Latest News

Berwisata ke Ikon Provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah

Candi Borobudur. doc Istimewa
ASIA, Yogyakarta - Bagi yang sudah lama tinggal di Yogyakarta, pasti tahu daerah istimewa ini memiliki kekayaan yang tak ternilai, yaitu sebuah Keraton Kesultanan Yogyakarta. Dulu, sebelm Perjanjian Giyanti pada tahun 1755, hanya ada satu Kesultanan Mataram, namun sejak perjanjian terebut tercetus, Keraton Kesultanan Mataram pecah menjadi dua, yaitu Kesultanan Surakarta di Solo dan Kesultanan Hadiningrat di Yogyakarta. 

Sampai hari ini, keduanya masi berpengaruh di tanah air. Kedua keraton menjadi salah satu destinasi wisata baik oleh wisatawan domestik maupun wisatawan asing. 
Kirab Budaya Keraton Yogyakarta. doc Istimewa

Terkhusus, Keraton Yogyakarta menjadi salah satu ikon budaya Jawa yang dilestarikan sampai saat ini. Banyak warisan tradisi, upacara, dan keseniannya masih digelar secara turun temurun. Keraton Yogyakarta sendiri telah dipatenkan menjadi salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO. 

Traveler bisa mengunjungi Museum Keraton bila ingin melihat koleksi keraton yang berkaitan dengan sejarah. Setelah itu, Traveler bisa mengunjungi destinasi budaya lainnya yang juga dikenal sebagai salah satu situs warisan dunia peninggalan sejarah kuno kerajaan di Jawa Tengah, di antaranya Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Boko, dan Candi Gedong Songo.
Borobudur. doc Istimewa
Candi Borobudur merupakan Candi Budha yang paling megah di dunia yang diperkirakan dibangun sejak abad 800 SM. Borobudur berada di Magelang, Jawa Tengah. Lokasinya berada di antara Yogyakarta dan Semarang. 

Borobudur mengalami pemugaran dan pembangunan ulang dari tahun 1975 hingga tahun 1982 oleh Pemerintah Republik Indonesia dan UNESCO. Warisan budaya adiluhung ini juga telah terdaftar sebagai situs warisan dunia. 
Candi Prambanan. doc Istimewa

Candi lainnya yang juga telah masuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO, di Jawa Tengah ialah Candi Prambanan, yang merupakan sebuah kompleks Candi Hindu di Indonesia. Candi ini merupakan candi besar di Yogyakarta di samping adanya Borobudur. Prambanan diperkirakan dibangun pada awal abad 850 SM. 
Candi Boko. doc Istimewa
Kemudian, tak jauh dari komplek Candi Prambanan, terdapat komplek bekas kerajaan yang saat ini terkenal sebagai Candi Boko. Candi tersebut diduga merupakan bekas kerajaan pada masa kuno. Candi ini berada di ketinggian 196 meter di atas permukaan air laut. Total area candi ini seluas 25 hektar. 

Kompleks candi-candi tersebut disebut-sebut berkaitan erat dengan kondisi sosial, budaya, dan religi di antara penganut Hindu dan Budha pada masanya di Jawa. 
Candi Gedong Songo. doc Istimewa
Sementara itu, di luar Yogyakarta dan Solo, terdapat destinasi wisata Candi Gedong Songo. Tempat itu merupakan kompleks candi yang berlokasi di dataran rendah lereng Gunung Ungaran, Semarang. Candi Gedong Songo ditemukan oleh Raffles pada tahun 1804. Tempat ini juga sangat populer dan menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan yang berkunjung ke Jawa Tengah. 

Nah, demikianlah Traveler ringkasan destinasi wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah yang dapat kamu kunjungi di akhir pekan. Berkunjung, membaca lingkungan, meresapi nilai-nilainya, kemudian menyebarluaskan kebaikan, merupakan sikap yang baik sebagai Traveler.

Saya juga sedang belajar menjadi demikian, sebab warisan budaya ini bisa hilang maknanya jika kita generasi penerus tak mau belajar mengenai seluk beluknya. Nenek moyang pasti bersedih, karena cucu-cucunya tak ingin memahami kebaikan dan kearifan yang telah mereka ciptakan berabad-abad lampau. Mereka yang hidup dari kesabaran, interaksi antara matahari dengan benih dan tanah di bidangnya masing-masing telah bersusah payah membuatnya situs yang bernilai hingga berabad-abad kemudian. 

Traveler, sampai berjumpa di setiap situs, kita mungkin takkan mengenal secara langsung, namun kita bisa saling bertegur sapa. 

Happy weekend, happy traveling. 

Artikel ini bersumber dari Tempo English edisi May 16-22, 2016


Ijinkan Naraya Trip Planner menjadi mitra perjalanan Anda. Persiapan Traveling, mulai dari tiket, penginapan, sampai kuliner akan dipersiapakan oleh tim Naraya Trip Planner. Silahkan hubungi NarayaTour (0857 004 747 43).

Naraya Trip Planner, “Your Best Trip Assistant”


No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.