Latest News

Komunitas Earth Our Jogja Ajak Masyarakat Hemat Energi

ASIA, YOGYAKARTA - Perayaan Earth Hour merupakan sebuah gerakan global yang mengajak individu, komunitas, praktisi bisnis, dan pemerintahan untuk mematikan lampu, menghemat energi dan alat elektronik selama satu jam. Komunitas Eart Hour Jogja mengajak individu, komunitas, praktisi bisnis, dan pemerintahan untuk mematikan lampu malam ini selama satu jam dimulai pukul 20.30 WIB sampai pukul 21.30 WIB.

Agenda tersebut bertajuk Switch Off, yaitu mematikan lampu selama 1 jam. Switch Off menjadi kegiatan puncak dari acara tersebut sebagai upaya untuk mengajak masyrakat menghemat penggunaan energi.

Saya bertemu dengan Aqis di Loops Stasion Jogja, Jumat (24 Maret 2017) untuk memastikan apa arti kegiatan Switch Off ini bagi komunitas dan apa tujuannya. Aqis sebagai humas Earth Hour Jogja menjelaskan, "Acara Switch Off menjadi acara simbolis selama satu jam untuk mengajak para komunitas dan masyarakat pada umumnya untuk menghemat energi."

Ia juga menjelaskan logo Earthour berangka 60+ itu memiliki arti komitmen komunitas untuk selalu mengajak masyarakat melaksanakan gaya hidup hemat energi.

"Ini diartikan sebagai perubahan gaya hidup semakin lebih baik, mulai dari penggunaan transportasi publik, bersepeda, hemat air, dan tidak buang sampah secara sembarangan," katanyanya.

Pelaksanan acara Earth Hour Jogja digelar di Pagelaran Keraton, Sabtu (25 Maret 2017) mulai pukul 16.30 Wib dengan tema "Memayu Hayuning Bawanakarta." Untuk meramaikan acara, Earth Hour Jogja mengadakan akustikan, pertunjukan tari, teater, dan musikalisasi puisi. Sementara itu, akan ada 35 titik di Yogyakarta yang akan ikut berpartisipasi mematikan listrik selama satu jam malam ini.

Ke 35 titik tersebut antara lain kantor pemerintahan di Kota Yogya dan Sleman, universitas, dan ikon-ikon Yogyakarta termasuk Candi Prambanan.

Tak hanya Yogya yang meramaikan acara Earth Hour Jogja yang sebetulnya diinisiasi oleh World Wildlife Fund. Bandung juga turut mendukung gerakan Earh Hour, salah satunya disponsori oleh Eiger Adventure. Eiger bersama komunitas Earthour Bandung serta Eiger Night Run mengadakan aksi lari malam dalam acara Earth Our Night Run di Kota Bandung.

No comments:

Post a Comment

Berbagi cerita berbagi petualangan berbagi rasa gembira berbagi ilmu pengetahuan, silahkan poskan komentar.

Naraya Trip Planner Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.