Latest News

Menjelajahi Kembaran Grand Canyon Arizona di Jombang

Grand Canyo/Kedng Cinet, Jombang/Istimewa

ASIA, JOMBANG
 -  Taman Nasional Grand Canyon yang terletak di utara Arizona, Amerika serikat, pasti sudah dikenal oleh para Traveler dari seluruh dunia . Taman Nasional ini merupakan Taman Nasional pertama di Amerika Serikat dan diresmikan pada tanggal 26 Februari1919 oleh Presiden Amerika Serikat yang ke-26 , yaitu Theodore Roosevelt. Presiden AS pada kala itu menginginkan Grand Canyon menjadi milik bangsa dan mempertahankan keindahannya, sehingga menghindari kepemilikan pribadi dari tempat ini, dan akhirnya menetapkannya sebagai Taman Nasional. 

Grand Canyon di AS merupakan kelompok Jurang tebing-terjal yang panjangnya kurang lebih 446 km, dengan lebar mulai dari 6 km sampai 29 km dan dengan kedalaman lebih dari 1.600 m.
Grand Canyon Arizona/Istimewa

Pemandangan tersebut membingkai Sungai Colorado, tempat itu sering muncul sebagai latar lokasi syuting berbagai film Hollywood.

Banyak Traveler yang berkeinnan mengunjungi Grand Canyon di Amerika Serikat. Namun, tahukah Traveler bahwa di Indonesia juga ada tempat yang menyerupai Grand Canyon tersebut? 

Di Kabupaten Jombang, Jawa Timur tersembunyi destinasi wisata ngarai alam yang amat mirip dengan Grand Canyon yang terdapat di Arizona. Lokasi tersebut oleh warga lokal dinamakan Kedung Cinet, yang berlokasi di Desa Klitih, Kecamatan Plandaan.
Kedung Cinet/Istimewa

Destinasi wisata yang kini dijuluki sebagai ‘Miniatur Grand Canyon’ itu terselubung di tengah-tengah hutan belantara yang lebat. Untuk menjangkaunya, dibutuhkan penyusuran dengan jarak tempuh sekitar 10 km dari Jembatan Brantas Ploso.

Sepanjang jalan penyusuran, mata akan dimanjakan oleh pemandangan hutan jati, sawah dan kebun penduduk yang tertata rapi di balik latar belakang pegunungan. 

Sebelum sampai di Kedung Cinet, Traveler akan ditantang oleh kondisi alam, Traveler perlu menyeberangi sebuah jembatan bercat kuning yang dikenal dengan nama Jembatan Goyang. 

Dinamakan Jembatan Goyang karena jembatan tersebut akan bergoyang-goyang cukup kencang saat ditapaki dan diembus angin. Meskipun begitu, ketika sampai di Kedung Cinet. Seketika, saat tiba di Kedung Cinet. Traveler akan disambut oleh pemandangan jalur aliran sungai tenang berwarna kehijauan yang dikelilingi tebing-tebing yang meliuk karena proses alami.

Tebing-tebing inilah yang akan mengingatkan Traveler pada kenampakan Grand Canyon yang ada di Arizona. 

Pengelolaan
Meski sudah mulai populer di kalangan Traveler, sayangnya destinasi wisata alam di Jombang ini masih belum digarap secara serius oleh Pemkab Jombang sebagai salah satu destinasi wisata nasinal maupun internasional. 

Oleh karenanya, Traveler tak perlu heran bila ketika sampai di ngarai belum ada sarana dan prasarana pendukung wisata yang memadai. Oleh sebab itu, jangan membawa barang-barang berharga dan berikan pengamanan ekstra pada kendaraan, karena belum ada pengelola resmi dari tempat wisata tersebut. Sehingga, keamanan parkir dan barang bawaan adalah tanggung jawab pengunjung sepenuhnya.

Di sisi lain, karena belum terlalu banyak diekspose, keindahan alami Kedung Cinet masih sangat terawat dan bebas dari sampah Traveler. 

Disarankan,waktu terbaik untuk menikmati Kedung Cinet adalah ketika musim kemarau, karena akses ke lokasi menjadi lebih mudah dan aman. Selain itu, kondisi air sungai lebih jernih. Tidak disarankan datang ke sana saat musim hujan untuk mendapatkan pemandangan terbaik. Persiapkan kondisi fisik, karena untuk mencapai lokasi ngarai harus melalui medan yang cukup ekstrim dan terpelosok. Bawalah peta cadangan jika diperlukan. Sebab, setibanya di hutan Desa Plandaan, kemungkinan besar sinyal seluler akan padam, sehingga GPS tidak dapat diandalkan. 

No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.