlangsung pada 10-13 Agustus 2017. Kegiatan sail di Wakatobi ke-9 ini akan diikuti sekitar 50 kapal sail yang berlabuh di Water Front City Pulau Wangi – Wangi.

Selanjutnya, Wakatobi juga akan mengadakan Festival Sampea Liya (28-30 Agustus 2017) yang merupakan festival budaya masyarakat Liya, dan Festival Barata Kahedupa (15-18 September 2017).
Festival Barata Kahedupa merupakan sebuah perhelatan budaya akbar yang akan menampilkan kesenian tradisional berupa tarian dan permainan rakyat, serta pameran kuliner maupun produk lokal berupa tenun dan kerajinan. Acara inti Barata Kahedupa adalah Karia, yang dalam bahasa setempat berarti kemeriahan.

Selanjutnya, Liya Togo yang merupakan festival budaya masyarakat Wakatobi, akan diselenggarakan 28 September 2017. Untuk puncaknya, Wakatobi Wave (19-22 Oktober 2017) siap meramaikan pariwisata di kawasan itu. 

Wakatobi Wave pada tahun 2016 dihelat atas kerjasama antara Kementerian Pariwisata RI dan Pemerintah Kabupaten Wakatobi. Acara ini diharapkan mampu mendukung pencapaian kunjungan wisatawan mancanegera pada tahun 2016. Selain itu, juga demi menggerakkan perekonomian masyarakat setempat karena pembelanjaan wisatawan yang langsung kepada masyarakat setempat.

Apakah tahun ini sama? Traveler akan mengetahuinya nanti, namun yang pasti isi acara Wakatobi Wave tahun 2017 takkan jauh beda dengan Wakatobi Wave 2016 yang diisi dengan serangkaian festival bahari. Akan ada pula lomba budaya, pesta kuliner, lomba memancing tradisional, pertunjukkan tari dan masih banyak lagi.

Penasaran seperti apa kemeriahannya?
Langsung saja persiapkan diri untuk jelajahi Wakatobi!
Ijinkan Naraya Trip Planner menjadi mitra perjalanan Anda. Persiapan Traveling, mulai dari tiket, penginapan, sampai kuliner akan dipersiapakan oleh tim Naraya Trip Planner. Silahkan hubungi NarayaTour (0857 004 747 43).
Naraya Trip Planner, “Your Best Trip Assistant”

No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.