Latest News

Menantikan Dieng Culture Festival 2017

 
Pemotongan rambut gimbal dalam Festival Budaya Dieng, tahun 2016. doc. Istimewa
ASIA, DIENG - Pada tahun 2016, Dieng Culture Festival 2016 Atau DCF ke 7  bertemakan The Soul Of Culture di laksanakan Tgl 5- 7 Agustus 2016. Harga Tiket Dieng Culture Festival 2016 Rp.250.000.

Festival Dieng ini diselenggarakan hanya stu kali dalam setahun dan biasanya akan jatuh pada bulan Juli-Juni-Agustus dan pertengahan September. Kurang lebih, masyarakat menandai pelaksanaan Festival Dieng pada  puncak musim kemarau.

Di dalam Festival Dieng terdapat upacara adat Bumi Dieng yang intinya merupakan pelaksanaan upacara ruwatan atau pemotongan rambut bagi anak yang memiliki rambut gimbal. Acara tersebut merupakan acara sakral dan menjadi inti dari tradisi tahunan Festival Dieng. 
Festival budaya Dieng. doc. Istimewa
Namun, sebagai festival yang menjadi daya tarik wisatawan, maka terdapat banyak rangkaian acara untuk memperingatinya, seperti menampilkan kesenian-kesenian adat, pesta lampion dieng, festival musik jazz di atas awan, dan masih banyak lagi. Acara tersebut akan berlangsung selama dua hari dua malam.

Musik Jazz Dieng 
Musik jazz Dieng menjadi acara yang dinanti-nanti para pecinta jazz dari berbagai negara. Bagi mereka yang juga ingin merasakan menikmati jazz di atas awan, akan berbondong-bondong dan jauh-jauh hari memesan tiket.

Pesta Lampion
Pesta lampion dalam Festival Budaya Dieng. doc.Istimewa
 Selain Musik Jazz, pesta lampion juga dinanti-nantikan oleh wisatawan dari berbagai daerah. Wisatawan asing pun juga tertarik untuk menikmati pesta lampion yang juga akan disertai dengan pesta kembang api. Pelaksanaan pesta lampion dan kembang api biasanya akan dilakukan di malam kedua di malam puncak Dieng Culture Festival sebelu pelaksanaan upacara pemotongan rambut gimbal anak Dieng. Pesta lampion dan kembang api juga akan bersamaan pelaksanaannya dengan pertunjukan Wayang Kulit.  

Dieng Culture Festival 2017 dikabarkan akan dilaksanakan pada tanggal 05-07 Agustus 2017 dan diperkirakan lebih banyak wisatawan yang berkunjung untuk menikmati Gelar Budaya tahunan ini.

Berikut secara ringkas acara-acara yang akan diselenggarakan dalam Dieng Culture Festival, kurang lebih tidak berbeda dari tahun 2016.
1. Pemotongan Rambut Gimbal
2. Pesta Kembang Api
3. Festival Menerbagkan 5000 Lampion secara Serentak
4. Festival Musik Jazz Negeri di Atas Awan
5. Festival Film Dieng
6. Bakar Jagung
7. Minum Purwaceng
8. Acara Kesenian Adat Bumi Daerah Dieng
9. Pentas Seni Dan Arak- Arakan ( Karnafal )
10. Pagelaran Wayang Kulit ( Dan Masih Banyak Lagi)

Apabila Anda membutuhkan tim organizer untuk mengatur perjalanan Anda ke Dieng Culture Festival, silahkan hubungi Naraya Trip Planner.

No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.